3 Alasan Kenapa Kuliah di Australia

Australia termasuk ke dalam salah satu tujuan pendidikan modern di dunia. Kualitas pendidikan di Australia sudah mendunia. Kuliah di Australia menjadi salah satu pilihan favorit bagi warga Negara Indonesia. Saat ini terdapat ribuan mahasiswa Indonesia yang sedang mengenyam pendidikan di Australia.
source: flickr
Salah satu yang menjadi alasan adalah karena jaraknya yang lebih dekat dibandingkan jika harus ke eropa atau Amerika. Seperti di Negara maju lainnya. Sistem pendidikan di Australia lebih mengutamakan pemahaman tiap siswanya. Siswa dituntut untuk benar- benar memahami ilmu dan aplikasi dari tiap mata kuliah yang diambilnya. Jurusan yang tersedia pun kadangkadang sangatlah spesifik dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Jadi sebelum menentukan jurusan, tentukan dulu minat dan bakat Anda ada di bidang apa.

Australia menawarkan banyak kelebihan dibandingkan negara lainnya, baik secara geografis maupun dari segi kualitas pendidikan, biaya pendidikan dan akomodasi serta kehidupan multikulturalnya.

1. Secara Geografis
Australia relatif lebih dekat dengan Indonesia sehingga mudah terjangkau dan tidak memerlukan waktu travel yang lama. Letak geografis Australia juga menjadikannya tempat yang memiliki iklim yang lebih bersahabat dan memudahkan para pelajar Indonesia untuk beradaptasi.

2. Sistem dan kualitas pendidikan
Sistem dan Kualitas pendidikan di Australia sangat baik dan telah diakui oleh dunia. Australia menawarkan berbagai macam program pendidikan dan jurusan, baik akademik, teknik maupun voca- tional yang memiliki reputasi internasional. Sistem pendidikannya memiliki struktur yang dinamis, progresif dimana lebih mengutamakan partisipasi dan interaksi aktif siswanya dalam proses belajar.
Hal ini menjadikan pelajar lulusan sekolah Australia berkembang menjadi individu yang lebih in- dependent, kreatif dan kritis. Kualifikasi seperti inilah yang membuat para pelajar lulusan sekolah Australia lebih unggul dalam dunia kerja.

3. Kehidupan yang Multikultural
Penduduk Australia memiliki reputasi sebagai salah satu yang paling ramah di dunia, dan kotakota Australia aman dan bersih, dengan tingkat kejaha- tan yang rendah. Sifat multi-budaya Australia berakar dari kombinasi budaya Aslinya, pemukiman awal kaum Eropa dan imigrasi massal.
Hampir 40 persen penduduk Australia berasal dari latar belakang budaya campuran. Australia sangat bangga akan keanekaragaman penduduknya, dan menikmati variasi budaya dan makanan yang dibawanya. Australia juga merupakan sebuah negara sekuler, yang berarti tidak mempunyai agama resmi. Masing-masing ibukota mempunyai tempat beribadah bagi berbagai agama dari seluruh dunia.

BIAYA KULIAH
Biaya pendidikan di Australia berkisar antara AUD 9,000- AUD 30,000 per tahunnya, relatif lebih rendah dibandingkan negara berbahasa Inggris lainnya seperti: Inggris atau AS. Biayanya bisa bervariasi tergantung program dan jurusan pendidikan.

AUSTRALIA AWARDS SCHOLARSHIP
Beasiswa paling terkenal dari Australia adalah ADS yang saat ini sudah berganti nama menjadi Australia Award Scholarship (AAS). Beasiswa ini diberi- kan oleh pemerintah Australia kepada masyarakat dari beberapa Negara termasuk Indonesia. AAS adalah program beasiswa untuk kuliah S2 dan S3 di Australia. Pelamar harus mengikuti beberapa test yang diberikan oleh pemerintah Australia mulai dari seleksi berkas (administrasi), tes tertulis sampai interview. Australia memiliki list universitas yang bekerjasa sama dengan program AAS ini. Artinya Anda hanya diperbolehkan memilih universitas yang terdaftar dalam program kerjasama ini.

BEASISWA UNGGULAN DIKTI
Beasiswa unggulan dari DIKTI, kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia juga menjadi salah satu favorit. Selain itu terdapat juga beberapa lembaga internasional yang memberikan beasiswa untuk kuliah di Australia seperti Ford Foundation dan Asian Development Bank

Sumber: Study 20 Country

Belum ada Komentar untuk "3 Alasan Kenapa Kuliah di Australia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel