Senin, 17 September 2018

Cara Mendidik Anak Agar Gemar Membaca

Membaca adalah keterampilan yang sangat penting bagi kebutuhan anak Anda untuk belajar dan mempelajari sesuatu. Sejak awal masa sekolah sampai sekolah lanjutan atas dan perguruan tinggi, banyak anak menemukan kesulitan dalam membaca. Kesulitannya terletak pada membaca lancar dan membaca untuk memahami. Masalah membaca yang serius memerlukan bantuan dari ahli dalam bidang keterampilan membaca dan guru, tetapi Anda dapat mengambil beberapa langkah di rumah untuk membantu andak Anda membaca lebih cakap sejak dini. Latihan ini sangat baik diberikan anak Anda masih duduk di kelas 1 - 3 SD (Usia 7 -  9 tahun).

1. Carilah prestasi atau kemajuan kecil apapun yang diberikan anak dalam membaca
Pengakuan ini dapat membantu anak Anda belajar menikmati membaca. Sebaiknya jangan memicu perasaan negatif terhadap membaca untuk meningkatkan keterampilan membaca anak. Juga, jangan memusatkan perhatian pada kesalahan-kesalahan atau masalah-masalah yang ditimbulkan oleh anak. Pastinya Anda tidak ingin kalau anak Anda membenci membaca, bukan.

2. Cobalah Membaca Berpasangan
Latihan ini termasuk setiap hari membaca bersama anak Anda selama lima belas atau tiga puluh menit. Untuk memutuskan lingkaran kegagalan, tekanlah dan pujilah keberhasilan serta yakinlah bahwa Anda membantu anak Anda dengan cara yang menyenangkan, bukan suatu bentuk pekerjaan atau paksaan. Cobalah hal-hal berikut ini:

  • Duduklah berdampingan di kursi sofa atau tempat lain yang nyaman. Pilihlah tempat yang tenang, tetapi bukan tempat kebiasaan anak Anda belajar. Anda ingin agar anak Anda memandang membaca berpasangan sebagai kegiatan yang menyenangkan dan rekreasional, bukannya pekerjaan rumah.
  • Pada mulanya, pilihlah materi-materi bacaan yang menarik hati anak Anda, tetapi tingkatknya di bawah bacaan sekolahnya. Misalnya buku ensiklopedia bergambar. Materi-materi sederhana akan membantu meyakinkan diri anak bahwa membaca itu mudah sehingga dia akan merasa berhasil dan meningkatkan kelancaran membacanya. Semakin banyak Anda membaca bersamanya, dia akan semakin tertantang untuk membaca materi, secara bertahap tingkatkanlah taraf kesulitannya
3. Doronglah anak Anda untuk mempraktikan membaca setiap saat
Apakah anak suka membaca berpasangan atau tidak karena anak tetap harus berlatih agar gemar membaca. Untuk mendorongnya, Anda sebaiknya menekankan pentingnya membaca di dalam keluarga. Jika perlu, beri motivasi atau contoh orang-orang yang sukses karena suka membaca. 

Solusi Tambahan Untuk Anak Yang Sulit Membaca
Jika anak Anda benar-benar mengalami kesulitan dalam membaca, cobalah langkah-langkah berikut ini. 
  • Pertama, bacakanlah bacaan atau cerita untuknya dan bicarakanlah gambar-gambar, orang-orang, dan kejadian-kejadiannya.
  • Kemudian, baca ulang sambil menunjukan setiap kata sembari jari Anda bergerak mengikuti tulisan.
  • Ajaklah anak Anda menyimak dan memperhatikan kata-kata pada saat Anda sedang membaca
  • Ketiga, bacalah ulang cerita bersama-sama, kadan-kadang berhentilah sejenak agar dia meneruskan membaca sendiri sebuah kata atau menyelsaikan sebuah kalimat.
  • Pada saat kemampuan dan rasa percaya diri anak Anda meningkat, doronglah dia untuk lebih banyak membaca materi tersebut dan dikurangi peranan Anda dalam membacakan materi.
  • Pada saat anak Anda membacakan materi untuk Anda, ingatlah untuk memujinya pada sat dia membaca sebuah kaliman dengan benar, mengkoreksinya sendiri, dan mengucapkan sebuah kata setelah Anda membantunya.
  • Sebaiknya jangan membuat pernyataan negatif atau memusatkan perhatian pada kesalahan-kesalahannya. Jika dia belum benar dalam membaca sebuah kata, jelaskan belum benar dalam membaca sebuah kata, jelaskan maksudnya, misalnya arti sebuah kata atau beri contoh benda atau kata yang dimaksudkan.
  • Jika dia tetap belum dapat memahami kata tersebut dengan benar, bacalah sendiri kata tersebut, kemudian mintalah agar dia meneruskan membaca

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon