Minggu, 09 September 2018

4 Tanda Tuhan Sayang Kamu Meski Kamu Terus Diuji

Tidak ada kehidupan manusia berjalan mulus sesuai apa yang direncanakan. Sehebat apapun orang tersebut  tidak mungkin ia tidak pernah diuji. Apalagi ia sekarang merupakan orang besar. Tentunya ujian yang ditempuh selama hidupnya besar juga sehingga ia mampu menjadi orang besar. Bagi kita yang beragama tentunya kita sudah sepakat bahwasannya semua yang terjadi sesuai dengan kehendak Tuhan yang maha kuasa. Namun kadang difase sulit dalam hidup kita atau sedang benar-benar puncak ujian hidup kita sering mempertanyakan peran Tuhan dan cendrung menyalahkan Tuhan atas semua permasalahan yang terjadi. Seolah-olah Tuhan tidak peduli dengan kita. Buanglah pikiran tersebut sejauh mungkin, sebab empat alasan ini menunjukan bahwasannya Tuhan menyanyangi  dan memperdulinkan kita

1. Permasalahan yang datang membuat kita lebih kuat
Beratnya ujian hidup yang sedang kita alami merupakan cara Tuhan memberikan pelajaran bagi kita untuk menjadi manusia yang tangguh dan mampu melewati fase-fase sulit. Setiap masalah yang datang silih berganti membuat kita jauh lebih dewasa ketika kita berhasil melewati fase sulit tersebut. Ingatlah kita tidak akan pernah dewasa jika kita tidak pernah menemui masalah dan memecahkan masalah tersebut. Selain itu dibalik cobaan atau ujian yang mendera kita, Tuhan sedang meninggikan derajat kita. Analogi sederhananya begini. Jika kita ingin terus bersekolah kejenjang lebih tinggi maka ujian yang kita hadapi jauh semakin sulit. Ditengah kesulitan yang mendera cobalah untuk tetap berpikir positif dan bersyukur kepada Tuhan karena hal tersebut membuat kita jauh lebih tenang.

2. Dibalik cobaan ada hiburan sederhana yang Tuhan berikan
Ketika sedang mengalami kegagalan dan ada dititik terendah dalam hidup maka disitu akan ada pembelajaran hidup, apa yang biasa kita anggap sepele dan kurang begitu penting dalam hidup kita maka akan terlihat jauh lebih berharga. Contohnya kepedulian orang tua terhadap kita, sapaan teman-teman, keakraban dalam sebuah hubungan akan terlihat jauh lebih berharga ketika kita sedang mengalami fase terburuk dalam hidup kita. Hal ini terlihat sepele dan biasa saja namun hal ini justru yang membuat kita sadar meratapi kegagalan sesuatu yang sia-sia dan kita harus bangkit lagi.

3. Tuhan menyediakan jalan lain
Ketika kita sudah berusaha keras dan mengorbankan segalanya dan menemui kegagalan biasanya kita akan jatuh dan sulit untuk menemukan semangat hidup kembali. Namun pernahkah kita berpikir bahwasannya tidak ada usaha yang sia-sia sebenarnya. Tuhan bukan berarti menginginkan kita gagal dan putus asa, namun Tuhan punya cara lain, Tuhan mempunyai rencana yang indah bagi kita. Tuhan tidak akan tinggal diam dan membiarkan hambanya yang telah berusaha dalam kubangan keterpurukan. Tuhan mempunyai rencana indah bagi hamba tersebut. Ingatlah rencana Tuhan selalu indah pada waktunya.

4. Tuhan menyuruh beristirahat sejenak dan berserah diri.
Ketika kita tidak menemukan jalan lain atas permasalahan yang kita hadapi, maka disini Tuhan menyuruh kita beristirahat terlebih dahulu sambil memikirkan sejauh mana usaha yang kita telah upayakan selama ini. Kita diajak untuk merenungi kembali apakah ada yg salah dalam langkah kita selama ini. Selain itu kita harus berpikir apakah segala yang telah kita upayakan terhitung sudah ikhlas atau tidak? Disini Tuhan juga mengajak kita untuk berserah diri dan terus memanjatkan doa agar setiap usaha yang kita lakukan diridoinya.

Kita harus yakin bahwasannya Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Sesulit apapun Tuhan selalu bersama kita dan Tuhan selalu mempunyai rencana yang indah. 

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon