Penjelasan Tentang Kuliah di kelas Internasional di Indonesia (Double Degree)

Label "Kelas/Universitas Internasional" memiliki pengertian bahwa,
a. Kelas Internasional biasanya diselenggarakan oleh perguruan tinggi lokal yang berkaloborasi dengan universitas di luar negeri sesuai dengan kebijakan perguruan tinggi penyelenggara.
b. Universitas Internasional biasanya didirikan dan diselenggarakan oleh universitas dari luar negeri yang bekerjsama dengan lembaga pendidikan tinggi dalam negeri.
c. Menggunakan sistem pendidikan dan kurikulum luar negeri sesuai dengan universitas yang dirujuk oleh perguruan tinggi terkait atau universitas yang menyelenggarakannya.
d. Menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar (baik dalam materi maupun tugas-tugas yang menjadi beban tugas mahasiswa).
e. Fasilitas Universitas internasional (laboratorium, perpustakaan, dan sarana perkuliaha) sesuai dengan standar internasional.
f. Menawarkan kepada mahasiswa untuk kerja praktek dan melanjutkan studi di luar negeri.

Tren untuk kuliah di kelas/universitas internasional dipicu oleh berbagai kemudahan/keuntungan yang ditawarkan olehnya, antara lain:
a. Menghasilkan lulusan yang memenuhi standar mutu internasional.
b. Beberapa universitas memberikan gelar ganda (dual degrees), satu gelar diperoleh dari universitas lokal (Indonesia) dan satu lagi diperoleh dari universitas mitra luar negeri. Catatan: Tidak semua Kelas Internasional (disebut: Kelas Internasional Reguler) memberikan gelar ganda, program ini ditunjukan bagi mahasiswa yang berasal dari berbagai negara. 
c. Kuliah dilakukan di dua tempat, polanya dapat 2+2, artinya 2 tahun mahasiswa mengikuti kuliah di universitas lokal dan 2 tahun berikutnya kuliah di universitas mitra di luar negeri, atau dengan 3 + 1 dst. Sesuai dengan kebijakan perguruan tinggi terkait.
d. Magang atau kerja praktek di perusahaan-perusahaan asing di luar negeri.

Perkuliahan di kelas/Universitas Internasional yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris memberikan konsekuensi logis bahwa mahasiswa harus memilki kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan nilai TOEFL antara 550-600. Sertifikat TOEFL yang diterima oleh Universitas-universitas luar negeri salah satunya berasal dari The ETS (The Educational Testing Service). The ETS Indonesia  mempunyai cabang di Jakarta dan Jawa Timur. Anda bisa mengklik disini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. 

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Tentang Kuliah di kelas Internasional di Indonesia (Double Degree)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel