Soal dan Pembahasan Bahasa Indonesia Jenis Karangan


1. Sampah yang setiap hari dibuang, sebenarnya bisa disederhanakan menjadi dua macam sampah, yaitu sampah organik yang mudah membusuk dan sampah anorganik yang sulit membusuk. Sampah organik, misalnya, berupa sisa-sisa makanan atau sampah dapur yang biasanya basah dan daun-daun dari kebun. Sampah yang sulit membusuk atau tidak bisa membusuk antara lain berupa plastik, kaca atau gelas, logam, karet atau kulit imitasi, kayu besar, dan kain.
Kalimat topik yang berisi ide pokok dalam paragraf tersebut dikembangkan dengan cara
…. (SPMB 2002)
A. Perbandingan
B. Sebab-akibat
C. Proses
D. Contoh-contoh
E. Klimaks
Pembahasan:
kalimat topik paragraf tersebut deduktif dikembangkan dengan cara contoh-contoh. Terdapat kata misalnya yang merupakan ciri pengembangan paragraf contoh.
Jawaban: (d)

2. Anak-anak keluarga miskin pada umumnya memasuki sekolah biasa dengan biaya murah. Sebaliknya, anak-anak keluarga kaya kebanyakan memasuki sekolah mahal dengan fasilitas lengkap dan modern. Apakah hal tersebut layak dipertahankan? Sekolah saat ini bagai sebuah lembaga yang terkotak-kotak. Jika demikian halnya, lembaga sekolah seolah-olah melegalkan ekslusivisme.
Pengembangan gagasan atau detil informasi pada paragraf di atas dilakukan secara ….
(SPMB 2002)
A. Komparatif
B. Deskriftif
C. Kontrastif
D. Naratif
E. Analitis
Pembahasan:
Dilakukan secara kontrastif (pertentangan). Paragraf kontrastif berisi pertentangan antara sesuatu dengan sesuatu yang lain. Frase penghubung yang digunakan adalah “akan tetapi”, “meskipun begitu”, “sebaliknya”. Paragraf tersebut mempertentangkan anak-anak keluarga kaya dengan keluarga miskin dalm pendidikan dan pemilihan sekolah.
Jawaban: (C)

3. Nasionalisme kini telah nyata. Nasionalisme bukan hanya merupakan komunitas politik yang dibayangkan karena komunitas kebangsaan itu kini sudah nyata. Contoh fenomena konkretisasi nasionalisme tersebut adalah rekonstruksi sejarah nasional Indonesia, gagasan integrasi perguruan tinggi agama dan perguruan tinggi umum dalam satu atap pendidikan nasional, menangnya partai-partai yang tidak berasas agama, tetapi berdasar ideologi negara-nasionalis, dan pemilihan presiden yang demokratis, damai, dan lancar.
Pengembangan paragraf tersebut menggunakan pola …. (SPMB 2005)
A. Ekspositoris
B. Narasi
C. Ilustrasi
D. Deskripsi Objektif
E. Deskripsi Subjektif
Pembahasan:
Paragraf contoh adalah paragraf yang pengembangannya menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Mengilustrasikan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang memiliki kesamaan atau kemiripan sifat. Biasanya menggunakan frase penghubung “seperti” dan “bagaikan”. Paragraf tersebut memberikan contoh, … Contoh fenomena konkretisasi nasionalisme tersebut . . . .
Jawaban: (C)

4. Air di Pegunungan Karst ibarat harta karun. Tidak semuanya muncul di permukaan dan mudah dijangkau. Dibutuhkan penelusuran gua untuk mengetahui dari mana dan ke arah mana air mengalir. Secara garis besar, air datang dari hujan yang jatuh ke permukaan Karst yang berpori dan bercelah. Ada yang membentuk bebatuan gamping melalui proses karstifikasi. Ada juga yang menetes dan jatuh membentuk bebatuan gamping melalui proses karstifikasi. Ada juga yang menetes dan jauh membentuk danau serta sungai kecil.
Wacana tersebut berupa …. (SIMAK UI 2012)
A. Penggambaran
B. Pemaparan
C. Penceritaan
D. Pembuktian
E. Ajakan
Pembahasan:
Wacana di atas memberikan sebuah gambaran (deskripsi) tentang air di Pegunungan Karst. Wacana penggambaran adalah wacana yang menggambarkan objek menurut pengalaman pancaindra dengan tujuan agar pembaca seolah-olah melihat dan bisa merasakan sendiri objek yang digambarkan penulis.
Jawaban: (A)


 


Belum ada Komentar untuk "Soal dan Pembahasan Bahasa Indonesia Jenis Karangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel