Langkah-Langkah Mencegah Kejenuhan

Cara yang paling efektif untuk mencegah kejenuhan kerja adalah berhenti mengerjakan apa yang kita kerjakan dan melakukan hal yang lain, entah itu berarti mengubah deskripsi kerja di tempat kerja atau bahkan mengubah karir. Bagi kebanyakan dari kita, ini adalah langkah yang ekstrem dan bukan opsi yang dapat atau akan kita pilih. Akan lebih baik jika kita mengetahui saat kadar stres dan beban kita yang berlebihan bergerak menuju kejenuhan sehingga kita dapat mengambil beberapa tindakan pencegahan.

Langkah-langkah pencegahan kejenuhan ini antara lain:
1. Memperjelas apa saja yang harus Anda kerjakan dalam pekerjaan anda
Perbarui deskripsi tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan Anda. Pada saat diskusi sebelum memperbarui deskripsi tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan. Anda mungkin bisa mengutarakan bahwa beberapa hal yang harus Anda kerjakan tidak tercantum dalam deskripsi pekerjaan Anda, meraih daya ungkit kecil dengan membuktikan bahwa Anda telah bekerja melebihi dan melampaui kriteria pekerjaan Anda.

2. Meminta perubahan
Jika Anda sedang mengalami kejenuhan pekerjaan, dan tempat kerja Anda cukup luas, Anda mungkin dapat pindah ke lokasi, kantor, atau departemen yang berbeda. Sekedar pergantian suasana dapat membantu Anda mendapatkan sudut pandang yang baru.

3. Meminta tanggung jawab yang berbeda
Jika Anda sudah mengerjakan pekerjaan yang sama persis dalam jangka waktu lama, Anda dapat menyalahkan diri sendiri, jika kejenuhan Anda tidak berkaitan dengan pekerjaan, atau meminta pada orang-orang yang memegang peranan penting ditempat kerja Anda dizinkan mencoba sesuatu yang baru.

4. Ambil Cuti
Pergilah berlibur, manfaatkan cuti sakit Anda, dan minta cuti sementara. Lakukan sesuatu untuk menyingkir dari rutinitas. Sediakan 'waktu untuk diri saya sendiri' di luar pekerjaan. Sementara menjadi karyawan yang berdedikasi patut dikagumi, menjadi hamba bagi bisnis Anda akan menggerogoti diri Anda seiring berjalannya waktu. Ketika pekerjaan adalah hidup Anda dan hidup Anda adalah pekerjaan, maka kejenuhan menjadi hal tidak bisa dihindari. Ketahuilah kapan Anda harus meninggalkan pekerjaan. Jadwalkan waktu secara teratur untuk menjauh dari pekerjaan setiap minggu, sebaiknya pilih hal yang berkaitan dengan minat pribadi atau hobi yang dapat menjernihkan pikiran Anda. Memancing, merajut, berolahraga di pusat kebugaran, membaca, melukis, atau melakukan pekerjaan di halaman berumput hanyalah beberapa cara yang orang-orang lakukan untuk memusatkan perhatian pada minat mereka sendiri di luar pekerjaan. Kita bisa memanfaatkan hari libur untuk mengisi ulang 'baterai' kita dan membenahi sudut pandang kita

5. Melepaskan diri sejenak dari pekerjaan secara berkala
Kesehatan mental menjadi semakin penting di tempat kerja dan semakin banyak pula pengusaha yang menyadari kebutuhan karyawan untuk melepaskan diri sejenak dari pekerjaan agar pikiran mereka tetap tajam. Jika Anda seorang pengusaha, dengan mengizinkan karyawan Anda beristirahat lima belas menit di pagi hari, istirahat makan siang sekitar 30 sampai 60 menit (dianjurkan agar istirahat makan siang dilakukan di luar kantor) dan tambahan waktu istirahat lima belas menit sebelum jam kerja berakhir, Anda akan mendapati bahwa 'baterai' Anda atau pun 'baterai' karyawan Anda tetap adlam keadaan terisi penuh.

6. Seimbangkan kehidupan dan pekerjaan
Pekerjaan tidak bisa menjadi fokus yang mencakup segala hal dalam kehidupan kita, terutama jika Anda berharap dapat memelihara kehidupan rumah tangga yang bahagia. Entah Anda hidup secara mandiri, bersama orang tertentu, atau bersama keluarga--anak-anak dan lainnya--Anda perlu mengatur waktu Anda antara pekerjaan dan rumah secara efektif. Ketika sudah saatnya pulang, pulanglah. Pulanglah pada keluarga Anda. Pergilah ke bioskop bersama pasangan atau teman-teman Anda. Beri waktu dan perhatian pada kehidupan pribadi Anda seperti Anda memberi waktu dan perhatian pada pekerjaan Anda. Jika tidak, Anda akan mulai menjumpai masalah dan frustasi berkembang di rumah hingga mempengaruhi pekerjaan Anda dan membuat Anda merasa jenuh.

7. Menjaga pola hidup sehat
Pola makan yang tepat, olahraga, tidur yang cukup dan memilih air putih daripada minuman kaleng bersoda yang sarat zat kimia dapat mempengaruhi perilaku Anda secara drastis, bahkan di tempat kerja. Perlu Anda lakukan hanyalah menyisihkan tiga puluh atau empat puluh menit setiap tiga haru seminggu untuk berolahraga, dan melakukan upaya yang lebih besar untuk mengatur pola makan. Melakukan hal tersebut akan bermanfaat bagi Anda secara langsung dalam banyak hal, dan gaya hidup yang positif akan mengarah pada pengalaman kerja yang lebih positif.

Sumber: Life is short make it great

Belum ada Komentar untuk "Langkah-Langkah Mencegah Kejenuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel