Sebab-Sebab Perang Dunia II



Ada banyak peristiwa di seluruh dunia yang menjadi awal dari Perang Dunia II. Beberapa pendapat menyebutkan bahwa Perang Dunia II adalah akibat langsung dari gejolak yang ditinggalkan oleh Perang Dunia I. Di bawah ini adalah beberapa penyebab utama Perang Dunia II
PERJANJIAN VERSAILLES
The Treaty of Versailles mengakhiri Perang Dunia I antara Jerman dan Sekutu. Karena Jerman kalah perang, perjanjian itu sangat keras terhadap Jerman atau dalam kata lain, pihak Jerman yang paling dirugikan dalam perjanjian ini. Jerman dipaksa untuk "menerima tanggung jawab" atas kerusakan perang yang diderita oleh Sekutu. Perjanjian itu mengharuskan Jerman membayar sejumlah besar uang ganti rugi pada pihak sekutu  akibat perang.  Akibat dari Perjanjian tersebut, ekonomi Jerman mengalami krisis yang parah, orang-orang kelaparan, serta  ketidakstabilan politik.
EKSPANSI JEPANG
Pada periode sebelum Perang Dunia II, Jepang berkembang pesat. Namun, sebagai negara kepulauan mereka tidak memiliki tanah atau sumber daya alam untuk mempertahankan pertumbuhan mereka. Jepang mulai mencari untuk mengembangkan kerajaan mereka dan mendapatkan sumber daya baru. Mereka menginvasi Manchuria pada 1931 dan China pada 1937.
FASISME
Dengan gejolak ekonomi yang diakibatkan oleh Perang Dunia 1, beberapa negara diambil alih oleh para diktator dan membentuk pemerintahan fasis yang kuat. Pemerintahan fasis pertama adalah Spanyol yang dikuasai oleh diktator Franco. Kemudian Mussolini menguasai Italia. Para diktator ini ingin memperluas kerajaan mereka dan mulai mencari tanah baru untuk ditaklukkan. Italia menyerang dan mengambil alih Ethiopia pada tahun 1935. Kemudian Adolf Hitler meniru Mussolini dalam mengambil alih Jerman.
HITLER DAN PARTAI NAZI
Di Jerman, Adolf Hitler dan Partai Nazi naik ke tampuk kekuasaan. Jerman sangat membutuhkan seseorang untuk mengubah ekonomi mereka dan mengembalikan kebanggaan nasional mereka. Hitler menawarkan mereka harapan. Pada tahun 1934, Hitler memproklamirkan "Fuhrer" (pemimpin) dan menjadi diktator Jerman. Hitler membenci larangan-larangan yang diterima Jerman melalui Perjanjian Versailles. Ketika berbicara tentang perdamaian, Hitler mulai mempersenjatai kembali Jerman. Dia bersekutu dengan Mussolini, pemimpin fasis Italia. Kemudian Hitler berusaha mengembalikan kehebatan Jerman dengan memperluas kekuasaannya. Dia pertama kali mengambil alih Austria pada tahun 1938. Ketika Liga Bangsa-Bangsa tidak melakukan apa pun untuk menghentikannya, Hitler menjadi lebih berani dan mengambil alih Cekoslowakia pada tahun 1939.
KOMPROMI DEMI PERDAMAIAN DUNIA
Setelah Perang Dunia I, bangsa-bangsa Eropa letih dan tidak ingin perang lagi. Ketika negara-negara seperti Italia dan Jerman menjadi agresif dan mulai mengambil alih negara tetangga mereka dan membangun pasukan mereka, negara-negara seperti Inggris dan Prancis berharap untuk menjaga perdamaian melalui suatu "kompromi". Hal ini berarti bahwa mereka mencoba membuat Jerman dan Hitler senang daripada mencoba menghentikannya. Mereka berharap bahwa dengan memenuhi tuntutannya dia akan puas dan tidak akan ada perang. Sayangnya, kebijakan tersebut menjadi bumerang. Itu hanya membuat Hitler lebih berani. Itu juga memberinya waktu untuk membangun pasukannya.
DEPRESI BESAR
Masa sebelum Perang Dunia II adalah masa penderitaan ekonomi di seluruh dunia yang disebut Depresi Besar. Banyak orang tidak bekerja dan berjuang untuk bertahan hidup. Hal ini menciptakan pemerintahan yang tidak stabil dan gejolak di seluruh dunia yang kemudian berujung pada Perang Dunia II.
FAKTA MENARIK TENTANG PENYEBAB PERANG DUNIA II
• Karena Depresi Besar, banyak negara mengalami gerakan fasis dan komunis yang kuat termasuk Prancis dan Inggris Raya pada masa sebelum perang.
• Sebelum Perang Dunia II, Amerika Serikat berusaha untuk tetap keluar dari masalah dunia dengan kebijakan isolasionisme. Mereka bukan anggota Liga Bangsa-Bangsa.
• Sebagai bagian dari kebijakan kompromi mereka, Inggris dan Prancis setuju membiarkan Hitler untuk memiliki Cekoslowakia dalam Perjanjian Munich. Cekoslovakia tidak setuju dalam kesepakatan itu. Warga Cekoslovakia menyebut perjanjian itu sebagai "Pengkhianatan Munich."
• Jepang telah mengambil alih Korea, Manchuria, dan bagian penting China sebelum Perang Dunia II dimulai.

Belum ada Komentar untuk "Sebab-Sebab Perang Dunia II"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel