DÉTENTE

Détente (sebuah kata Perancis yang berarti terbebas dari ketegangan) adalah nama yang diberikan untuk periode peningkatan hubungan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet yang dimulai secara tentatif pada tahun 1971 dan mengambil momentum yang menentukan ketika Presiden Richard M. Nixon mengunjungi sekretaris jenderal dari Partai Komunis Soviet, Leonid I. Brezhnev, di Moskow, Mei 1972.
source: pinterest
Kedua negara berdiri untuk mendapatkan hal penting,  jika perdagangan dapat ditingkatkan diantara mereka dan bahaya perang nuklir berkurang. Selain itu, Nixon - kandidat untuk dipilih kembali - berada di bawah situasi politik lokal AS yang menuntut perubahan sosial, persamaan ras, dan mengakhiri Perang Vietnam . Perjalanan ke Rusia, seperti perjalanan bersejarahnya ke Tiongkok beberapa bulan sebelumnya, memungkinkan dia untuk menjaga perhatian publik terfokus pada pencapaian kebijakan luar negerinya daripada masalah domestiknya.

Pada 22 Mei Nixon menjadi presiden AS pertama yang mengunjungi Moskow. Dia dan Brezhnev menandatangani tujuh perjanjian yang meliputi pencegahan bentrokan militer yang tidak disengaja; kontrol senjata, seperti yang direkomendasikan oleh Strategic Arms Limitation Talks ( salt ) baru-baru ini; penelitian bersama dalam berbagai bidang, termasuk eksplorasi ruang angkasa; dan perdagangan diperluas. perjanjian  SALT telah disetujui oleh Kongres pada musim panas itu, seperti perjanjian tiga tahun atas penjualan biji-bijian untuk Soviet. Pada bulan Juni 1973, Brezhnev mengunjungi Amerika Serikat untuk KTT II; pertemuan ini menambahkan beberapa perjanjian baru, tetapi melambangkan komitmen berkelanjutan kedua negara terhadap perdamaian. KTT III, pada Juni 1974, adalah yang paling tidak produktif; pada saat itu, pembicaraan SALT telah terhenti, beberapa perjanjian komersial telah diblokir di Kongres karena perlakuan Soviet terhadap orang Yahudi, dan investigasi Watergate mendekati klimaks. Penerus Nixon dalam perundingan, Presiden Jimmy Carter , mendukung SALT II , tetapi juga menekan penumpukan militer dan kampanye hak asasi manusia, yang mendinginkan hubungan antar negara. Dengan terpilihnya Ronald Reagan , yang menekankan kesiapan militer(agresif) sebagai kunci hubungan Soviet-Amerika, détente sebagaimana Nixon yang telah bayangkan akan berakhir

sumber: history.com

Belum ada Komentar untuk "DÉTENTE"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel