Selasa, 09 Oktober 2018

Pertempuran Iwojima

Pertempuran Iwojima terjadi selama Perang Dunia II antara Amerika Serikat dan Jepang . Ini adalah pertempuran besar pertama Perang Dunia II yang berlangsung di tanah air Jepang. Pulau Iwo Jima adalah lokasi yang strategis karena AS membutuhkan tempat itu bagi pesawat tempur untuk mendarat dan lepas landas ketika menyerang Jepang.
sumber: britannica.com
(Marinir AS menancapkan bendera Amerika di atas Gunung Suribachi, Iwo Jima)

Di mana Iwojima?

Iwojima adalah sebuah pulau kecil yang terletak 750 mil di selatan Tokyo, Jepang. Pulau ini hanya berukuran 8 mil persegi. Sebagian besar adalah dataran dan terdapat  sebuah gunung, yang disebut Gunung Suribachi. Gunung itu terletak di ujung selatan pulau.

Kronologis Pertempuran

Pertempuran Iwo Jima terjadi menjelang akhir Perang Dunia II. Marinir AS pertama kali mendarat di pulau itu pada 19 Februari 1945. Para jenderal yang merencanakan serangan itu berpikir bahwa akan memakan waktu sekitar seminggu untuk mengambil pulau itu, ternyata Mereka salah. Jepang memiliki banyak kejutan bagi tentara AS Butuh waktu lebih dari sebulan (36 hari) bagi AS untuk memenangkan pulau itu melalui sebuah pertempuran yang sengit.
Pada hari pertama pertempuran, 30.000 marinir AS mendarat di pantai Iwojima. Prajurit pertama yang mendarat tidak diserang oleh Jepang. Mereka berpikir bahwa pemboman dari pesawat dan kapal perang AS mungkin telah membunuh Jepang, Lagi-lagi mereka salah. Ternyata orang Jepang telah menggali segala macam terowongan dan dan menjadikan seluruh pulau sebagai tempat persembunyian. Mereka menunggu dengan tenang agar lebih banyak marinir naik ke pantai. Begitu sejumlah marinir berada di pantai, mereka menyerang. Atas peristiwa itu, banyak tentara AS yang terbunuh.
sumber: britannica.com
 (kapal Angkatan Laut AS mendaratkan persediaan di Marinehead di Iwo Jima, Februari 1945).

Pertempuran berlangsung selama berhari-hari. Orang Jepang akan berpindah dari satu area ke area lain di terowongan rahasia mereka. Terkadang tentara AS akan membunuh tentara Jepang dalam bunker. Mereka terus berpikir bahwa itu aman. Namun, lebih banyak orang Jepang yang menyelinap ke bungker melalui terowongan dan kemudian menyerang dari belakang.  Setelah 36 hari pertempuran brutal, AS akhirnya berhasil mengamankan pulau Iwo Jima. Mereka menempatkan bendera di atas Gunung Suribachi. Ketika mereka mengangkat bendera, sebuah foto diambil oleh fotografer Joe Rosenthal. Gambar ini menjadi terkenal di Amerika Serikat. Belakangan sebuah patung dibuat dari gambar itu. Ini menjadi Memorial Korps Marinir AS yang terletak di luar Washington, DC.
sumber: britannica.com
(Marinir AS di Gunung Suribachi selama Pertempuran Iwo Jima 1945)

Fakta Menarik

- Gambar terkenal dari Bendera AS yang dibesarkan di Iwo Jima sebenarnya bukan bendera pertama yang diangkat oleh AS. Tiang bendera lain yang lebih kecil telah diletakkan di sana lebih awal.
- Meskipun jumlah tentara AS yang mengalami luka-luka  lebih banyak daripada tentara Jepang, Kematian terbanyak ada pada tentara Jepang. Ini karena Jepang telah memutuskan untuk bertempur sampai mati. Dari 18.000 tentara Jepang hanya 216 yang dipenjarakan. Sisanya tewas dalam pertempuran.
- Sekitar 6.800 tentara Amerika tewas dalam pertempuran.
- Pemerintah AS menghadiahkan 27 tentara dengan Medal of Honor untuk keberanian mereka selama pertempuran.
- Ada enam pria dalam gambar terkenal yang menunjukkan bendera AS dibesarkan. Tiga tewas kemudian dalam pertempuran. Tiga lainnya menjadi selebriti terkenal di AS.
- Jepang menggali 11 mil terowongan di pulau Iwo Jima.
sumber: britannica.com
(Memorial Perang Korps Marinir di Virginia, AS)

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon