Perlawanan Filipina terhadap kekuasaan Amerika Serikat (1899-1902)

Pada tahun 1898 ketika pasukan Amerika Serikat sampai di Filipina yang saat itu dikuasai Spanyol. Rakyat Filipina menganggap AS akan membebaskan Filipina dari penjajahan Spanyol. Maka para pejuang kemerdekaan Filipina dan pasukan AS bekerja sama untuk mengalahkan pasukan Spanyol di Filipina. Pada bulan Desember 1898 perang antara AS dan Spanyol berakhir setelah ditandatangani nya Perjanjian Paris yang berisi Spanyol mengakui kemerdekaan Kuba, menyerahkan Guam dan Puerto Rico kepada AS ditambah AS membayar 20 juta dollar untuk membeli Filipina sehingga Filipina dikuasai oleh AS.

Dengan bebasnya Filipina dari penjajahan Spanyol maka Filipina mendeklarasikan kemerdekaannya  dan mendirikan Republik Filipina Pertama pada bulan Januari 1899. Namun rakyat Filipina sadar bahwa mereka sebenarnya belum merdeka. Filipina hanya berganti penguasa dari Spanyol menjadi AS. Akhirnya banyak dari petinggi pejuang kemerdekaan Filipina yang ingin mengusir AS dari tanah airnya. Pada bulan Februari tahun 1899 terjadi insiden penembakan 2 prajurit Filipina yang tak bersenjata oleh prajurit AS. Insiden tersebut menandai dimulainya peperangan antara AS dan Filipina.

Pertempuran terjadi di kota, desa, hingga ke pedalaman hutan. Dalam perang ini pasukan AS menghadapi pasukan Filipina yang bertempur secara gerilya di hutan maupun desa. Pasukan AS sudah merasakan rasanya bertempur di hutan melawan gerilyawan jauh sebelum AS menghadapi perlawanan gerilya di Vietnam. Pada Februari 1901 presiden pertama Filipina, Emilio Aguinaldo menyerahkan diri kepada pihak AS meskipun begitu perlawanan rakyat Filipina masih berlanjut hingga tahun 1902. Perang berakhir dengan kemenangan AS dan Filipina pun sepenuhnya dibawah kekuasaan AS dan Republik Filipina Pertama dibubarkan. Kekuasaan AS di Filipina berakhir setelah AS mengakui kedaulatan Filipina pada 4 Juli 1946

Sumber: OA Historypedia Line

Belum ada Komentar untuk "Perlawanan Filipina terhadap kekuasaan Amerika Serikat (1899-1902)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel