Tips dan Trik Lulus SNMPTN

Berdasarkan obrolan berbagai pihak penerimaan PTN, secara umum terdapat 3 pertimbangan bagi siswa untuk lulus SNMPTN:

1. Faktor Kualifikasi siwa
Salah satu faktor yang dipertimbangkan adalah prestasi dan potensi siswa yang bersangkutan. Perguruan Tinggi Negeri yang terbaik juga menerima siswa yang terbaik, setidaknya berpotensi untuk memberikan manfaat yang tertinggi kepada masyarakat. Faktor ini meliputi beberapa elemen
a. Nilai rapor yang meliputi nilai, konsistensi nilai, dan nilai mata pelajaran tertentu
b. Prestasi siswa di tingkat internasional, nasional, provinsi, dan kabupaten atau kota.

2. Faktor Indeks sekolah
Umumnya, setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memiliki database dari SMA-SMA yang ada di Indonesia. Arti dari indeks sekolah adalah bagaimana "nilai" sekolah tersebut di mata Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bersangkutan. Indeks sekolah ditentukan berdasarkan
a. Akreditasi Sekolah
b. Jenis kelas tersedia (akselerasi, reguler, dll)
c. Prestasi sekolah dalam perlombaan tingkat daerah/nasional/internasional
d. Alumnis sekolah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bersangkutan, meliputi IPK dan prestasi

3. Faktor Penyebaran
Sejatinya, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bertujuan untuk menjamin kecerdasan insan-insan yang ada di negeri ini. Oleh sebab itu, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memiliki prinsip bahwa bisa saja anak-anak daerah lebih potensial daripada anak-anak yang ada di ibutkota, hanya saja mereka kurang kesempatan dibanding anak-anak di ibukota. Jadi, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) umumnya akan memberikan kuota/jatah kepada daerah terpencil di Indonesia dengan harapan bahwa anak-anak tersebut kelak akan memajukan daeerah asalnya. Meskipun kualifikasi siswa dan indeks sekolah masih kurang dibanding siswa yang lain, tapi akan terdapat jatah untuk siswa terbaik dari daerah.

Ingat, SNMPTN memang tidak memiliki pengumuman resmi dari pihak penerimaan, maka bisa saja PTN yang satu memiliki sistem yang berbeda dengan PTN lainnya. Sebenarnya ada satu lagi kunci yang paling penting: proses penentuan jurusan. Apabila kita mengakses website SNMPTN dan memilih informasi perguruan tinggi dan jurusan, kita akan mendapatkan informasi-informasi jurusan tersebut dari tahun lalu. Kalau sudah di tingkat akhir, sebenarnya tidak banyak lagi yang bisa diupayakan. Kita tidak bisa mengubah nilai yang sudah ada, kemungkinan tidak banyak lomba yang bisa diikuti lagi setelah berada di kelas XII, dan sebagainya. Hal terpenting mungkin adalah menerapkan strategi yang tepat dalam memilih kampus dan jurusan. Maksudnya, pilihlah kampus dan jurusan yang kira-kira kamu pasti akan lolos. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana mengetahui kampus dan jurusan mana yang kira-kira kita pasti lolos?

Pertama, cari tahu berapa orang dari jurusan, sekolah, dan kota kamu yang lulus ke jurusan dan perguruan tinggi yang kamu inginkan. Biasanya jumlah mahasiswa yang diterima tahun lalu bisa jadi indikator awal yang menghitung kesempatan yang ada. Sebagai contoh, apabila kamu ingin diterima di Jurusan Ilmu Politik UI, maka kamu bisa membuka website SNMPTN dan mencari jurusan Ilmu Politik UI.

by Andhika Putra Sudarman (Masuk PTN Itu Gampang?)

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Trik Lulus SNMPTN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel