Minggu, 02 Desember 2018

Apakah PTN Masih Lebih Bagus Daripada PTS?

Tags

Kita tidak bisa dan tidak seharusnya menggeneralisasi perguruan tinggi berdasarkan statusnya. Ada PTN yang bagus, ada pula PTS yang bagus. Ada PTS yang kurang bagus, ada pula PTN yang kurang bagus. Apabila kita pernah mendengar PTS itu kurang bagus dibanding PTN, hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan ranking PTS memang berada di bawah ranking PTN. Tapi, ini tidak berarti semua PTS berada di bawah PTN.

Hal tersebut sama seperti ketika ada yang mengatakan bahwa orang Singapura lebih pintar daripada orang Indonesia hanya karena rata-rata IQ orang Singapura lebih tinggi daripada rata-rata IQ orang Indonesia. Padahal, bisa saja 'kluster orang pintar Indonesia' jauh lebih inteligen daripada 'kluster orang pintar Singapura'.

Intinya, kita tidak bisa dan tidak seharusya menyimpulkan bahwa PTN lebih bagus dibanding PTS, atau sebaliknya. Penilaian hanya akan menjadi objektif ketika kita mengerucutkan suatu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya. Hasil berbeda pun bisa terjadi ketika kita membandingkan suatu jurusan antarperguruan tinggi.

Kesamaan dan Perbedaan PTN dan PTS

1. Ketatnya Jalur Masuk
Untuk dapat masuk PTN, kita perlu lulus SBMPTN, SNMPTN, atau jalur mandiri masing-masing kampus. Sedangkan PTS tidak pernah menolak calon mahasiswa. Tes yang diadakan PTS biasanya bertujuan untuk menentukan jumlah pemberian beasiswa kepada (calon) mahasiswa.

2. Biaya
Biaya kuliah di PTN rata-rata jauh lebih murah dibanding kuliah di PTS. Umumnya, PTN akan menetapkan biaya kuliah yang sama per semester dan mahasiswa bisa mengajukan permohonan keringanan biaya kuliah. Kebanyakan PTS menghitung biaya kuliah berdasarkan jumlah SKS yang diambil.

3. Akreditasi/Prospek Kerja
Banyak orang mengatakan bahwa lulusan PTN akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dibanding lulusan PTS. Alasannya adalah perusahaan pada umumnya berpikir lulus PTN sudah melalui tahap seleksi ketika masuk perguruan tinggi sehingga mahasiswa lulusan PTN adalah raw material yang lebih mudah dilatih dibanding lulusan PTS. Ada juga pendapat bahwa IPK 3,0 di PTN sama dengan IPK 3,5 di PTS sehingga syarat IPK ketika melamar ke perusahaan juga bisa berbeda antara PTN atau PTS.

4. Beasiswa
Baik PTN maupun PTS sama-sama menawarkan beasiswa. Hampir semua PTN menawarkan beasiswa internal (keringanan yang berasal daru perguruan tinggi), tapi hanya beberapa PTS yang menawarkan beasiswa yang berupa keringanan. Banyak juga beasiswa-beasiswa yang berasal dari perusahaan-perusahaan di luar kampus. Biasanya, beasiswa tersebut tidak memilih mahasiswa berdasarkan perguruan tinggi sehingga setiap mahasiswa memiliki kesempatan yang sama.

5. Akses Terhadap Acara di Luar Kampus
Mahasiswa PTN umumnya lebih aktif mengikuti acara di luar kampus karena akses terhadap informasi acara luar kampus juga lebih mudah didapatkan mahasiswa PTN. Tapi, banyak juga PTS yang terkenal karena mengadakan acara-acara. Apabila terdapat dua mahasiswa dengan CV yang serupa dan mendaftar di acara yang sama, bisa jadi yang kuliah di PTS lebih mudah untuk lolos seleksi. Alasannya adalah panitia acara selalu menginginkan diversitas peserta, artinya bisa saja ada kuota untuk tiap-tiap universitas (atau per daerah). Oleh karena akses informasi lebih mudah didapatkan mahasiswa PTN dan memang mahasiswa PTN lebih aktif mengikuti acara, maka ini berarti mahasiswa yang kuliah di PTN berkemungkinan untuk harus bersaing terlebih dahulu dengan lebih banyak teman sekampus. Memang mahasiswa PTS juga harus bersaing dengan teman-teman sekampus, tapi pendaftar dari PTS biasanya tidak terlalu banyak sehingga tingkat kemungkinan diterima menjadi lebih tinggi.

6. Jurusan yang ditawarkan
Jurusan di PTS pastinya tidak selengkap di PTN. Umumnya, PTN akan memiliki suatu bidang tertentu yang difokuskan dan terkenal karena bidang tersebut, sedangkan PTS biasanya memiliki fokus yang bersifat lebih umum. Misalnya ITB dan ITS adalah perguruan tinggi  yang sangat terkenal dengan jurusan-jurusan tekniknya, sedangkan Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah perguruan tinggi yang terkenal dengan jurusan-jurusan pertanian.

7. Kualitas Pengajar
Kualitas pengajar di PTS yang top tidak berbeda dengan PTN. Banyak pengajar PTN yang mengajar juga di PTS yang top. Pengajar dari PTN biasanya berasal dari latar belakang akademis, sedangkan PTS lebih sering menonjolkan pengajar dari latar belakang praktisi.

8. Fasilitas
Fasilitas PTS yang top umumnya (jauh) lebih lengkap dan lebih canggih daripada PTN.

9. Persaingan
Persaingan atau daya saing di PTN lebih tinggi dibanding tingkat daya saing di PTS. Anak SMA berlomba-lomba unuk masuk PTN, tetapi kompetisi sesungguhnya baru dimulai ketika mereka sudah berada di dalam PTN dan persaingan  ketika menjadi mahasiswa jauh lebih kompetitif dibanding persaingan untuk masuk PTN. Secara umum mahasiswa PTN umumnya  lebih banyak memenangkan perlombaaan di tingkat nasional maupun internasional.

10. Kesempatan Mengikuti Acara di Luar Negeri
Kesempatan mahasiswa dari PTN dan PTS sama saja yang penting mahasisw tersebut aktif mencari informasi. PTN dan PTS yang terkenal biasanya sudah punya overseas partner untuk exchange studies. Tapi secara umu, PTN bisa dikatakan memiliki jaringan yang lebih kuat terhadap kerja sama dengan pemerintahan luar negeri.

11. Kempatan Berorganisasi 
Perguruan tinggi yang besar umumnya memiliki organisasi kemahasiswaan yang banyak pula. Di UI, misalnya terdapat sekitar 60 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Di FH UI, terdapat lebih dari 10 UKM lagi. Sering kali, ada siswa yang mengincar perguruan tinggi tertentu hanya untuk mengikuti organisasi tertentu, misalnya untuk masuh English Debating Society UI atau UI Model United Nations Club. Itu bukan keputusan yang salah, bahkan bisa jadi sangat rewarding. UKM adalah platform pengembangan diri yang sangat penting dan memiliki perang yang signifikan dalam pengembangan potensi mahasiswa.

12. Catatan Relativitas
Memang mayoritas PTN menawarkan kesempatan yang lebih banyak dibanding PTS. Tapi, tidak benar bagi yang menganggap PTN adalah kunci kesuksesan atau berasumsi bahwa ngga masuk PTN adalah awal kegagalan. Asal kita mau berusaha, PTN dan PTS bukanlah penentu. Yang menentukan masa depan kita adalah kita sendiri, bagaimana kita melihat keadaan, bagaimana kita menyesuaikan diri, dan bagaimana keinginan dan usaha kita.

source: Masuk Kuliah Itu Gampang by Andhika Putra Sudarman

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon