Sejarah Band Queen: Queen the Legend of Rock

Sejarah band ini diawali dari dua mahasiswa yang ingin membuat band yaitu, Tim Staffell (vokalis dan basis) dan Brian May (gitaris). Mereka mengaudisi mahasiswa yang akan menjadi drumer dan mendapatkan Roger Taylor dan membentuk band bernama Smile, namun band tersebut hanya bertahan 2 tahun. Tim Staffell keluar dan membentuk band baru bernama Humpy Bong. Freddie Mercury (Faroukh Bulsara) masuk dan kemudian mengubah nama "Smile" menjadi "Queen". Queen lalu melakukan audisi pemain bass dan mendapatkan John Deacon pada tahun 1971.

Pada tahun 1973, Queen merilis album "Queen" dengan pengaruh dari Led Zeppelin dan The Who. Di album ini, Queen merilis dua single, yaitu Keep Yourself Alive dan Liar. Tahun berikutnya pun Queen merilis album Queen II dengan single Seven Seas of Rhye. Roger Taylor tidak menyukai nama album ini karena tidak kreatif. Pada kedua album ini, musik Queen menjadi lebih heavy metal dan hard rock, namun ada beberapa lagu yang mengandung unsur ballad dan rock opera.

Pada 8 September 1974 Queen merilis albumnya yang ke-3 yaitu Sheer Heart Attack. Saat itu Queen meraih kesuksesan untuk pertama kalinya dan terkenal di tingkat Internasional lewat singel "Killer Queen". Dalam lagu ini terdapat lagu pertama ciptaan John Deacon, Misfire.

Pada 1975 Queen meminta bantuan pada John Reid (Manager Elton John) untuk mengatur ekonomi band yg kacau akibat perselisihan band dengan Trident Studio. Queen kemudian merilis album keempat yaitu A Night at the Opera. Pada saat itu A Night at the Opera adalah album termahal yang pernah dibuat. Bahkan oleh beberapa kalangan, lagu Bohemian Rhapsody disebut-sebut sebagai salah satu lagu rock terbaik sepanjang masa.

Queen kemudian melanjutkan kesuksesannya dengan merilis album berikutnya. Di tahun 1977, album News of the World kembali menuai respon positif, terutama berkat adanya lagu We Are the Champions dan We Will Rock You. Kedua lagu ini masih sering diputar hingga sekarang dan dianggap sebagai lagu wajib bagi musik rock itu sendiri. Di era 80-an, Queen banyak menggelar konser besar. Bahkan performa mereka pada acara bertajuk 1985's Live Aid di tahun 1985 disebut sebagai konser legendaris terbesar dan termegah sepanjang sejarah musik rock.

Pada tahun 1991, vokalis Queen, Freddie Mercury meninggal dunia karena komplikasi AIDS. Dan di tahun 1997, John Deacon memutuskan untuk keluar dari band, menyisakan Brian May dan Roger Taylor sebagai personil Queen. Sejak itu, May dan Taylor tetap konsisten melakukan beberapa konser dengan berganti-ganti vokalis, termasuk melakukan tur dunia bersama Adam Lambert.

Queen juga diperkenalkan dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2001. Sepanjang sejarah, Queen berhasil menjual album total lebih dari 300 juta. Hal ini menjadikan Queen sebagai salah satu band tersukses dengan rekor penjualan album terbesar sepanjang masa. Tak heran jika Queen dianggap pantas masuk dalam jajaran band terbaik dan paling berpengaruh sepanjang masa, buktinya, pada tahun 2004, masyarakat Inggris memilih album A Night at the Opera milik Queen sebagai album terbaik ke -13 sepanjang masa

sumber: OA Historypedia Line
penulis: -Hürrem Sultan-

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Band Queen: Queen the Legend of Rock"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel