Soal dan Pembahasan SIMAK UI Bahasa Indonesia Kode 214

21. Kalimat yang tidak efektif adalah ....
(A) Peraturan ibaratnya bisa berubah setiap hari tetapi tanpa semangat menghormati dan melindungi minoritas, masalah akan tetap muncul.
(B) Air yang dimaksud adalah perairan pedalaman ataupun laut wilayah Indonesia.
(C) Dalam konteks kasus hukum HAM yang menolak diperiksa sebagai tersangka sampai ada putusan MK terhadap keabsahan Jaksa Agung, sebenarnya suatu hal yang tidak relevan.
(D) Seorang sahabat asal Singapura yang bosan melihat keteraturan di negerinya bahagia sekali ketika pertama kali ke Bali.
(E) Oleh karena itu, pemberdayaan masyarakat pesisir tidak semata memerlukan penguatan ekonomi, tetapi juga memerlukan penguatan posisi politiknya.

22. Kalimat yang ditulis dengan ejaan yang baku adalah ....
(A) Selain itu mereka juga menerima tantangan berusaha yang penuh resiko.
(B) Bahan tertulis yang diberikan umumnya berupa foto kopi bahan presentasi.
(C) Pada 2010/2011 prosentase anggaran pendidikan terhadap PDB di Indonesia
tergolong paling kecil.
(D) Diharapkan kegiatan ini dapat menimbulkan dampak positif terhadap perkembangan dusun dalam jenjang hierarki pemerintahan desa.
(E) Dengan menerbitkan buku ini kami ingin menyumbangkan sesuatu yang konkrit
tentang aspirasi perempuan Indonesia sebagai manusia dan anggota masyarakat yang sedang membangun.

23. Subjek kalimat tidak ditemukan dalam kalimat ....
(A) Empat tingkat di atas kaki candi bernama Rupadhatu.
(B) Pascaoperasi pertama kondisinya lebih baik bila dibandingkan saat pertama kali datang.
(C) Melihat burung yang terbang sulit membayangkan mereka berasal dari keluarga
besar Dinosaurus theropod.
(D) Tidak kelihatan bahwa dia terkejut akan pernyataanku.
(E) Tak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri.

24. (1) Padangpanjang terletak sekitar 72 km di sebelah tenggara Kota Padang ke arah Bukittinggi. (2) Kota ini diapit Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. (3) Kota yang luasnya hanya 23 km2 ini merupakan kota yang nyaman dikunjungi. (4) Tampaknya, setiap anggota masyarakat di kota ini saling kenal. (5) Pasar, tempat hiburan, dan terminal dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau naik bendi. (6) Pemandangan alamnya indah. (7) Sejauh mata memandang, tampak pepohonan yang hijau. (8) Hujan yang mengguyur kota sepanjang waktu membuat udara selalu sejuk.
Kalimat yang mengganggu keutuhan paragraf tersebut adalah ....
(A) kalimat (2)
(B) kalimat (4)
(C) kalimat (5)
(D) kalimat (6)
(E) kalimat (8)

25. (1) Tembakau berkualitas baik versi petani boleh jadi dikategorikan sedang dan rendah oleh pengusaha. (2) ...., petani umumnya bertekuk lutut oleh vonis harga jual yang ditentukan pengusaha.
Kata penghubung yang tepat untuk menggabungkan kalimat (1) dan (2) adalah ....
(A) sebab itu
(B) sehingga
(C) oleh karena itu
(D) sebab
(E) jadi

26. Sampai saat ini kita belum pernah dapat membuat lubang cukup dalam untuk mengungkap isi bumi. Informasi tentang struktur dalam bumi disimpulkan dari informasi seismik. Layaknya gelombang lain, kecepatan rambat gelombang gempa bumi akan berbeda ketika melalui bahan yang berbeda. Dari catatan seismograf, kita dapat menyimpulkan isi perut bumi. Ahli Geologi, Katili, mengibaratkan gelombang gempa adalah sinar-X, sedangkan catatan seismografnya adalah foto
rontgennya. Secara kasar, bumi terbagi atas inti-dalam yang padat setebal 1.300 km dari pusat bumi. Di atasnya adalah inti-luar yang cair setebal 1.200 km di atas inti-dalam. Di luar dari bagian inti adalah bagian yang disebut mantel yang hampir
padat dengan ketebalan 2.500 km. Permukaan teratas bumi yang sangat tipis, sekitar 70 km, adalah bagian kerak bumi. Dari segi kandungan kimia, kandungan bagian inti bumi adalah paduan besi-nikel. Sementara itu, bagian mantel adalah
senyawa silikat. Jadi, secara kasar, bumi adalah cairan di antara dua bola padat.
Yang dinyatakan mengenai isi bumi dalam bacaan di atas adalah ....
(A) Manusia belum mengenal isi bumi secara lengkap.
(B) Isi bumi itu bergelombang seperti gelombang lautan.
(C) Para ahli geologi membagi isi bumi atas empat bagian.
(D) Para ahli geologi menganalogi gelombang gempa dengan catatan seismograf.
(E) Tak mungkin manusia mampu mengenal isi perut bumi.

27. Pasar kerja penelitian di negeri kita cukup banyak. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah penelitian terapan yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu keadaan atau hasil suatu keadaan dalam masyarakat. Penelitian eksploratoris atau jenis penelitian lain yang bersifat teoretis juga memiliki pasar kerja, tetapi biasanya
sangat terbatas. Ada juga dana yang disediakan oleh yayasan yang besar, seperti Toyota Foundation dan Ford Foundation. Bahkan, tersedia dana yang besar yang ditawarkan oleh pemerintah, seperti sejumlah proyek yang didukung oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Belum lagi perusahaan atau lembaga lain yang berkepentingan terhadap penelitian tertentu. Pada dasarnya, pasar kerja penelitian di Indonesia terbuka lebar.
Gagasan pokok paragraf di atas terdapat pada ....
(A) awal kalimat
(B) kalimat kedua
(C) awal dan akhir kalimat
(D) akhir kalimat
(E) semua kalimat

28. Masa SMA sering disebut sebagai puncak masa remaja dan saat-saat terindah dalam hidup. Itulah sebabnya, akhir masa SMA dianggap sebagai akhir masa remaja yang perlu dirayakan demi sebuah kenangan indah seumur hidup. Maka acara pesta perpisahan adalah sesuatu yang wajib digelar. Saat-saat persahabatan masa SMA dirayakan dengan berkumpul untuk terakhir kalinya. Beberapa tahun terakhir ini, ada tren baru pesta perpisahan di kota-kota besar. Pesta perpisahan model lama (yang digelar di aula sekolah dan berlangsung sederhana dan santai) kini mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya, digelar pesta perpisahan ala Amerika: prom nite atau pesta prom. Tidak ada lagi pesta ala kadarnya di aula atau halaman sekolah. Kini, pesta prom (berasal dari kata promenade yang berarti ’gerak dasar dalam tarian’) "harus" digelar di ballroom hotel mewah di tengah kota, dan ada aturan berpakaian atau dress code yang harus dipatuhi pesertanya.
Bagaimana siswa SMA ingin mengakhiri masa remajanya?
(A) Mereka menggelar acara prom untuk kepentingan amal.
(B) Sebagian dari mereka menggelar pesta perpisahan dalam bentuk pesta prom di tempat-tempat istimewa.
(C) Mereka merayakan pesta prom berbiaya mahal di aula sekolah mereka.
(D) Mereka menggelar pesta akhir remaja di hotel-hotel di tengah kota.
(E) Mereka menggelar pesta sesuai dengan kemampuan mereka.

29. (1) Saat kita melakukan aktivitas fisik, tubuh kita menghabiskan banyak vitamin dan mineral penting untuk mendukung kinerja tubuh. (2) Semakin kita aktif, semakin banyak pula vitamin dan mineral yang hilang dari tubuh. (3) Akibatnya, kita pun merasa lelah. (4) Jelaslah bahwa tubuh kita membutuhkan banyak vitamin dan mineral.
Penulis teks di atas .... akibat aktivitas fisik.
(A) menceritakan
(B) mendeskripsikan
(C) menguraikan
(D) mengemukakan opini
(E) meyakinkan kepada pembaca

30. Hindia Timur memasuki era komunikasi modern pada pertengahan abad ke-19, yaitu ketika jalur telegram pertama dipasang. Jalur telegram itu dipasang antara Weltevreden di Batavia dan Buitenzorg pada tahun 1856. Pada tahun 1875, perusahaan swasta Belanda mulai memasang kawat telepon antara Tanjung Priok dan Gambir. Jalur telepon tersebut resmi digunakan pada tahun 1884. Setelah itu, pada tahun 1897, sebuah perusahaan swasta mendapat hak untuk menyediakan layanan telepon jarak jauh. Era komunikasi modern di Hindia Timur dimulai.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi kutipan di atas adalah ....
(A) Penggunaan telepon di Batavia dimulai pada akhir abad ke-19.
(B) Era komunikasi modern di Hindia Timur dimulai dengan pemasangan jalur telegram.
(C) Kawasan Gambir dan Tanjung Priok adalah kawasan pertama di Batavia yang memiliki jalur telepon.
(D) Era komunikasi modern di Hindia Timur dimulai pada pertengahan abad ke-19.
(E) Jalur telepon yang dipasang di Batavia dipasang oleh perusahaan lokal.

31. Dari berbagai pertemuan kelompok ahli yang diselenggarakan secara tematis, diperoleh beberapa pandangan strategis dari publik yang dapat memperkaya pelaksanaan politik luar negeri dan kerja sama internasional di berbagai bidang dan forum.
Kata strategis dalam kalimat di atas bermakna ....
(A) ’diplomatis’
(B) ’taktis’
(C) ’baik letaknya’
(D) ’penting’
(E) ’cara’

32. Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia memerlukan beberapa komponen, antara lain, misalnya, guru yang berkualitas, sarana dan prasarana yang lengkap, metode pembelajaran yang bervariasi, dan lain-lain. Kalimat di atas bukan kalimat efektif.
Perbaikannya adalah ....
(A) Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia memerlukan beberapa komponen, antara lain guru yang berkualitas, sarana dan prasarana yang lengkap, dan metode pembelajaran yang bervariasi.
(B) Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia memerlukan beberapa komponen, antara lain guru yang berkualitas, sarana dan prasarana yang lengkap, metode pembelajaran yang bervariasi, dan lain-lain.
(C) Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia memerlukan beberapa komponen, seperti, misalnya, guru yang berkualitas, sarana dan prasarana yang lengkap, metode pembelajaran yang bervariasi, dan lain-lain.
(D) Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia memerlukan beberapa komponen, yaitu antara lain: guru yang berkualitas, sarana dan prasarana yang lengkap, metode pembelajaran yang bervariasi, dan lain-lain.
(E) Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia memerlukan beberapa komponen: guru yang berkualitas, sarana dan prasarana yang lengkap, metode pembelajaran yang bervariasi, dan lain-lain.

33. Kalimat berikut tidak memiliki gagasan yang jelas, kecuali ....
(A) Dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2002, mengatur tentang berbagai kondisi anak-anak yang berkaitan dengan kondisi atau keberadaan orang tua.
(B) Meski bentuk negara federal masih boleh dianggap sebatas wacana, ternyata telah pula memberikan inspirasi, bahkan memicu semangat beberapa daerah, terutama yang merasa memiliki sumber kekayaan alam untuk menyetujuinya.
(C) Sejak krisis ekonomi juga ditandai dengan munculnya berbagai konflik di beberapa daerah di Indonesia.
(D) Kini telah dikembangkan teori ilmu pengetahuan sosial tentang media.
(E) Yang tidak dapat dimungkiri pula bahwa  diadopsinya gagasan untuk pembentukan MK atas pengaruh perkembangan hukum tata negara di Eropa.

34. Pola hidup konsumtif yang dikampanyekan secara gencar oleh sektor bisnis membuat keluarga Indonesia menjauhi aktivitas fisik yang sehat. Gagasan utama kalimat tersebut adalah ....
(A) Kampanye pola hidup konsumtif.
(B) Sektor bisnis mengkampanyekan pola hidup konsumtif.
(C) Pola hidup konsumtif membuat keluarga Indonesia menjauhi aktivitas fisik yang sehat.
(D) Pola hidup konsumtif dikampanyekan secara gencar.
(E) Keluarga Indonesia menjauhi aktivitas fisik yang sehat.

35. Terorisme yang tidak tertangani akan membuat negara mengalami kehilangan kepercayaan dan pengakuan masyarakat. Istilah yang tepat menggantikan kehilangan kepercayaan dan pengakuan masyarakat adalah ....
(A) distorsi
(B) delegitimasi
(C) disorientasi
(D) deteriorasi
(E) determinasi

PEMBAHASAN
21. Jawaban: (C)
PEMBAHASAN:
Kalimat yang tidak efektif ada pada pilihan C yaitu Dalam konteks kasus hukum AM yang menolak diperiksa sebagai tersangka sampai ada putusan MK terhadap keabsahan Jaksa Agung, sebenarnya suatu hal yang tidak relevan. Kalimat tersebut semuanya berupa keterangan tanpa ada Subyek dan Predikat.

22. Jawaban: (D)
PEMBAHASAN:
Kalimat yang tepat adalah pilihan D.
Pilihan A kata resiko harusnya risiko.
Pilihan B kata foto kopi seharusnya fotokopi.
Pilihan C kata prosentase seharusnya presentase.
Pilihan E kata konkrit seharusnya konkret.

23. Jawaban: (C)
PEMBAHASAN:
Subjek kalimat tidak ditemukan dalam kalimat pilihan C, seharusnya ditambahkan kata ‘kita’. Sehingga kalimatnya menjadi Melihat burung yang terbang, kita sulit membayangkan mereka berasal dari keluarga besar Dinosaurus theropod.

24. Jawaban: (B)
PEMBAHASAN:
Paragraf di atas menceritakan tentang letak kota Padangpanjang. Kalimat yang kurang relevan sehingga mengganggu keutuhan paragraf terletak pada kalimat ke (4) yaitu Tampaknya, setiap anggota masyarakat di kota ini saling kenal.

25. Jawaban: (C)
PEMBAHASAN:
Kata penghubung yang tepat untuk menggabungkan kalimat (1) dan (2) adalah oleh karena itu.

26. Jawaban: (C)
PEMBAHASAN:
Pada bacaan di atas disebutkan bahwa bumi terbagi menjadi empat bagian, yaitu inti dalam, inti luar, mantel, dan kerak bumi. Sehingga yang dinyatakan mengenai isi bumi dalam wacana di atas adalah Para ahli geologi membagi isi bumi atas empat bagian.

27. Jawaban: (C)
PEMBAHASAN:
Gagasan pokok paragraf di atas adalah pasar kerja indonesia yang terletak di awal dan di akhir paragraf.

28. Jawaban: (B)
PEMBAHASAN:
Pada teks bacaan terdapat kalimat Sebagai gantinya, digelar pesta perpisahan ala Amerika: prom nite atau pesta prom.Tidak ada lagi pesta ala kadarnya di aula atau halaman sekolah.Dari kalimat tersebut kita bisa mengetahui bahwa siswa SMA mengakhiri masa remajanya salah satu caranya dengan menggelar pesta perpisahan seperti prom nite yang di gelar di hotel mewah (tempat istimewa). Jadi jawaban yang tepat adalah pilihan B.

29. Jawaban: (C)
PEMBAHASAN:
Pada teks di atas penulis mencoba untuk meyakinkan kepada pembaca akibat aktivitas fisik. Hal ini bisa dilihat dari kalimat ke (3) Akibatnya, kita pun merasa lelah.

30. Jawaban: (E)
PEMBAHASAN:
Pernyataan yang tidak ada dan tidak sesuai dengan kutipan di atas adalah pilihan E yaitu Jalur telepon yang dipasang di Batavia dipasang oleh perusahaan lokal.

31. Jawaban: (D)
PEMBAHASAN:
Kata strategis dalam kalimat di atas berarti penting.

32. Jawaban: (E)
PEMBAHASAN
Agar kalimat di atas menjadi kalimat efektif maka kata misalnya dan antara lain harus dihilangkan. Sehingga kalimatnya menjadi Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia memerlukan beberapa komponen: guru yang berkualitas, sarana dan prasarana yang lengkap, metode pembelajaran yang bervariasi, dan lain-lain.

33. Jawaban: (D)
PEMBAHASAN:
Kalimat yang memiliki gagasan yang jelas adalah kalimat yang minimal memiliki unsur Subyek dan Predikat. Dalam hal ini kalimat D merupakan kalimat yang memiliki gagasan yang jelas. Kini telah dikembangkan teori ilmu pengetahuan sosial tentang media
K P S

34. Jawaban: (C)
PEMBAHASAN:
Gagasan utama dalam sebuah kalimat diwakili oleh Subyek dan Predikat. Gagasan utama kalimat di atas adalah Pola hidup konsumtif membuat keluarga Indonesia menjauhi aktivitas fisik yang sehat. S P O K

35. Jawaban: (B)
PEMBAHASAN:
Istilah yang tepat untuk menggantikan kata kehilangan kepercayaan dan pengakuan masyarakat adalah delegitimasi.

Belum ada Komentar untuk "Soal dan Pembahasan SIMAK UI Bahasa Indonesia Kode 214 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel