Banyaknya Lapangan Pekerjaan untuk Anak Jurusan MIPA

Kamu mau kuliah di Jurusan MIPA? Apakah itu Matematika, Fisika, Biologi, atau Kimia? Jangan keburu takut atau salah mendengarkan bahwa jurusan MIPA nggak ada prospek kerjanya!

Iya, kan? Pasti kalian sering denger deh. Itu semua tidak benar dan susah untuk dibuktikan sumbernya. Kali ini, Quipper Video Blog akan memberikan kalian pencerahan soal prospek Jurusan MIPA.

(Ebook sukses SBMPTN Saintek klik disini)

Perhatikan baik-baik dan buang anggapan yang salah selama ini ya!
Nah mari kita bedah satu per satu.
Lapangan Pekerjaan Untuk Jurusan Geologi dan Geofisika

Rekomendasi jatuh pada Jurusan Geologi dan Geofisika. Prospek bagus dan tidak sekadar mendapat kerjaan. Mengapa? jurusan ini bukan jurusan yang bisa dipelajari dengan pengalaman. Jadi, kalian tidak ada saingan lagi.

Insinyur teknik Kimia bisa juga menjadi insinyur kontrol yang biasanya ditempati teknik Fisika dan elektro. Hal yang sama juga bisa terjadi sebaliknya. Lain hal pada progammer, posisi ini lebih luas cakupannya.

Design engineering juga bukan hanya bisa dikuasai teknik sipil. Rotary engineering juga bukan hanya bisa didapatkan anak teknik mesin. Jadi, hampir semua bidang di atas bisa ditukar-tukar profesinya.

Nah, kecuali Geologi. Hanya orang Geologi dan Geofisika yang ngerti. Makanya, jika ada seorang geologis mengundurkan diri dari perusahaan, justru perusahaan itu akan bingung karena sulit cari pengganti. Begitulah gambaran dasarnya.

Para Geologis di Indonesia saat kini sedang diburu untuk mengisi kekosongan di Timur Tengah. Sejak isu teroris muncul, banyak Geologis dari Barat banyak yang tidak lagi bekerja di Timur Tengah. Jadi, Timur Tengah kekurangan Drilling engineer. Nah, didukung juga oleh track record Geologis Indonesia cukup hebat, mereka mengalihkan pandangan ke indonesia.

Lapangan Pekerjaan Untuk Jurusan Fisika

Jika kalian mengambil Fisika Medis tentu saja akan berkaitan dengan pekerjaan di bidang kesehatan nantinya. Kalian dapat bekerja di dalam rumah sakit, seperti pada laboratorium modern, lembaga penelitian, lembaga kesehatan, dan lainnya.

Biasanya kalian yang mengambil ilmu ini akan bisa dan terbiasa menjadi ahli dalam menggunakan alat-alat yang berbau dengan Fisika contohnya saja X-Ray , bahan-bahan radioaktif, alat-alat yang berkaitan dengan sinar, gelombang dan juga getaran.

Selain rumah sakit, kalian juga berpeluang lebar kerja di perusahaan kesehatan. Misalnya, pada perusahaan-perusahaan farmasi seperti kimia farma, sidomuncul, dan lain sebagainya. Biasanya, kalian akan ditempatkan pada laboratorium perusahaan tersebut untuk menguji kualitas suatu bahan.

Fisika Material sangat banyak diminati di luar negeri lho! Karena ilmu Fisika material tidak akan pernah selesai! Bahan-bahan yang melimpah di bumi menjadi sumber penilitian dari bidang ini. Banyaknya material baru akan terus dikembangkan dan diteliti untuk dijadikan bahan dengan kualitas baik.

Jika kalian menekuni ilmu ini, maka kalian dapat berkerja di perusahaan yang menggunakan bahan baku material seperti perusaan tekstil, perusahaan pertambangan (besi, baja, nikel, perak, tembaga, emas, dan banyak lainnya), laboratorium besar, dan lembaga penelitian.

Banyak penelitian yang sedang hangat dikembangkan terkait dengan nanomaterial, superkapasitor dan superkonduktor.

Nah, kalau kalian mengambil studi ilmu Fisika Instrumentasi, kalian berpeluang bekerja di perusahaan-perusahaan multinasional yang memerlukan alat-alat instrumentasi sebagai mesin produksinya. Biasanya, lulusan bidang ini menguasai pemrograman, dan juga elektronika.

Informasi Mengenai Jurusan Ilmu Kedokteran Yang Wajib Kamu Ketahui!

Lulusan instrumentasi sangat diperlukan untuk memantau mesin-mesin instrumentasi. Selain di perusahaan, kalian juga bisa menjadi programer yang hebat. Kalian juga bisa bekerja di perusahaan software dan perusahaan-perusahaan komunikasi ternama.

Bagi Fisika Bumi, dapat dipastikan kalian bekerja sebagai Geolog. Kalian bisa berkerja di perusahaan perminyakan, pertambangan, dan perusahaan yang berkaitan dengan hasil tambang.

Bagi Fisika Teori anda bisa bekerja sebagai dosen, di bank, dan di perusahaan sebagai analis dan statistik. Jika kalian tekun, kalian akan menguasai ilmu Fisika Kuantum dan Fisika Listrik. Dalam dunia perbangkan diperlukan juga seseorang lulusan Fisika Teori untuk menghitung laju pertumbuhan bunga dan laju alur uang di masyarakat dengan persamaan schrodinger.

Nah! Sudah agak terbuka kan wawasan kamu tentang prospek kerja anak MIPA. Jadi, jangan ragu jangan khawatir. Pekerjaan luas akan menantimu! Semangat!

Quipper

Belum ada Komentar untuk "Banyaknya Lapangan Pekerjaan untuk Anak Jurusan MIPA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel