Selasa, 20 November 2018

Shih Huang TI (259 SM - 210 SM)

Shih Huang Ti adalah kaisar Agung dari Cina, berkuasa pada tahun tahun 238 sampai dengan 210 SM, dia kaisar pemersatu Cina dengan kekuatan senjata dan perombakan-perombokan penyatuan budaya Cina. Shih Huang Ti juga terkenal sebagai dengan julukan Chi'n Shih Ti dilahirkan tahun 259 SM dan wafat pada tahun 210 SM. Untuk memahami arti penting pribadinya, kita perlu mengetahui dulu latar belakang historisnya. Dia lahir di penghujung tahun dinasti Chou yang didirikan sekitar 1100 SM. Berabad sebelum masanya, dinasti Chou sudah kehilangan kemampuannya selaku penguasa, dan Cina terpecah belah sebagai negara federal.

Shih Huang Ti segera bergegas melakukan perubahan-perubahan besar. Mengubah seluruh ketentuan yang mengarah pada sistem negara federal. Wilayah yang dikuasainya dibagi menjadi 36 Provinsi, setiap provinsi diangkat seorang gubernur yang ditunjuk langsung oleh kaisar. Demikian pula penguasa militer ditunjuk langsung oleh kaisar dan bisa dipindah-pindahkan ke provinsi lain. Pembaruan juga ditegakan di bidang ekonomi, termasuk penyatuan jenis ukuran, baik ukuran berat, ukuran panjang, sehingga memudahkan perdagangan.

Namun kebijaksanaan yang paling mahsyur dan kontroversial adalah perintah membakar buku bacaan, yang dikeluarkan 213 SM. Yang boleh tidak dibakar adalah buku yang berkaitan pertanian, kedokteran, dan catatan sejarah Negara Chi'in. Semua buku yang berkaitan dengan filsafat Kong Hu Cu dimusnahkan, tetapi secara diam-diam Shih Huang Ti memerintahkan mengkopi buku-buku yang dimusnahkan untuk disimpan di perpustakaan negara.

Shih Huang Ti juga menyatukan negara-negara di utara dan selatan Cina, kemudian untuk mempertahankan Cina dari serangan luar negeri, membangun benteng dengan menghubungkan gerbang-gerbang kerajaan dan provinsi yang memang sudah pernah dibangun di perbatasan. Penyatuan pembangunan itu menjadikan lahirnya tembok Cina sampai sekarang. Memang ada yang tidak setuju dan membrontak terhadap cara Shih Huang Ti yang memerintah dengan tangan besi. Namun kesemuanya dikandaskan oleh kaisar. Akhirnya kaisar wafat tahun 210 SM. Kaisar digantikan anaknya yang bergelar Erth Shih Huang Ti, tetapi tak setangguh ayahnya. Maka pemberontakan terjadi dimana-mana, hanya dalam 4 tahun dinasti Chi'in dimusnahkan.

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon