Tips dan Trik Menggambar Tes Wartegg (Terlengkap)

Nama Tes Wartegg diambil dari nama pencipta dan pengembangnya, Ehrigg Wartegg, seorang psikolog Jerman. Tes Wartegg mulai diciptakan dari 1926, namun baru dipublikasikan pertama kali pada 1939. Nama tes ini dahulu dikenal dengan Wartegg Drawing Completion Test, namun sekarang lebih familiar dengan Tes Wartegg atau Wartegg Test. Tes ini terdiri atas 8 kotak kecil yang berisi bentuk-bentuk gambar yang harus Anda kembangkan atau lanjutkan. Hasil tes ini digunakan untuk menganalisis dan mengukur emosi, imajinasi, serta aspek intelektual.

A. ISI DAN INSTRUKSI
Pada Tes Wartegg terdapat 8 kotak kecil, terbagi menjadi 2 baris yang tiap kotak memiliki bentuk gambar berbeda-beda yang harus Anda kembangkan menjadi gambar utuh.
a. Gambar 1, berupa titik di tengah kota
b. Gambar 2, berupa garis gelombang kiri atas otak
c. Gambar 3, berupa 3 garis sejajar dengan tinggi berbeda-beda pada kiri bawah kotak.
d. Gambar 4, berupa kotak blok kecil di sebelah kanan atas.
e. Gambar 5, berupa 2 garis diagonal yang berbeda arah dan ukuran di sisi kiri bawah.
f. Gambar 6, berupa garis horizonal dan vertikal dengan ukuran berbeda di tengah-tengah kotak.
g. Gambar 7, berupa titik-titik yang melengkung seperti huruf "C" di kanan bawah.
h. Gambar 8, berupa garis lengkung di tengah atas kota.
Dari 8 Kotak gambar yang belum selsai tersebut, Anda diminta untuk melanjutkan atau mengembangkan gambar-gambar tersebut. 
a. Selsaikan kedelapan gambar tersebut
b. Pengerjaan gambar boleh tidak urut dan diberikan nomor urutan pengerjaan di luar kotak. Bisa d atas di bawah kota. Penomoran urutan dimulai gari gambar yang Anda selsaikan terlebih dahulu.
c. Berikan judul untuk masing-masing gambar yang Anda buat.
d. Berikan keterangan, dari kedelapan gambar tersebut, manakah gambar yang paling Anda suka dan tidak suka?
e. Berikan keterangan, dari kedepalan gambar tersebut, manakah gambar yang menurut Anda paling mudah dan paling sulit dikerjakan.
f. Tuliskan nama, usia, serta jenis kelamin Anda.

B.TIP MENGGAMBAR TES WARTEGG
a. Dalam mengurutkan gambar, Anda memang dibebaskan untuk memilih mana yang akan dikerjakan dahulu. Namun hindari menggambar sesuai dengan urutan (1-2-3-4-5-6-7-8). Buatlah urutan lain. 
b. Tes Wartegg tidak menilai kemampuan menggambar Anda. Tapi Anda harus bisa menyampaikan maksud gambar Anda dengan baik, berlatihlah sebelum tes dilaksanakan.
c. Usahakan objek yang Anda gambar tidak hanya membentuk sebuah objek atau benda mati. Misalnya bangunan, kendaraan, rumah. Gambar juga bentuk mahlik hidup, seperti bunga, hewan, atau manusia. Hindari menggambar bentuk yang cendrung bermakna negatif, misalnya pisau, pedang, pistol, atau sesuatu yang terbakar.
d. Buat gambar dengan garis yang mantap atau sedikit hapusan dan pengulangan garis. Selain menghemat waktu saat tes, bentuk garis dan goresan juga memiliki makna. 

C. TRIK MENGGAMBAR TES WARTEGG
a. Titik 
Mengindikasikan sebagai sesuatu yang kecil tapi tajam di tengah, sesuatu yang menarik perhatian. Hasil gambar akan menginterpretasikan sikap dalam situasi ketidakpastian, perubahan, serta menemukan solusi atas suatu masalah. Jika gambar Anda menunjukan bahwa di sekitar titik terdapat objek seperti lengkungan, persegi, atau segitiga, mencerminkan adanya gangguan, kecemasan, atau hambatan yang sedang Anda rasakan. Jika titik tersebut Anda timpa dengan garis lurus, menunjukan Anda memiliki keyakinan dalam setiap pengambilan keputusan. Jika banyak garis yang melalui titik tersebut, Anda cendrung memiliki banyak solusi atau mencari beberapa opsi dalam memecahkan masalah. Jika gambar Anda cendrung beberapa sesuatu yang spiral, sentripetal yang berfokus pada titik, menunjukan Anda membutuhkan perhatian, cendrung tidak dewasa. 

b. Garis Gelombang
Gambar ini akan menguji bagaimana perasaan Anda dalam proses pertumbuhan dan perkembangan diri. Jika gambar dilanjutkan dengan membentuk bendera, menunjukan Anda memiliki prestasi, ada hasil yang dibanggakan, dan berjiwa pemimpin. Jika gambar berupa wajah manusia, cendrung menggambarkan frustasi, cemas yang berlebihan mengenai bagaimana Anda membawa diri di masyarakat. 
c. Tipe Garis Sejajar
Menunjukan pengembangan rapi yang ditetapkan dan diarahkan. Juga menunjukan sesuatu yang kaku dan statis. Mengatasi kondisi ini, seseorang mewujudkan inisiatif, kreativitas, dan kemampuan untuk mengatasi rutinitas atau kegiatan yang berulang-ulang. Gambar ini juga menguji ambisi dan harapan Anda akan kemajuan. Jika menggambar dengan tambahan haluan dan garis lengkung, menunjukan ada kreativitas dan menunjukan originalitas Anda. Melanjutkan garis dengan terus naik, menandakan Anda memiliki keinginan untuk mencapai kesuksesan yang maksimal. Jika menggambar tangga, Anda ingin cendrung ingin lepas atau keluar dari rutinitas, namun usaha atau konstribusi Anda tidak sebanding dengan keinginan Anda.
d. Kotak Blok
Gambar ini menguji kekakuan, berat, atau kesesakan. Ini merupakan kendala dan mendesak tindakan untuk mengubahnya. Menguji bagaimana Anda mengatasi hambatan yang ada, jalan Anda dalam meraih kesuksesan. Anda cendrung teoritis dalam mengatasi masalah jika gambar yang Anda buat adalah papan catur. Jika gambar Anda berbentuk jendela, menandakan Anda orang yang cendrung konstuktif. Jika ada bentuk oval atau lingkaran di sekitar kota, Anda cendrung emosional dalam bertindak sehingga sulit untuk berkonsentasi atau mengatur diri. Gambar kota Anda jadikan sebuah bagian ataus gambar lain yang lebih besar, menandakan Anda akan melakukan ekspansi dalam pekerjaan jika memungkinkan. 

e. Dua Garis Diagonal
Menguji kemauan, sukarela perilaku, dan pengembilan keputusan, memaksa Anda bersifat kuat dan tegas. Jika dua garis tersebut tidak bertemu atau bersilangan sama sekali, menunjukan adanya kebingungan tiap mengambil keputusan. Arah gambar Anda juga penting, jika mengarah ke bawah, Anda cendrung lari dari tanggung jawab. Mengarah ke atas dengan memotong garis lainnya, menandakan Anda memiliki kapasitas yang baik dalam pengambilan keputusan.

f. Garis Horizontal dan Vertikal
Gambar ini mewakili sikap Anda dalam bertindak ketika adanya perbedaan, keberpihakan Anda terhadap sesuatu yang rasional. Jika Anda menghubungkan kedua garis dengan garis lengkung. Anda cendrung memiliki imajinasi atau intuisi yang baik dan bisa diterima umum. Jika menghubungkan kedua garis dengan garis-garis sederhana, mencerminkan Anda mengupayakan sesuatu yang praktis. Jika Anda tidak menghubungkan kedua garis. ada kecendrungan Anda memiliki permasalahan dalam merencanakan sesuati, membuat konsepsi untuk umum. 
g. Titik-titik Setengah Lingkaran
Gambar ini menguji kematangan diri secara emosional. Jika Anda menggambar jejak kaki, Anda cendrung memikirkan kondisi saat ini. Gambar berbentuk perhiasan menandakan Anda memikirkan sejarah atau tradisi keluarga. Jika Anda terus mengikuti alur gambar yang cekung dan lengkung, kondisi emosional Anda cendrung belum matang. Ada bentuk persegi atau kotak, menunjukan Anda kurang berhubungan dengan orang lain.
h. Garis Lengkung
Menguji tingkat keterbukaan sosial dalam hubungan interpersonal. Bagaimana Anda memproyeksikan diri sendiri kepada masyarakat. Gambar payung menunjukan Anda memiliki sifat hati-hati dalam berinteraksi. Jika Anda menutup garis lengkung dengan garis lurus, mencerminkan adanya ketidakpercayaan, dan perhitungan. Jika fokus gambar tertuju pada garis lengkung, menandakan kemandirian dan kemampuan.

1 Komentar untuk "Tips dan Trik Menggambar Tes Wartegg (Terlengkap)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel