Reading Comprehension

Reading Comprehension

Reading Comprehension is a part of the test. It is also influenced by language competence (kemampuan bahasa), reading techniques (teknik membaca), dan reading skills ( kemampuan membaca). The most important thing from the three techniques is finding the keywords from each questions. Therefore, here are some reading techniques that could help you answering the questions.

A. SKIMMING

Skimming yaitu teknik membaca sekilas untuk mendapatkan inti dari bacaan. Teknik ini digunakan untuk menyelesaikan soal yang menanyakan topik, main idea, atau judul dari bacaan. Sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu perbedaan judul, topik, dan main idea dalam sebuah bacaan:
a. Judul (title) mewakili isi bacaan dan dianggap paling menarik bagi pembaca untuk membaca sebuah teks. Judul yang ada belum tentu merupakan topik bacaan, tetapi topik bacaan dapat menjadi judul bacaan.
b. Topik (topic) adalah inti masalah yang dibicarakan oleh penulis, baik dalam bentuk kelompok kata maupun frasa (bukan kalimat). Topik tidak boleh terlalu khusus (spesifik), maupun terlalu umum (general).
c. Pikiran pokok (main idea), sama seperti halnya topik, adalah inti masalah yang dibicarakan penulis. Mencari main idea pun menjadi sesuatu yang cukup sulit dirasa oleh sebagian besar pembaca. Perlu diingat bahwa dalam satu bacaan hanya

Terdapat satu pikiran pokok, yangletaknyabisadiawalataudiakhirparagrafpertama. Main idea biasanya menekankan kepada order (urutan waktu dan peristiwa),listing (daftar jumlah atau angka tertentu dalam bacaan), cause and effect (pernyataan sebab-akibat melalui penggunaan kata penghubung atau conjunctions), dan derajat perbandingan ( comparison).

B. SCANNING

Scanning yaitu membaca sekilas namun cukup spesifik untuk mendapatkan informasi tertentu saja sesuai yang ditanyakan dalam suatu bacaan. Umumnya, teknik ini digunakan untuk menyelesaikan soal yang mengandung unsur 5W1H (what, where, when, who, why, how) serta mengidentifikasi pertanyaan yang tidak sesuai dengan teks (true or false).

C. CLOZE READING

Cloze reading yakni membaca sekilas namun mendalam. Teknik ini digunakan umumnya untuk menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan kosakata ( vocabulary) dan bermacam kata jadian (derivatives).

D. VOCABULARY IMPROVEMENT

Dalam menjawab soal tentang vocabulary, penguasaan kosakata yang dimiliki pembaca akan berbeda-beda, tergantung pada individu masing-masing dan seberapa sering pembaca mengasah kosakata yang dimilikinya. Dalam bacaan, salah satu cara untuk menjawab soal yang berhubungan dengan bacaan yakni dengan melihat kalimat sebelum dan sesudahnya sesuai dengan konteks kalimat tersebut disertai dengan penggunaan struktur tata bahasa yang tepat secara gramatikal.

Belum ada Komentar untuk "Reading Comprehension"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel