Sumber Daya Alam

1. JENIS SUMBER DAYA ALAM DAN PERSEBARANNNYA
Sumber daya alam adalah seua kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, baik benda mati maupun mahluk hidup. Misalnya, tanah, air, udara, hewan, dan tumbuhan. Sumber daya alam dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
a. Sumber daya alam yang dapat diperbarui
Sumber daya alam yang dapat diperharui adalah sumber daya alam yang dapat pulih kembali secara alami ataupun melalui budi daya manusia setelah dimanfaatkan. Sumber daya alam yang dapat diperharui contohnya sebagai berikut.
1) Hasil pertanian tanaman pangan, yaitu padi, jagung, dan kacang tanah. Pertanian terdapat di Pulau Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.
2) Hasil perkebunan, merupakan usaha pertanian lahan kering dengan menanam komoditas tertentu. Jenis perkebunan yang ada di Indonesia antara lain sebagai berikut.
a) Karet, yang terdapat di daerah Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawan Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan.
b) Kelapa sawit, yang dapat ditemui di Kalimantan, Sumatra, Jambi, dan Riau.
c) Tebu, yang terdapat di Lampung, Cirebon, Pekalongan, Pati, Madiun, Kediri, Malang, Besuki, dan Jember.
d) Tembakau, terdapat di Deli Serdang (Sumatra Utara), Surakarta, dan Klaten (Jawa Tengah).
e) Teh, terdapat di daerah dingin, seperti di Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.
f) Cengkih, terdapat di Bengkulu, Maluku, Jawa, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.
g) Kopi, dapat ditemui di Tapanulis (Sumatra Utara), Bengkulu, Lampung, Bali, dan Aceh.
h) Cokelat, terdapat di Pekalongan, Semarang, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Nusa Tenggara.
3) Hasil hutan, hasil hutan yang biasanya dimanfaatkan manusia antara lain kayu, rotan, dan damar. Kayu jati tersebar di seluruh Pulau Jawa karena jenis tanahnya cocok untuk pertumbuhan tanaman tersebut; meranti dan mahoni tersebar di seluruh Pulau Sumatra; kamper, kayu besi, dan ulin tersebar di Kalimantan; eboni tersebar di Sulawesi Selatan; kayu cendana tersebar di Nusa Tenggara; damar dan rotan banyak ditemui di Sumatra dan Kalimantan.

b. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui
Sumber daya ini merupakan sumber daya yant tidak dapat dimanfaatkan kembali dan sifatnya habis sekali pakai, antara lain sebagai berikut.
1) Minyak bumi, merupakan sumber daya alam yang sangat penting untuk bahan bakar dan energi penggerak mesin-mesin inudstri dan kendaraan bermotor. Minyak bumi tersebar di Sumatra Utara, Riau, Jambi, Palembang, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan, dan Papua.
2) Gas bumi, ditemukan pada saat eksplorasi minyak bumi berupa associated gas (elpiji), atau gas yang ditemukan bersamaan pada saat penyulungan maupun nonassociated gas yang dihasilkan dari cadangan gas dan tidak bercampur dengan minyak bumi. Gas bumi banyak ditemukan di daerah Arun (Aceh), Rantau Prapat (Sumatra Utara), Dumai (Sumatra Utara), Musi (Sumatra Selatan).
3) Batu bara, merupakan barang tambang yang dihasilkan dari proses pengendapan dan karbonasi selama jutaan tahun yang lalu. Potensi batu bara terbesar di Indonesia terdapat di Ombilin (Sumatra Barat), Pulau Kalimantan, dan Bukit Asam (Sumatra Selatan).
4) Besi, barang tambang ini banyak terdapat di Nias, Gunung Besi (Sumatra Barat), Sungai Batu serta Kolam (Jambi), dan Gunung Rantai (Lampung).
5) Timah, banyak terdapat di Pulau Bangka Belitung, serta Pulau Singkep dan Lingga (Kepulaun Riau).
6) Bauksit, dapat ditemui di Pulai Bintan, Angkut, Kojang, dan di kepulauan Riau.
7) Emas, banyak terdapat di Sumatra Utara, Rejang Lebong (Bengkulu), dan Cikotok (Jawa Barat).

c. Sumber daya alam akuatik, merupakan sumber daya alam yang dapat ditemui perairan.
Misalnya, perikanan, terumbu karang, dan tambak.

d. Sumber daya alam terestris/daratan, merupakan sumber daya alam yang dapat dijumpai di daratan. Misalnya perkebunan, pertanian, petambangan, dan peternakan.

2. PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM
Sumber daya alam yang sifatnya terbatas harus diolah secara arif, yakni dengan efektif dan efisien. Pengolahan sumber daya alam ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolahan lingkungan hidup dan Undang-Undang Nomor 33 yang menyatakan semua sumber daya alam dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Untuk itu, pengolahan dan pemanfaatan sumber daya alam harus berwawasan lingkungan dan berkelanjutan sehingga tidak merusak lingkungan yang sudah ada dan dapat dipergunakan lagi untuk generasi selanjutnya. Untuk mencapai hal-hal tersebut, pengolahan dan pemanfaatan sumber daya alam harus mengacu pada prinsip-prinsip sebagai berikut.
a) Prinsip berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, yakni proses pemanfaatan sumber daya yang menghasilkan manfaat bagi manusia namun tidak merusak kelestarian lingkungan hidup sehingga dapat dipergunakan lagi oleh generasi yang akan datang. Beberap hal yang perlu dilakukan antara lain sebagai berikut.
1) Mengurangi eksploitasi sumber daya alam yang sifatnya terbatas.
2) Mengolah bahan mentah untuk menambah nilai ekonomis.
3) Penggunaan sumber daya dalam sehemat mungkin dan adanya pengembangan sumber daya alternatif yang ramah lingkungan.
4) Penghijauan
5) Pengolahan limbah dan penertiban pembuangan sampah.
b) Prinsip ekoefisiensi, yakni pemanfaatan sumber daya alam yang memadukan prinsip ekonomi dengan pelestarian lingkungan. Hal ini berarti bahwa proses produksi meningkat dengan penggunaan biaya yang murah dan dampak lingkungannya dapat ditekan seminimal mungkin. Contohnya dengan cara menghemat pengunaan listrik dan air, mendaur ulang sampah, dan mengembangkan energi alternatif.

Soal dan pembahasan sumber daya alam klik disini
Materi geografi lainnya:
  1. Pengantar Geograf klik disini
  2. Dinamika Planet Bumi sebagai Ruang Kehidupan klik disini
  3. Atmosfer klik disini
  4. Hidrosfer klik disini
  5. Litosfer klik disini
  6. Pedosfer klik disini
  7. Biosfer klik disini
  8. Antroposfer klik disini
  9. Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup klik disini
  10. Peta klik disini
  11. Penginderaan Jauh klik disini
  12. Sistem Informasi Geografis klik disini
  13. Pola keruangan kota klik disini
  14. Pola keruangan desa klik disini
  15. Konsep Wilayah dan Perwilayahan klik disini
  16. Negara Maju dan Berkembang klik disini
  17. Permasalahan Penduduk Indonesoa klik disini

Belum ada Komentar untuk "Sumber Daya Alam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel