Selasa, 04 September 2018

Kiat Hidup Sehat Untuk Mahasiswa Dengan Biaya Hemat

Tags

Kehidupan menjadi seorang mahasiswa dipenuhi dengan rutinitas yang padat. Dari jadwal berkuliah, organisasi, tugas akhir, praktek, dll, semuanya merupakan sarapan sehari-hari seorang mahasiswa. Aktivitas yang padat tersebut menuntut tubuh yang kuat dan sehat agar dapat menjalaninya dengan lancar. Oleh sebab itu seorang mahasiswa harus mempunyai kesehatan yang prima serta mempunyai daya tahan tubuh yang kuat. Kehidupan sehat sendiri identik dengan sesuatu yang mahal, dan mahal sendiri mahasiswa sendiri cendrung menghindarinya karena mahasiswa biasanya dituntut untuk hidup lebih hemat dan irit. Padahal untuk bisa menjadi mahasiswa sehat tidak diperlukan biaya yang mahal, hanya dibutuhkan niat dan manajemen waktu yang baik. Tips kesehatan untuk mahasiswa ini didapatkan dengan biaya yang hemat. Berikut adalah listnya:
1. Sarapan
Sesuatu yang penting yang harus dibangun oleh para mahasiswa adalah kebiasaan sarapan. Sarapan bisa dibilang merupakan bahan baku utama untuk melakukan kegiatan di kampus. Jangan sampai melewatkan sarapan pagi. Hindari sarapan berat seperti nasi uduk atau makana yang berlemak yang mana bisa membuat kamu mengantuk . Menu hemat untuk sarapan mahasiswa salah satunya adalah roti yang biasanya ditaburi oleh selai. Selain itu konsumsilah buah-buahan yang bisa didapatkan di pasar dengan harga relatif murah tidak mesti buah impor yang relatif mahal, buah lokal pun cukup. Buah sangat baik untuk kebutuhan vitamin bagi mahasiswa. Biasakanlah sarapan secukupnya karena sesuatu yang berlebih-lebihan itu tidak baik
2. Hindari Jajan Sembarangan
Menghindari kebiasaan jajan semberangan baik bagi dua aspek kesehatan. Pertama mahasiswa akan terjaga kesehatannya karena jajan sembarangan biasanya mutu makanan tidak diketahui tingkat kebersihannya dan kandungan manfaatnya bagi tubuh. Kedua kantong juga menjadi sehat karena uang bisa tersimpan rapi di dompet atau di ATM. Uang yang tersimpan tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat atau sebagai uang simpanan dadakan.
3. Hindari soda dan perbanyak minum air 
Seperti yang kita ketahui soda tidak baik untuk tubuh selain itu sendiri soda harganya relatif mahal dibandingkan air biasa. Padahal air lebih banyak mengandung manfaat bagi tubuh dibandingkan soda itu sendiri. Konsumsi air sebanyak dua liter sehari itu membuat badan tetap fit dan mampu beraktivitas seperti biasanya. Untuk menghemat secara jangka panjang bisa membeli air galon dan tupperware. Bawalah tupperware yang sudah disi dengan air galon ke kampus jadi tidak perlu air botolan lagi dikampus dan tentunya saja ini bisa menghemat uang secara signifikan.
4. Hindari junk food dan Konsumsi sayuran 
Untuk makan siang dan makan malam biasakan makan sayur-sayuran yang harganya relatif jauh lebih murah daripada junk food. Ingatlah junk food dapat menguras kantong, selain itu junk food makanan yang tidak sehat dengan rendah gizi. Dengan membiasakan makan sayur maka mencegah berbagai penyakit dalam tubuh. Jangan lupakan juga konsumsi daging  sebagai asupan protein terbaik bagi tubuh. Tidak perlu mengkonsumsi daging secara terus menerus karena itu tidak baik bagi tubuh dan kantong.
5. Olahraga
Tidak perlu ke gym untuk berolahraga karena itu hanya menghabiskan uang. Ingatlah sehat tidak perlu mahal. Waktu pagi hari adalah salah waktu yang baik untuk berolahrga. Jika kelas pagi di kampus tidak ada biasakanlah berolahraga pagi dengan jogging kurang lebih 30 menit. Ini olahraga yang murah meriah bagi mahasiswa. Lebih baik lagi jika kampus memiliki area hijau yang amat cocok untuk menghirup udara pagi yang segar. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari olaharga murah meriah ini.
6. Manajemen waktu untuk menghindari stres
Salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh mahasiswa adalah manajemen waktu. manajemen waktu yang baik membuat semua aktivitas menjadi lebih tertata rapi dan meminimalisir hal-hal yang bersifat dadakan yang membuat seorang mahasiswa menjadi seorang deadliner. Mengerjakan serba dadakan dan tidak teratur membuat tingkat stres lebih meningkat. Kondisi psikis yang stres amat berpangaruh terhadap kesehatan tubuh. Oleh sebab itu aturlah waktu sebaik mungkin agar tidak terlalu banyak stres dalam tubuh.
7. Tidur yang cukup
 Tidur yang cukup amat penting bagi kesehatan mahasiswa. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari tidur yang cukup. Tidak lupa juga jika tidur tidak cukup maka banyak penyakit yang siap merusak tubuh kedepannya, salah satunya adalah reksiko kanker hati. Untuk mendapatkan tidur yang cukup disinilah dibutuhkan kemampuan manajemen waktu yang baik. Hindarilah begadang yang tidak penting di malam hari seperti bermain video game, menontong drama, nongkrong, dll. Ingatlah kesehatan adalah hal utama dan harus selalu dijaga. 

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon