Mewakili Kampus ke Luar Negeri

Ada banyak kesempatan untuk keluar negeri ketika berada di dunia kampus. Ada pertukaran pelajar, konferensi, seminar, kompetisi, gelar seni, atau olahraga ke luar negeri. Untuk sekaran ini, kalian tidak pelu mikirin bagaimana caranya keluar neger, yang penting adalah pastikan bahasa inggris kalian oke banget. Tidak cukup kalau TOEFL masih 550-an. Itu memang standarnya, tapi tidak bisa dong cuma pas-pasan. Ketika kamu sudah mempunyai kompetensi, biasanya kesempatan akan datang sendirinya.

Kalau TOEFL kamu di atas 577, atau bahkan di atas  600, apalagi di atas 623, percaya deh, pintu kesempatan akan terbuka luas untukmu. Kalau mau mengintip ada acara apa saja, kamu bisa meng-googling sekarang juga, pertukaran pelajar luar negeri, konfrensi luar negeri, atau lomba luar negeri. Pasti banyak yang muncul.

Oh iya, kalau kalian melihat orang membuat postingan di foto di luar negeri mengikuti kompetisi atau konferensi, jangan langsung berpikir itu hebat. Kegiatan itu bisa saja diikuti tanpa melewati seleksi dan asalkan punya dana. Istilahnya, panitian yang mengadakan acara akan selalu berharap banyak peserta yang mendaftar karena hal itu berarti semakin banyak biaya pendaftaran yang akan mereka terima. Jadi, bisa-bisa saja mereka yang justru lebih mengharapakan kamu bisa berangkat.

Mengenai dana, biasanya kampus akan memberikan bantuan dana, tetapi itu tidak menutupi semua kebutuhan. Solusinya adalah meminta uang dari orang tua atau mencari sponsor. Perusahaan atau instansi biasanya memang mempunyai dana khusus yang ditargerkan untuk memberi sponsor kepada mahasiswa, tetapi banyaknya jumlah mahasiswa yang ingin meminta dana, umumnya akan lebih gampang apabila kamu mempunyai kenalan dari perusahaan atau instansi yang ingin dituju.

Belum ada Komentar untuk "Mewakili Kampus ke Luar Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel