Soal dan Pembahasan Ringkasan Bahasa Indonesia

1. Kehadiran puluhan museum di Yogyakarta menjadi magnet pariwisata. Museum-museum itu mengukuhkan gelar Yogyakarta sebagai Kota Bersejarah di Indonesia. Yogyakarta merupakan salah satu dari 88 kota bersejarah dunia, seperti Kyoto, Paris, dan London. Setidaknya ada 37 museum di Yogyakarta atau 15 % dari jumlah museum di Indonesia (272 buah). Sementara itu, luas Yogyakarta hanya sekitar 0,5 persen dari luas Nusantara.
Rangkuman teks di atas yang tepat adalah …. (SNMPTN 2010)
A. Museum-museum di Yogyakarta menyimpan unsur-unsur sejarah karena itu menarik perhatian wisatawan.
B. Museum-museum di Yogyakarta menyimpan sejarah peradaban suatu bangsa Indonesia sehingga dapat dilihat dan dipelajari.
C. Yogyakarta merupakan kota bersejarah yang memiliki jumlah museum terbanyak di Indonesia.
D. Yogyakarta merupakan salah satu di antara 88 kota besar di dunia yang bergelar Kota Sejarah.
E. Lima belas persen dari jumlah museum di Indonesia yang berjumlah 272 buah terdapat di Yogyakarta.
Pembahasan:
Dari satu paragraf jika dirangkum menjadi sebuah kalimat, rangkuman yang tepat adalah “Yogyakarta merupakan salah satu di antara 88 kota besar di dunia yang bergelar Kota Sejarah.“ Gagasan yang harus dimuat dan dirangkai, yaitu Yogyakarta merupakan Kota bersejarah dan salah satu 88 kota bersejarah dunia.
Jawaban: (D)

2. Penggunaan narkotik dapat berakibat negative bagi para pemakainya. Apabila digunakan secara berlebihan, narkotik dapat membahayakan kesehatan tubuh dan jiwa pemakainya. Tubuh orang yang menggunakan narkotik biasanya lemah dan kurus karena sering sakit- sakitan.Jiwa orang itu juga terganggu karena penggunaan narkotik yang berlebihan dapat memengaruhifungsi otak dan kejiwaan seseorang. Penggunaan narkotik yang berlebihan juga dapat menimbulkan kecanduan. Orang sudah terbiasa menggunakannya akan merasa membutuhkan narkotik sebagai obat untuk menenangkan jiwanya. Akibat negatif yang terakhir, narkotik dapat membuat orang menjadi malas. Karena keadaan orang yang kecanduan tersebut biasanya selalu membutuhkan obat penenang, sering dia malas untuk melakukan kegiatan di dalam hidupnya.
Ikhtisar kutipan di atas adalah …. (SIMAK UI 2009)
A. Jiwa seseorang dapat terganggu jika menggunakan narkotik secara berlebihan.
B. Seseorang yang pernah menggunakan narkotik membutuhkan narkotik secara berlebihan.
C. Pemakaian narkotik berakibat negatif karena dapat membahayakan kesehatan tubuh dan jiwa pemakainya.
D. Pemakaian narkotik dapat berakibat negatif karena dapat mempengaruhi fungsi otak.
E. Orang yang kecanduan narkotik akan selalu membutuhkan narkotik sebagai penenang.
Pembahasan:
ikhtisar merupakan ringkasan yang mencerminkan isi karangan. Pada kalimat pertama dan kedua dapatlah dibuat ikhtisar karena kalimat yang lainnya merupakan penjelas. Jadi, ikhtisar yang tepat berdasarkan paragraf di atas, yaitu “Pemakaian narkotik dapat berakibat negative karena dapat mempengaruhi fungsi otak.”
Jawaban: (C)

3. Bunuh diri pada remaja berkaitan erat dengan kekacauan dalam keluarga yang berkepanjangan, kekerasan dalam keluarga, penolakan anak oleh orang tua serta ketidakmampuan orang tua mengembangkan keterampilan anak dalam mengatasi berbagai masalah. Remaja yang terus-menerus mengalami penganiayaan dan pengabaian dapat berprilaku agresif, mencedarai diri, dan sering melakukan upaya bunuh diri.
Intisari kutipan di atas adalah …. (SIMAK UI 2009)
A. Bunuh diri merupakan bukti ketidakmampuan anak mengatasi berbagai masalah.
B. Anak dan remaja berprilaku agresif dan mencedarai diri semakin meningkat.
C. Bunuh diri pada anak dan remaja disebabkan oleh persoalan dalam keluarga.
D. Angka bunuh diri pada anak dan remaja semakin meningkat karena kekerasan dalam rumah tangga.
E. Bunuh diri pada anak dan remaja berkaitan erat dengan perilaku mereka dalam menghadapi masalah.
Pembahasan:
Intisari merupakan bagian-bagian penting dalam karangan. Intisari paragraf tersebut adalah “Bunuh diri pada anak dan remaja disebabkan oleh persoalan dalam keluarga.” Hal tersebut sudah mencerminkan isi paragraf. Bagian penting terdapat pada kalimat pertama. Kalimat kedua tidak ada bagian penting yang merupakan penjelasan kalimat pertama.
Jawaban: (C)


Belum ada Komentar untuk "Soal dan Pembahasan Ringkasan Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel