Soal dan Pembahasan Simpulan Paragraf

1. Pandangan kedokteran holistik menyatakan bahwa kesehatan badan berkaitan langsung dengan kesehatan jiwa. Problem di pikiran dapat menyebabkan masalah kesehatan badan. Sebaliknya, penyakit di badan pun dapat menyebabkan masalah di pikiran. Pandangan    ini ternyata juga berlaku di bidang kesehatan mulut dan gigi. Jika dokter ahli jiwa punya ungkapan “mind-body connection”, dokter gigi juga punya ungkapan, “mouth-body connection”. Problem di badan dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut. Demikian sebaliknya, masalah gigi dan mulut pun dapat menyebabkan problem di organ lain.
Simpulan yang dapat dirumuskan dari teks di atas adalah …. (SIMAK UI 2012)
A. Keadaan tertentu pada tubuh dapat mempengaruhi keadaan bagian lain pada tubuh kita.
B. Penyakit dalam tubuh membuat orang menjadi stress.
C. Pandangan kedokteran gigi sejajar dengan pandangan kedokteran jiwa.
D. Ungkapan “mind-body connection” bermakna sama dengan “mouth-body connection”.
E. Penyakit di dalam tubuh berkaitan dengan keadaan pikiran.
Pembahasan:
simpulan dapat diartikan kalimat singkat yang mencerminkan seluruh isi bacaan. Pada pertama (kalimat utama) terdapat gagasan utama, yaitu pandangan dokter tentang kesehatan badan berkaitan dengan kesehatan jiwa. Selanjutnya gagasan penjelas tentang pandangan kedokteran gigi yang sejajar dengan kedokteran jiwa.
Jawaban: (C)

2. Penggunaan elpiji (liquefied petroleum gas) di Indonesia sebagai bahan bakar untuk keperluan rumah tangga dan industry masih berkategori rendah. Simpulan yang ditemukan ini, ditarik berdasarkan data perbandingan jumlah pengguna elpiji di Indonesia dengan penggunaan elpiji di negara tetangga. Di Malaysia jumlah penduduk yang menggunakan elpiji sudah 5 persen dari jumlah total penduduknya. Di Thailand yang kondisi ekonominya relatif sama dengan Indonesia, konsumsi elpiji saat ini sudah mencapai 2 persen dari jumlah penduduknya. Adapun di Indonesia, penggunaan elpiji baru mencapai sekitar 0,5 persen dari jumlah penduduk atau sekitar satu juta ton per tahun.
Simpulan yang paling tepat untuk isi bacaan di atas adalah …. (UMB 2011)
A. Masyarakat di Indonesia perlu didorong untuk lebih banyak menggunakan elpiji.
B. Penggunakan elpiji belum membudaya di kalangan masyarakat Indonesia.
C. Umumnya masyarakat Indonesia masih awam tentang cara menggunakan elpiji.
D. Penggunakan elpiji memerlukan biaya yang lebih tinggi daripada penggunaan minyak tanah.
E. Orang Indonesia takut menggunakan elpiji karena sering menimbulkan kebakaran.
Pembahasan:
Pada kalimat utama (awal paragraf) “penggunaan elpiji di Indonesia masih berkategori rendah dan kalimat akhir ditegaskan “Adapun di Indonesia, penggunaan elpiji baru mencapai sekitar 0,5 persen dari jumlah penduduk”, sedangkan Malaysia 5 persen dan Thailand 2 persen. Jadi, simpulan yang paling tepat adalah “Masyarakat di Indonesia perlu didorong untuk lebih banyak menggunakan elpiji.”
Jawaban: (A)



Belum ada Komentar untuk "Soal dan Pembahasan Simpulan Paragraf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel