Pentingnya Bahasa Asing Bagi Mahasiswa dan Cara Melatihnya

Hari gini masih ada mahasiswa yang tidak akrab dengan bahasa asing (minimal bahasa Inggris)? Hmmm, jika memang demikian, susah untuk berkomentar lagi. Memangnya selama ini ke mana aja Om/Mbak? Bahasa asing, minimal bahasa Inggris, seharusnya bukan barang baru apalagi asing bagi mahasiswa atau calon mahasiswa. Sejak SMP, bahkan zaman sekarang sejak play group, bahasa Inggris sudah diajarkan. Apalagi sejak mahasiswa, kita sudah dituntut untuk membaca buku, jurnal, dan artikel berbahasa Inggris. Belum lagi slide dan materi kuliah yang digunakan oleh dosen-dosen juga pada umumnya disajikan dalam bahasa Inggris. Pun, kadang kala laporan ataupun tugas harus dibuat dalam bahasa Inggris.

Pengumuman beasiswa di situs-situs web biasanya ditulis dalam bahasa Inggris. Dokumen aplikasi beasiswa juga biasanya ditulis dalam bahasa Inggris, wawancara beasiswa ke luar negeri pun dilakukan dalam bahasa Inggris. Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Jika Anda memang bercita-cita mendapat beasiswa (khususnya beasiswa ke luar negeri), mulailah meningkatnya kemampuan bahasa Inggris Anda. Syukur-syukur jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang lain.

Anda tidak harus ikut kursus bahasa asing (kalau punya uang, ikut kursus tentu hasilnya akan jauh lebih bagus) karena Anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dengan membaca banyak artikel berbahas Inggris, menonton film berbahasa Inggris (kalau mau memakai subtitle gunakana berbahas Inggris), mulai "ber-speak-speak" menggunakan bahasa Inggris (jangan cuma bilang "I love U" doang), berkirim surat dengan teman dengan menggunakan bahasa Inggris, menulis skripsi dalam bahasa Inggris, dan menyanyikan berbahas Inggris.

"Bisa karena biasa". Pepatah itu sangat tepat untuk menggambarkan bahwa jika Anda ingin bisa berbahasa Inggris, Anda harus membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris. Banyak orang yang saya kenal mempunyai kemampuan yang baik dalam membaca (reading), menulis (writing), menerjemahkan (interpreting), atau mendengar (listening) dalam bahasa Inggris. Namun, saat diajak mengobrol dalam bahasa Inggris, mereka diam seribu bahasa. Kalaupun ada kata-kata yang keluar, tata bahasanya sangat kacau an tidak menunjukan baha ia sebenarnya pandai di bidang reading, writing, atau pun listening.

Hal tersebut terjadi karena selama ini mereka tidak mengasah kemampuan (keterampilan) speaking Alasannya sederhana, yaitu tidak ada patner bicara dalam bahasa Inggris. Hal itu masuk akal memang, namun rasa-rasanya seperti sekedar alasan(excuse). Cari dong teman untuk berlatih bicara bahasa Inggris di kampus.

Kalau di kampus tidak ada English club? Gampang. Ajaka beberapa teman untuk membuat klub bahasa Inggris sendiri. Atau bisa saja ajak orangtua, kakak, adik, suami atau istri untuk menentukan English day di rumah. Nah, pada hari English day yang telah ditentukan, para anggota keluar atau siapa pun yang tinggal dirumah harus berbicara dalam bahasa Inggris. Mungkin hal itu susah dan kaku pada awalnya, tapi seperti kata pepatahn tadi:"Bisa karena biasa".

Oleh: Suherman, Sukses Meraih Beasiswa Impian.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Bahasa Asing Bagi Mahasiswa dan Cara Melatihnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel