Senin, 04 Maret 2019

Soal dan Pembahasan Bahasa Indonesia Tentang Paragraf

1. Banyak ungkapan dalam dunia politik. Ungkapan itu dipergunakan untuk menamai atau memberi label. Salah satu ungkapan yang masih sangat dikenal umum adalah politik sebagai panglima. Ungkapan ini memiliki konotasi yang negatif. Bahkan, ungkapan tersebut memiliki potensi menakutkan masyarakat. Konon, dahulu ungkapan itu mengandung ancaman, khususnya bagi pihak yang tak sepaham dalam ideologi politik.
Ide pokok bacaan di atas adalah …. (SBMPTN 2014)
A. Politik sebagai panglima
B. Ungkapan dalam bidang politik
C. Ketakutan masyarakat terhadap ungkapan di bidang politik
D. Ketidaksepahaman dalam memilih ideologi politik
E. Tujuan ungkapan di bidang politik
Pembahasan:
Ide pokok terdapat dalamkalimat pokok. Karena itu, terlebih dahulucarilah kalimat pokoknya. Posisi kalimat pokok terdapat di awal paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), dan campuran (awal dan akhir paragraf). Cara JS (Jawaban Superkilat) lihat kalimat kedua jika di kalimat kedua ada alat kekohesifan (pengulangan kata, ini, itu, ia, mereka, dsb.) berarti kalimat pokoknya deduktif. Pada kalimat kedua terdapat kata “Ungkapan itu” berarti kalimat pokoknya deduktif, yakni “Banyak ungkapan dalam dunia politik.” Jadi, ide pokoknya adalah
(B) “Ungkapan dalam bidang politik.”
Jawaban: (B)

2. Pasar kerja penelitian di negeri kita cukup banyak. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah penelitian terapan yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu keadaan atau hasil suatu keadaan dalam masyarakat. Penelitian eksploratoris atau jenis penelitian lain yang bersifat teoretis juga memiliki pasar kerja, tetapi biasanya sangat terbatas. Ada juga dana yang disediakan oleh yayasan yang besar seperti, Toyota Foundation dan Ford Foundation. Bahkan tersedia dana yang besar ditawarkan oleh pemerintah, seperti sejumlah proyek yang didukung oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Belum lagi perusahaan atau lembaga lain yang berkepentingan terhadap penelitian tertentu. Pada dasarnya, pasar penelitian di Indonesia terbuka lebar.
Gagasan pokok paragraf tersebut terdapat pada …. (SIMAK UI 2011)
A. Kalimat pertama
B. Kalimat kedua
C. Awal dan akhir paragraf
D. Akhir paragraf
E. Semua kalimat
Pembahasan:
Gagasan pokok terdapat pada kalimat pokok. Cara JS: Lihat kalimat kedua terdapat kata yang diulang sama seperti kalimat kesatu, yakni “penelitian” yang menandakan kalimat pokok di awal paragraf. Lihat pula kalimat terakhir terdapat penegasan “Pada dasarnya” yang menandakan kalimat pokok juga ada di akhir paragraf. Jadi gagasan pokok paragraf tersebut terdapat di awal dan akhir paragraf. Kalimat pokok yang di akhir paragraf merupakan penegas kalimat pokok di awal paragraf.
Jawaban: (C)

3. …. Salah satu di antaranya adalah acne vulgaris. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak pernah menderita penyakit ini. Menurut Syarif, acne vulgaris adalah penyakit peradangan folikel sebasea yang umumnya terjadi pada masa remaja dan dapat sembuh sendiri. Dalam masyarakat umum, acne vulgaris  biasa  dikenal  dengan  sebutan jerawat.
Kalimat topik yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …. (SNMPTN 2008)
A. Acne vulgaris adalah penyakit kulit biasa
B. Syarif mengemukakan jenis penyakit kulit
C. Penyakit kulit banyak jenis dan macamnya
D. Jerawat banyak jenis dan macamnya
E. Penyakit remaja bermacam-macam
Pembahasan:
Kalimat“Syarif mengemukakan jenis penyakit kulit.” memperlihatkan kaitan yang logis dengan kalimat yang lainnya. …jenis penyakit kulit (kal. 1) padu dengan Salah satu di antaranya (kal. 2); acne vulgaris (kal. 2) padu dengan penyakit ini (kal. 3); Syarif mengemukakan…(kal 1) padu dengan Menurut Syarif …(kal 4).
Jawaban: (B)

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon