Soal dan Pembahasan Fakta dan Opini

1. Hutan Indonesia kurang dapat dikelola dengan baik dan tidak dikelola secara berkesinambungan. Di Finlandia, 62 persen hutan memiliki kelompok-kelompok keluarga, perusahaan kehutanan 9 persen, Negara 25 persen, dan yang lain 5 persen. Di Indonesia, seluruh kawasan hutan adalah milik Negara. Negara menguasai hutan begitu besar, tetapi tidak mampu mengurus, akhirnya keadaan hutan makin rusak. Dalam catatan Persatuan Sarjana Kehutanan (Persaki), kerusakan hutan sudah mencapai 3,5 juta hektare per tahun.
Urutan kalimat pada paragraf tersebut merupakan …. (SPMB 2005)
A. Pendapat, fakta, fakta, pendapat, fakta
B. Pendapat, fakta, pendapat, fakta, pendapat
C. Pendapat, fakta, fakta, pendapat, pendapat
D. Pendapat, pendapat, fakta, fakta, pendapat
E. Pendapat, pendapat, fakta, pendapat, fakta
Pembahasan:
Kalimat fakta dapat dibuktikan dengan kata tanya yang jawabannya fakta, yaitu apa, siapa, kapan, di mana, dan berapa? Kalimat pendapat dapat dibuktikan dengan kata tanya yang jawabannya berupa pendapat (opini), yaitu mengapa dan bagaimana? Kalimat satu dan empat merupakan pendapat (opini); Bagaimana hutan Indonesia? Kurang dapat dikelola dengan baik dan tidak dikelola secara berkesinambungan. Bagaimana sikap negara terhadap hutan? Negara menguasai hutan begitu besar, tetapi tidak sanggup mengurus. Kalimat yang lainnya menjawab pertanyaan fakta: di mana dan berapa. Di mana? Finlandia. Berapa persen? 62 %. Di mana? Di Indonesia. Berapa hektar? 3,5 juta hektar.
Jawaban: (A)

2. Indonesia memiliki pulau yang jumlahnya puluhan ribu. Sebagian besar pulau tersebut telah diberi nama dan berpenghuni. Pemberian nama pulau dilakukan agar mudah diidentifikasi. Pemerintah sekarang ini sedang menggalakkan program pemberian nama pulau terluar di Indonesia. Pemberian dan pemasangan nama pulau dilakukan oleh Departemen Kelautan yang melibatkan TNI Angkatan Laut.
Berdasarkan teks tersebut pernyataan dalam pilihan tersebut yang merupakan opini adalah … (SNMPTN 2009)
A. Indonesia banyak memiliki pulau yang belum diberi nama.
B. Pulau yang belum diberi nama perlu dilakukan pemberian nama.
C. TNI Angkatan Laut sedang melakukan pemasangan nama pulau.
D. Program pemberian nama pulau sedang dilakukan pemerintah.
E. Departemen Kelautan bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut.
Pembahasan:
Pernyataan yang termasuk opini (pendapat) adalah pulau yang belum diberi nama perlu dilakukan pemberian nama. Kata kuncinya yang menunjukkan pernyataan itu pendapat adalah pemakaian kata perlu.
Jawaban: (B)

3. Pantai Muaro Padang kini memang menjadi pasar regional penjualan telur penyu. Jika di daerah lain orang harus sembunyi-sembunyi berjualan telur penyu, di Pantai Muaro ini penjualan telur penyu tersebut sangat terbuka, sangat bebas. Bahkan Pantai Muaro Padang yang berjarak hanya 1 km dari kantor Wali Kota Padang menjadi maskot wisata setempat karena masuk dalm panduan wisata kuliner yang dikeluarkan Dinas Pariwisata Sumatera Barat. “Jika ingin makan telur penyu, datanglah ke Pantai Muaro Padang,” begitu tulis panduan tersebut.
Telur-telur penyu tersebut dipasok dari Pulau Penyu di pesisir selatan dan pulau-pulau kecil lainnya di sekitar Padang. Bila pasokan kurang karena banyaknya permintaan, telur penyu didatangkan dari provinsi tetangga, seperti Riau. Telur penyu dianggap memiliki khasiat untuk obat awet muda, obat kuat, dan kebugaran.
(Tempo, 17 – 23 November 2008)
Pernyataan-pernyataan di bawah ini merupakan fakta dari teks di atas kecuali ….
A. Pantai Muaro Padang menjadi pasar penjualan telur penyu di Sumatera Barat.
B. Penjualan telur penyu di Pantai Muaro Padang masuk di dalam panduan wisata kuliner.
C. Panduan wisata kuliner di Padang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata Sumatera Barat.
D. Telur penyu di pasok dari pulau-pulau kecil di sekitar Padang dan Pulau Penyu.
E. Telur penyu mempunyai khasiat obat awet muda, obat kuat, dan kebugaran.
Pembahasan:
Pernyataan yang bukan fakta berarti opini/pendapat. Dalam paragraph wacana tersebut yang berupa opini adalah telur penyu mempunyai khasiat obat awet muda, obat kuat, dan kebugaran.
Jawaban: (E)

Belum ada Komentar untuk "Soal dan Pembahasan Fakta dan Opini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel