Jumat, 03 Agustus 2018

Ujian SAT Format Baru Tes Masuk PTN

Ujian SAT Format Baru Tes Masuk PTN
Ujian SAT (Scholastic Assessment Test) merupakan sebuah tes bagi anak yang baru lulus SMA atau pun tingkat menengah atas lainnya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Universitas. Ujian SAT ini identik dengan seleksi masuk universitas di Amerika Serikat. Ujian SAT sendiri di negaranya dibagi menjadi dua:
-Ujian SAT Reasoning: adalah tes yang mengujikan english reading, english writing + essay, dan matematika. Biasanya test ini ditunjukan untuk menguji kemampuan belajar dan berpikir kritis calon mahasiswanya.
-Ujian Subject Test:  adalah tes yang mengujikan pelajaran dalam bidang studi tertentu.

Ujian SAT berdasarkan subject test dikategorikan menjadi lima bidang:

-Inggris
-Sejarah
-Matematika
-Ilmu Pengetahuan
-Bahasa Asing
Format test SAT pun dibagi menjadi 3 jenis:
-Pilihan ganda 
-Menulis jawaban
-Esai

Pemerintah Indonesia saat ini mencanangkan sebuah gagasan seleksi masuk PTN berdasarkan metode SAT yang selama ini dipraktikan di universitas-universitas Amerika. Pemerintah beralasan bahwasannya ujian SAT sendiri akan membuat persaingan masuk PTN sendiri lebih fair dan adil(baca disini beritanya). Selama ini masuk PTN dari dulu berformat tes pilihan ganda yang mengujikan kemampuan dasar(MTK, TPA, B.ing, dan B.Indo), serta tes kemampuan berdasarkan rumpun ilmu(mata pelajaran saintek dan soshum).

Metode SAT sendiri bisa dikatakan sebuah tes yang bisa kita lakukan kapan saja tanpa menunggu seleksi serentak seperti tahun-tahun sebelumnya. bisa dibilang mirip seperti tes TOEFL.  Jika memang mengikuti format tes SAT ala Amerika maka secara otomatis akan mengujikan "menulis jawaban dan esai". Tentunya hal ini sesuatu yang baru bagi seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN dan menurut saya adil. Contohnya, dalam SAT essay akan terlihat kemampuan calon mahasiswa menganalisis dan menerangkan sebuah masalah yang didukung dengan bukti yang ada, dimana  dalam menjawab essai ini mahasiswa amat dipengaruhi akan tingkat intelektualitasnya dan wawasannya. Tidak sekedar hanya menjawab soal pilihan ganda yang sudah diujikan selama puluhan tahun dalam memasuki PTN, yang bisa saja ada kemungkinan mendapatkan keberuntungan. 

Seperti yang dilansir dari medcom . Menristekdikti sedang mengutus tim untuk studi banding memperlajari format SAT tersebut ke Amerika dan Eropa.  Kelihatannya dengan melakukannya studi banding tersebut pemerintah serius menerapkan format SAT untuk tes PTN selanjutnya. 

Tentunya jika benar format yang diujikan persis seperti di Amerika maka seorang mahasiswa baru harus belajar lebih keras dan lebih cerdas. Tidak usah banyak mengeluh dan teruslah belajar. Jika banyak mengeluh hidup tidak maju dan bangsa ini juga tidak maju. 

refrensi: hotcourse.co.id

Ebook persiapan masuk ptn soshum klik disini
Ebook persiapan masuk ptn saintek klik disini

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon