Prospek Kerja Sastra Korea

Budaya korea kini berhasil memikat orang di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Film-film Korea serta barang elektroniknya lewat LG dan Samsung banyak digemari oleh orang-orang Indonesia. Maraknya budaya Korea membuat banyak lulusan pelajar SMA berminat mempelajari budaya korea dan berkeinginan untuk melanjutkan kuliah di Sastra Korea. Tentunya peminat Sastra Korea dari ketahun semakin banyak hal ini terlihat dari prodi Sastra Korea UI yang mendaftar setiap tahun semakin meningkat baik dari jalur tes atau pun undangan (Cek disini dan disini). Tentunya sebagian besar dari siswa-siswa SMA bertanya-tanya. Kira-kira apa saja prospek kerjaan bagi lulusan Sastra Korea.

1. Penerjemah
Maraknya perusahaan Korea di Indonesia membuat kebutuhan akan translator dan interpreter semakin tinggi. Pekerjaan ini bisa dibilang amat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan korea yang beroperasi di Indonesia ditengah sedikitnya lulusan Sastra Korea di Indoesia. Fyi ini hanya tiga perguruan tinggi yang menyediakan yaitu UI, UGM, dan UNAS.  Tentunya bagi kamu yang memilih jurusan Sastra Korea merupakan pilihan yang tepat karena lulusannya tidak banyak sedangkan permintaan akan tenaga kerja yang mengusai bahasa dan kebudayaan Korea amat dibutuhkan.

2. Bekerja di Perusahaan Multinasional Korea

Berkuliah di Sastra Korea kamu tidak hanya diajarkan bahasa Korea saja, namun juga kebudayaan dan sejarah orang-orang Korea, dalam hal ini juga mencakup kebudayaan dan sikap kerja orang-orang Korea.  Dengan mempelajari hal-hal tersebut membuat kamu yang mengambil jurusan Sastra Korea lebih mempunyai peluang bekerja di perusahaan Multinasional Korea seperti Samsung, LG, dll. Lulusan Sastra Korea bisa mengisi posisi sebagai jurnalis, penulis teknis, hingga content creator.

3. Tour Guide

Meningkatnya hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan membuat banyak kedua warga negara tersebut saling mengunjungi satu sama lain, baik itu untuk pekerjaan atau pun kunjungan wisata yang sekarang sedang marak. Tentunya hal ini bisa menjadi peluang bagi lulusan Sastra Korea yaitu menjadi Tour Guide yang dibutukan oleh para wisatawan, baik itu di Korea sendiri atau pun di Indonesia. Apa yang dipelajari selama perkuliahan amat membantu lulusan Sastra Korea menjadi Tour Guide yang profesional.

4. Dosen
Bagi kamu yang mempunyai keinginan untuk berkarir di dunia akademisi maka kamu sebagai lulusan Sastra Korea bisa menjadi dosen. Tentunya menjadi dosen sendiri membutuhkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Hal ini membuat kamu yang ingin menjadi dosen berkesempatan menempuh pendidikan di Korea langsung. Pemerintah Korea sendiri atau pun lembaga pendidikan disana banyak yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa asing. Informasi beasiswa ini bisa kamu cari tahu ketika kamu sudah berkuliah.

5. Guru
Boomingnya kebudayaan Korea serta produk-produk  membuat orang-orang mulai mempelajari bahasa Korea. Baik itu untuk urusan pekerjaan atau pun sekedar berminat dan antusias mempelajar bahasa korea jauh lebih dalam. Tentunya hal ini bisa menjadi peluang yang bagus bagi lulusan Sastra Korea. Kamu sebagai lulusan Sastra Korea nantinya bisa menjadi guru di lembaga bahasa atau pun menjadi guru private bagi setiap orang. Masalah bayaran tentunya besar mengikuti prinsip ekonomi dimana permintaan akan guru Korea banyak sedangkan tenaga kerja yang tersediah sedikit. 

Belum ada Komentar untuk "Prospek Kerja Sastra Korea"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel