7 Tips Ampuh Menjadi Mahasiswa Berprestasi Saat Kuliah

1. Menemukan Kesamaan di Perbedaaan
Yang pertama, kamu harus selalu mengingat bahwa di kampus itu banyak orang yang membawa latar belakang yang berbeda dan mempunyai watak yang berbeda. Waktu awal-awal memang agak susah untuk menerima perbedaan yang ada, tetapi itulah fungsi kampus, yaitu  untuk belajar hidup bersama orang yang berbeda dengan kita. Hal yang penting adalah kamu perlu menyiapkan mental bahwa kamu harus bisa mengayomi perbedaan yang ada di antara kamu dan teman-temanmu nanti.

2. Jangan Sampai Menyesal
Banyak mahasiswa yang malu dan ragu untuk mengikuti acara-acara. Padahal, mengikuti acara itu penting banget. Banyak hal yang bisa dipelajari melalui kepanitian, organisasi, kompetisi, dan acara lainnya. Jangan pernah ragu untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut karena penyesalan selalu datang belakangan. Banyak mahasiswa yang mendekat lulus baru menyesal karena tidak mengambil kesempatan. Jangan sampai kamu seperti itu ya!

3. Hat-hati Memilih Kegiatan
Di kampus, banyak banget kesempatan yang bisa diambil. Ada organisasi yang seru, kepanitian, kompetisi, sampai pertukaran pelajar di luar negeri. Ini bisa menjadi hal yang sangat positif apabila kamu mempunyai time management skill yang bagus. Namun, tidak sedikit juga loh orang yang mengambil terlalu banyak kegiatan dan para akhirnya malah kewalahan, tugas tidak beres, IPK turun, dan organiassi kepanitian yang diikuti enggak terpegang dengan baik. Jadi, kamu harus berhati-hati dalam memilih kegiatan yang akan diikuti dan know your limits.

4. Berteman Seluasnya
Waktu SMA, mungkin kamu lebih memilih untuk bergaul dengan peer group-mu dan tidak peduli dengan orang di luar lingkaran kamu. Tapi ketika di dunia perkuliahan, itu tidak boleh terjadi lagi. Cobalah untuk berkenala dan mendekatkan diri dengan orang-orang yang ada di luar inner circle-mu, mulai dari anak gaul, anak yang keliatan pendiam, akademisi, sangat menyeramkan, semuanya deh. Dijamin, cara pandangmu akan lebih terbuka. Ingat, berteman seluas-luasnya memang penting, tetapi harus dalam batasan wajar. Misalnya, jangan sampai kamu kamu kalau diajak yang aneh-aneh. Jika ada apa-apa, kamu bisa mengobrol dengan orang tua, jangan sampai sudah terjadi kesalahan nanti baru merasa bersalah kepada orang tua.

5. Berkenalan dengan Senior
Sebagai 'anak baru', kamu pasti akan merasa bingung karena ada banyak hal yang kamu tidak ngerti. Kadang hal sesederhana jadwal dan buku apa saja yang harus dibeli juga sedikit membingungkan. Solusi terbaik adalah menanyakan hal itu dengan orang yang sudah mengalaminya, yaitu para senior. Seniormu pasti sudah mempunyai info penting dan cara ampuh yang bisa dibagikan ke orang baru sepertimu. Awalnya mungkin kamu akan merasa agak ragu, tidak enak, atau tidak tahu bagaimana caranya memulai. Tapi, cobalah beranikan dirimu dan jangan segan karena tidak ada salahnya mencoba. Bahkan, senior biasanya senang kalau membantu adik kelas. Yang penting adalah bagaimana cara kamu meng-approach mereka. Pastikan mereka tidak sedang sibuk dan kamu selalu sopan dalam bertanya.

6. Utamakan Kuliah
Last but not least, kamu harus selalu mengutamakan kuliah. Maksudnya, bukan tidak boleh cabut kelas demi kepanitian atau lomba. Itu sah-sah saja. Tapi yang menjadi masalah adalah sering banget orang keasikan ikut acara di luar kelas dan lupa kalau ada batas absen yang diperbolehkan. Dan kalau itu lewat, kemungkinan kita ngga bisa lulus dan kuliah kita juga bisa menjadi enggak selsai. Banyak juga godaan mencari kerjaan sambilan atau tawaran-tawaran lain yang membuat orang jadi putus di tengah jalan. Jadi, hal ini benar-benar harus ingat karena sebanyak apa apun kegiatan atau kesulitan selama kuliah, kamu harus selalu mengingat kuliah dan lulus merupakan tujuan utamamu.

7. Kejayaan Bisa Menjadi Pintu Kegagalan
Selain bermalas-malasan dan kebanyakan bermain, sebenarnya ada satu lagi hal yang paling banyak membuat orang menyesal ketika sudah sudah lulus nanti, yaitu tudaj bisa melepaskan kejayaan masa lampau. Jangan salah tangkap maksudnya, ya. Maksud dari kejayaan masa lampau adalah kejayaan di masa SMA dan penyesalannya adalah ketika sudah lulus kuliah.
"Bagaimana hal itu bisa terjadi?"
Misalnya, ketika SMA kamu sangat berprestasi dan dianggap paling pintar. Kemudian, hal ini membuat kamu bangga dan merasa berada di atas angin. Namun ketika di kampus, kamu tiba-tiba bertemua banyal orang yang lebih berprestasi. Kemudian, kamu menjadi berkecil hati dan tidak bisa menerima itu sehingga membuat diri menjadi takut dan tidak ingin bersaing agar tidak  akan "terbukti" kalah dari orang itu. Alhasil kita pun menghindari kegiatan-kegiatan yang sebenarnya dapat membantu pengembangan diri.
Di kehidupan kuliah nanti, kamu akan menemui banyak orang-orang seperti itu. Orang yang tidak ingin mengikuti kegiatan apa paun karena merasa drinya sudah lebih oke daripada yang lain. Alhasil, kerjaanya hanya menjatuhkan orang lain, kuliahnya biasa-biasa saja, dan ketika sudah mau lulus baru menyesal kenapa dulu berpikiran seperti itu.

Masuk PTN itu Gampang? by Andhika Putra Sudarman

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Ampuh Menjadi Mahasiswa Berprestasi Saat Kuliah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel