5 Kebiasaan Buruk SMA Harus Ditinggalkan Agar Sukses Kuliah

Ketika SMA, tentu kamu memiliki sejumlah kebiasaan buruk yang bisa berdampak negatif pada masa sekolahmu. Nah, ketika sudah menjadi mahasiswa, maka dituntut untuk bisa berubah dan bahkan meninggalkan kebiasaan buruk yang sering dilakukan pada waktu masih SMA.  Berikut ini adalah 5 kebiasaan buruk anak SMA yang wajib kamu tinggalkan saat menjadi mahasiswa!
(Kisi-kisi UTBK SBMPTN 2020 disini)

1. Suka bolos
Saat SMA, ketika kamu mulai bosan dengan pelajaran kamu mungkin bisa langsung mengambil keputusan untuk bolos saja. Nah, ketika kamu sudah menduduki bangku kuliah, sebenarnya saat kamu malas untuk masuk belajar, kamu bisa dengan mudahnya untuk bolos, tapi ini bukan solusi yang baik.  Kamu sepatutnya harus lebih dewasa menghadapi masalah, termasuk ketika kamu merasakan kemalasan dalam belajar. Cobalah untuk lebih bijak. Ingat, kamu sekarang sudah mahasiswa bukan lagi siswa.
(Dampak Buruk Titip Absen Bagi Mahasiswa disini)

2. Selalu berharap pada teman
Kebiasaan buruk selalu berharap pada teman ketika ada tugas atau ulangan harus kamu tinggalkan ketika sudah menjadi mahasiswa. Kamu sebaiknya belajar lebih mandiri lagi.  Setiap ada tugas, usahakan kamu bisa mengerjakannya sendiri, jangan selalu berharap pada orang lain apalagi menyontek tugas orang lain.  Sekali lagi, kamu sudah dewasa, cobalah selesaikan tugasmu sendiri. Kalau kamu masih terus mengharapkan orang lain berarti sama saja kamu tidak ada bedanya dengan anak-anak sekolah lainnya.
(7 istilah yang Wajib kamu ketahui saat pertama kuliah disini)

3. Meremehkan pelajaran
Mahasiswa adalah harapan bangsa. Maju atau tidaknya suatu bangsa tergantung dari bagaimana keadaan para pemudanya. Bayangkan saja, ketika seorang mahasiswa selalu meremehkan pelajaran dan belajar ketika saat mood saja. Lantas, bagaimana masa depan bangsa nanti?
Coba renungkan betapa buruknya apabila kelak bangsa inii dipimpin oleh seorang yang malas belajar.
(Tanda kamu Berhaasil Memilih Jurusan yang Tepat disini)

4. Selalu galau dalam masalah percintaan
Anak SMA yang umumnya berusia 15 hingga 17 tahun memang masih cenderung labil. Pada usia tersebut seorang anak sudah mengalami masa pubertas. Masa ini salah satunya ditandai dengan rasa suka pada lawan jenis. Namun, karena anak SMA masih labil, maka ketika mengalami masalah dalam hubungan percintaannya mereka tak jarang mengalami kegalauan. Khusus untuk mahasiswa, sikap galau ini seharusnya sudah bisa diminimalisir. Ketika ada masalah jangan terlalu galau bahkan sampai stres. Mahasiswa harus lebih kuat dan siap menghadapi apapun masalah yang akan datang menghampirinya.

5. Boros
Meskipun sebagian mahasiswa sudah memiliki pekerjaan sampingan dan sudah memiliki penghasilan sendiri, namun tak jarang masih ada mahasiswa yang hanya bergantung pada orang tua. Pada saat inilah, sebagai mahasiswa harus lebih pintar mengatur keuangannya.  Jangan semua yang diinginkan itu harus dimiliki. Mahasiswa harus pintar memilah milih dan memprioritaskan sesuatu yang harus dimiliki dan yang tidak perlu.
(Kita hidup Sehat Untuk Mahasiswa Dengan Biaya Hemat disini)

Menjadi mahasiswa adalah gerbang menuju kedewasaan. Oleh karena itu kamu harus lebih bisa mengontrol diri saat menjadi mahasiswa agar hidupmu nantinya bisa berkualitas.

IDN Times

Belum ada Komentar untuk "5 Kebiasaan Buruk SMA Harus Ditinggalkan Agar Sukses Kuliah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel