Rabu, 14 November 2018

Strategi Belajar Agar Lolos SBMPTN 2019

Tags

Memasuki PTN impian merupakan mimpi sebagian besar bagi para lulusan siswa/siswi tingkat menengah atas. Tentunya diperlukan usaha keras untuk mendapatkan hal tersebut. Memasuki PTN impiannya umumnya ada dua jalur, yaitu jalur undangan atau biasa disebut dengan SNMPTN dan jalur SBMPTN. Alangkah baiknya kalian memilih jalur SBMPTN dibandingkan SNMPTN karena alasan kuota SBMPTN jauh lebih besar dari SNMPTN. (Baca: Kenapa Harus Milih SBMPTN daripada SNMPTN).  Belajar saja tidak cukup untuk sukses menghadapi SBMPTN 2019. Perlu strategi-strategi belajar atau tips tertentu untuk bisa lolos SBMPTN 2019. Dalam hal ini strategi yang saya berikan lebih ditekankan kepada siswa/siswi SMA yang tidak mengikut bimbel. Berikut ini adalah cara belajar agar lolos SBMPTN 2019:

1. Mempersiapkan alat pertempuran 
Sebelum memasuki strategi belajar agar lolos sbmptn 2019. ada baiknya saya akan membagikan hal-hal yang amat berguna untuk belajar kedepannya:
  • Ebook Materi SBMPTN Saintek disini 
  • Ebook Materi SBMPTN Soshum disini
  • Ebook Materi TPA SBMPTN disini
  • Ebook Materi SBMPTN B.Indonesia disini
  • Ebook Materi SBMPTN B.Inggris disini
  • Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN Saintek disini
  • Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN Soshum disini
Jika kamu mempunyai alat pertempuran yang berbeda baik itu buku atau pun media pembelajaran online seperti zenius, ruangguru, atau quipper, itu semakin baik. Hal yang berikan jatuhnya sebagai pelengkap pertempuran kedepannya. 

2. Mengetahui Tes yang dihadapi
Bagi kamu yang mengambil jurusan rumpun saintek seperti kedokteran, teknik, mipa, dll, maka yang diujikan adalah mata pelajaran saintek yang mencakup Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi. Ditambah dengan tes TKPA yang mencakup TPA, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Untuk kamu yang mengambil jurusan rumpun soshum seperti ekonomi, akuntansi, sastra, dll, maka yang diujikan adalah mata pelajaran soshum yang mencakup Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Ditambah dengan tes TKPA juga. Bagi yang mengambil jurusan campuran contohnya memilih jurusan akuntansi (soshum) dan teknik sipil(saintek) maka mengambil ujian campuran. dimana peserta mengukuti ujian saintek&soshum, dan tidak lupa TKPA nya juga.

3. Belajar Memahami Bukan Menghapal
Bisa dibilang soal SBMPTN amat berbeda dengan soal-soal yang biasa diujikan disekolah. Soal SBMPTN lebih mengujikan konsep dari suatu materi. SBMPTN sifat soalnya adalah HOTS(Higher Order Thinking Skill) yang menekankan para peserta ujian untuk berpikir memahami dan mengerti konsep setiap soal yang diujikan. Sedangkan sebagian besar sekolah di Indonesia berusaha menghapalkan materi pelajaran atau tes yang diujikan. Bisa dibilang menghafal adalah cara salah untuk belajar. Soal sejarah yang identik dengan hapalan disekolah, ternyata di SBMPTN lebih besar porsi soal sejarah yang menuntut peserta benar memahami mengapa sebuah peristiwa sejarah bisa terjadi. Matematika yang biasanya identik dengan rumus yang harus dihapalkan, ternyata di SBMPTN lebih menekankan nalar untuk bekerja untuk menganalisis soal yang ada sehingga akan ketemu jawabannya nanti.

4. Penjadwalan belajar yang rapi
Setelah kamu sudah tahu bahwasannya soal SBMPTN bersifat HOTS maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membuat jadwal belajar yang tersusun rapi. Sisihkan satu sampai dua jam perhari untuk belajar SBMPTN. Jika mencicil belajar dari sekarang maka beban kamu kedepannya tidak akan berat dan tidak merasa tertekan karena belum belajar banyak hal. Jika ada kegiatan yang menyita waktu cepatlah atasi hal tersebut. Contohnya yang saya sering temui sebagai guru SBMPTN adalah kegiatan organisasi dan ekstrakulikuler. Berhentilah dalam kegiatan ekstrakulikuler sekolah atau pun organisasi agar kamu lebih banyak waktu luang. Dalam penyusunan jadwal buatlah jadwal tersebut rapi dan terstruktur.  Contohnya sebagai berikut:
-Senin: Ekonomi: Konsep Ekonomi
-Selasa: Ekonomi: Permintaan dan Penawaran
-Rabu: Elastisitas
Dalam contoh jadwal tersebut saya belajar ekonomi secara tersusun. Maksudnya saya harus mengerti konsep ekonomi terlebih dahulu agar bisa mengerti permintan dan penawaran. untuk bisa mengerti elastisitas saya wajib belajar permintaan dan penawaran terlebih dahulu. Pahamilah benar-benar konsep setiap materi. Kalau memang tidak paham betul jangan coba meloncat. 

5. Latihan Soal
Lebih afdol ketika kamu sudah benar-benar memahami materi diringi juga dengan latihan soalnya juga. Dengan latihan soal maka tergambar jelas sudah sejauh mana pemahaman kamu akan suatu materi? Jika ternyata persentase benar soal dibawah 80% maka ada ada baiknya kamu mengulang kembali materi tersebut dan mencari tahu dibagian mana kamu tidak mengerti. Dengan latihan soal juga membuat kamu jauh terbiasa menghadapi soal-soal SBMPTN. Link-link kumpulan soal SBMPTN diatas yang saya berikan bisa menjadi refrensi kamu untuk latihan soal. Kumpulan-kumpulan soal tersebut bisa menjadi acuan refrensi kamu dalam belajar.  

6. Try Out SBMPTN 
Hal ini penting dilakukan untuk mengukur kemampuan kamu secara menyeluruh dalam penguasaan materi serta soal SBMPTN. Try out yang bisa menjadi evaluasi kamu dalam belajar dan strategi belajar apa yang akan diterapkan kedepannya? Selain itu Try out memperlihatkan bagaimana kemampuan para pesaing kamu dalam SBMPTN serta kemampuan kamu diantara para pesaing-pesaing tersebut. Ikutilah Try Out SBMPTN secara rutin. Biasanya kampus negeri dan swasta suka mengadakan event Try out SBMPTN. Selain itu Try out juga ada yg berbasis online. Memang mengikutinya bayar, tetapi hal ini sebanding dengan manfaat yang kamu dapat dari kegiatan try out.

7. Konsisten
Ketika ditanya apakah kalian sudah belajar? tentunya mayoritas akan menjawab "sudah". Namun jika ditanya apakah sudah konsisten belajar? tentunya hal ini sulit dijawab oleh kalian. Semua orang sudah mengakui bahwasannya dirinya sudah belajar namun belum tentu konsisten dalam belajarnya. Bagian ini merupakan bagian paling sulit dilakukan dan menjadi faktor kegagalan terbesar atas ketidaklulusan SBMPTN. Lantas bagaimana mengatasi hal tersebut? Carilah motivasi belajar kamu. Motivasi belajar  bisa datang dari mana saja. Atau yang paling simpel adalah kamu harus konsisten belajar supaya lolos SBMPTN dan orang tua kamu bangga atas pencapaian tersebut. Atau bisa, kamu membuktikan walau saya murid terhitung kurang pintar disekolah tapi bisa lolos PTN favorit.

8. SBMPTN Prioritas Utama
Jika SBMPTN sebagai prioritas maka secara tidak langsung menyingkirkan UN. Dalam hal ini saya menekankan bahwasannya soal  SBMPTN secara tingkatan jauh lebih sulit dari pada soal UN. Walaupun UN tahun 2018 telah memaki HOTS tetapi soal SBMPTN relatif memang jauh lebih sulit karena sedari dulu sudah memakai soal HOTS. Kamu bisa membuktikan dan membandingkannya sendiri dengan mendownload kumpulan soal SBMPTN dan pembahasan pada link diatas. Jadi saran saya kamu lebih fokus belajar SBMPTN saja daripada UN. Ingatlah UN tinggi tidak ada artinya jika gagal masuk PTN favorit. Ok semua terserah pada keputusan kamu saya tidak memaksa. hidup adalah pilihan. 

9. Doa
Setelah segala usaha yang anda lakukan maka berdoalah supaya diberikan hasil yang terbaik. Selalu berpikir bahwasannya Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya yang telah berusaha dengan keras.

Begitulah tips belajar agar lolos SBMPTN semoga tips tersebut bisa membantu. salam sukses bagi kalian semua.

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon