Jumat, 21 September 2018

Lady Diana: Ikon Fashion Dunia, Kisah Cinta, dan Kematiannya

 Awal Kehidupan Putri Diana

Diana Frances Spencer (1961-1997) lahir di Park House, Sandringham meruapakan putri ketiga dari Johnny, putra sulung dari keturunan ketujuh keluarga Spencer dan salah satu  anggota keluarga aristokrat paling penting di Inggris. Pada tahun 1969 ketika orang tua Diana bercerai, ayahnya mendapatkan hak asuh anak-anaknya. pada tahun 1975 ketika Diana berusia empat belas tahun, raja ketujuh meninggal, dan keluarganya pindah ke rumah leluhur mereka di Althorp, Northampton. Ketika dia berumur tujuh belas tahun, ayahnya membelikannya sebuah apartemen di Kensington, London, di mana Diana menemukan pekerjaan sebagai guru sampai pertunangannya dengan Pangeran Charles diumumkan.
www.biography.com

Menikah dengan Pangeran Charles

Pasangan ini menikah pada 29 Juli 1981, di Katedral St. Paul. Gaun pengantin Diana, yang dirancang oleh Elizabeth dan David Emanuel, adalah dongeng fantasi yang menampilkan karya seni tradisional Inggris. Gaun tersebut merupakan tenunan taffeta sutra oleh Stephen Walters dari Suffolk. dan rendanya  dibuat oleh  Carrickmacross renda yang dimiliki oleh Queen Mary dan dari Perusahaan Nottingham, Roger Watson. Gaun itu menjadi salah satu pakaian paling terkenal di dunia. Kereta kuda setinggi dua puluh lima kaki semakin menambah kesan istimewa pada peristiwa itu. Suatu peristiwa yang siarkan secara langsung di seluruh saluran televisi di dunia dan disaksikan oleh lebih dari satu milyar pasang mata. Sungguh, suatu peristiwa yang patut dicatat dalam sejarah.
www.express.co.uk

Putri Diana sebagai Ikon Fashion Internasional

Sejak saat itu sang putri menjadi tokoh internasional, difoto dan didokumentasikan kemanapun dia pergi. Ia menjadi ikon fashion global. Diana menyukai Fashion; Fashion adalah hasrat pribadi tetapi juga kebutuhan kehidupan publik barunya.  Kini salah satu syarat kehidupan barunya sebagai anggota kerajaan adalah memperbaiki penampilan, hidup di dunia kerajaan membutuhkan gaun pesta, topi, sepatu, dan tas yang cocok, suatu barang yang masih asing bagi fashion wanita muda awal 1980-an. Tidak mengherankan bahwa pada tahun-tahun awal pernikahannya ia diarahkan oleh perancang busana Inggris, termasuk Murray Arbeid, Belville Sassoon, dan Gini FratiniDiana, melabel citranya sebagai wanita muda yang modern di ranah publk. Kemudian desainer Inggris lainnya, CatherineWalker juga turut serta membantunya mengembangkan tampilan fashionnya yang elegan dan disesuaikan dengan ciri khas gayanya. Pada 1997, fotografer fashion terkenal, Mario Testino, membidik serangkaian gambar Putri Diana yang mengenakan Gianni Versace untuk majalah Vanity Fair . Foto-foto ini merupakan representasi dari wanita yang menjadi ikon fesyen dunia pada abad ke-20. Pada awal abad kedua puluh satu, minat media terhadap imagenya tetap tidak berkurang.
sumber: mydiamondblog.com

Kehidupan Keluarga dan Perceraian
Pada 21 Juni 1982, Diana melahirkan anak pertamanya dengan Pangeran Charles, Pangeran William Arthur Philip Louis . Dua tahun berikutnya, lahir seorang saudara laki-laki William bernama Pangeran Henry Charles Albert David, yang dikenal sebagai " Pangeran Harry “.
Sayangnya, pernikahan dongeng Putri Diana dan Pangeran Charles tidak mengarah pada pernikahan yang bahagia setelah menikah. Keduanya menjadi terasing selama bertahun-tahun, dan ada laporan perselingkuhan dari kedua belah pihak. Keretakan rumah tangga mereka membuat Diana berjuang dengan depresi dan bulimia. Perpisahan pasangan ini diumumkan pada bulan Desember 1992 oleh Perdana Menteri Inggris John Major, yang membaca pernyataan dari keluarga kerajaan kepada House of Commons. Perceraian itu diselesaikan pada tahun 1996
Kematian Putri Diana
Setelah perceraian, Diana tetap memiliki tingkat popularitas yang tinggi. Dia mengabdikan diri untuk mengurus putra-putranya dan melakukan kegiatan amal seperti meningkatkan kesadaran tentang bahaya ranjau darat yang tersisa di Angola yang dilanda perang. Namun pada tahun 1997,  Ia berkencan dengan produser film Mesir Dodi Al-Fayed . Saat mengunjungi Paris, pasangan itu terlibat dalam tabrakan mobil setelah mencoba melarikan diri dari paparazzi pada pagi hari tanggal 31 Agustus 1997. Fayed dan sopir dinyatakan meninggal di tempat kejadian; Diana awalnya selamat dari kecelakaan, tetapi meninggal di rumah sakit Paris beberapa jam kemudian.

Berita kematian mendadak yang tidak masuk akal mengejutkan dunia. Pada pagi hari tanggal 6 September, prosesi pemakaman Diana dimulai dari Istana Kensington, peti matinya bertumpu pada gerbong senjata yang ditarik oleh enam kuda hitam. Ribuan pelayat memenuhi jalan untuk menghadiri pemakaman. Diperkirakan 2,5 juta orang menonton televisi untuk menyaksikan upacara di Westminster Abbey, yang juga  menampilkan pidato dari saudara Diana, Earl Charles Spencer, dan penampilan dari Elton John .

Sumber: 
https://www.vanityfair.com/style/2017/02/princess-diana-fashion-icon
https://www.biography.com/people/princess-diana-9273782

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon