Keunggulan Menjadi Mahasiswa Universitas Brawijaya


Tenang-tenang, saya menulis post ini bukan untuk membuat clickbait, apalagi untuk buat netizen berantem di kolom komentar, apalagi buat bisnis MLM ecék-ecék. Karena sekarang sudah masa dimana Mahasiswa Baru mulai memasuki kampus Universitas Brawijaya, saya rasa sebagai senior yang mau angkat kaki dari kampus ini merasa harus berbagi beberapa informasi mengenai fasilitas-fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa UB yang saya dapatkan juga untuk membantu saya survive di dunia perkuliahan. Fasilitas-fasilitas yang saya maksud adalah yang perlu sedikit usaha untuk dicari karena tidak banyak mahasiswa yang mengetahuinya juga. Monggo dicek dibawah:

1) Fitur-fitur 'Premium' yang Bisa diakses Dengan E-Mail Domain UB (@student.ub.ac.id):
Sebelum kamu berpikir "ngapain bikin e-mail baru, kan sudah ada e-mail sendiri", selain e-mail domain UB bisa digunakan selayaknya e-mail biasa, e-mail UB pribadi kamu sangat istimewa karena akan membantu kamu dalam mengakses fitur-fitur yang seharusnya 'berbayar' menjadi gratis selama kamu mengaksesnya dengan email ini. Bagaimana mengaktifkannya? Cukup log-in di SIAM dengan akun kamu dan daftarlah dengan username pilihan kalian sendiri. Ketika sudah selesai, silahkan cek-cek fitur apa saja yang tersedia di gapura.ub.ac.id. Username yang digunakan adalah e-mail UB kamu dan password-nya sama dengan akun SIAM kamu. Kalau mau tau kamu dapat fasilitas (yang kemungkinan kamu akan sering gunakan) apa saja, silahkan lanjut ke poin-poin berikutnya

2) Google Drive Dengan Kapasitas Diatas 1TB:
Siapa yang tidak pernah menggunakan Google Drive? Sebuah platform untuk menyimpan segala berkas-berkas digital kamu. Dimulai dari file office, tugas, dan bermacam-macam lainnya. Kalau kalian buat google drive 'normal' maka kamu pasti paling mentok dapatnya 15GB. Kapasitas sebesar itu pasti secara perlahan-lahan akan habis, apalagi pas kuliah dimana tugas berjibun.
Kalau kamu log-in dengan e-mail UB dan mengakses situs gapura.ub.ac.id, kamu berhak mendapat Google Drive pribadi dengan kapasitas diatas 1TB. Iya, benar! Itu bukan typo. Kamu berhak mendapatkan gdrive berkapasitas 5TB* (5TB= 5000GB, buat yang tidak tahu aja nih). Tidak hanya memiliki kapasitas besar, tapi google drive ini dapat digunakan untuk fitur 'Google File Stream' yang saya akan biarkan kamu sendiri mengeksplorasi lebih lanjut. Tapi perlu diingat bahwa sebaiknya digunakan untuk menyimpan berkas-berkas keperluan akademik pribadi kamu sendiri saja dan jangan gunakan untuk hal macam-macam.
*Sedang dalam proses pencarian informasi mengenai apa masih bisa digunakn secara gratis setelah lulus

3) Google Classroom:
Fitur kedua yang paling sering saya pakai dengan e-mail UB saya adalah google classroom. Sesuai dengan namanya, google classroom merupakan sebuah platform bagi dosen untuk mengatur sebuah kelas online bagi murid-muridnya. Dimulai dari pengumuman tugas maupun tentang kelas. Paling sering digunakan oleh dosen yang mungkin kurang menyukai grup sosial media (kalau saya sih dipakai untuk bimbingan skripsi hehe). Sama halnya dengan google drive 1TB diatas, kamu bisa mengaksesnya di gapura.ub.ac.id

4) Produk-produk Microsoft Gratis:
Ini nih yang paling ditunggu pengguna Windows (sorry Mac users). Universitas Brawijaya bekerjasama dengan perusahaan Microsoft dalam program DreamSpark (sekarang namanya Imagine). Hasil kerjasama ini adalah mahasiswa UB dapat mengunduh dan menggunakan berbagai produk Microsoft.  Produk-produk tersebut bervariasi, mulai dari OS Windows 7 sampai Windows 8, Visio, Visual Studio, dsb. Sayangnya paket Microsoft Office tidak termasuk dalam produk-produk tersebut. Terus bagaimana men-klaimnya? Cukup kunjungi situs bits.ub.ac.id/dreamspark. Untuk mengaktivasinya, gunakan metode ke TIK UB dan BUKAN melalui cara ke situs dreamspark resmi Microsoft karena dijamin kamu akan kesulitan. Perlu diingat untuk membaca instruksinya secara teliti dan juga dianjurkan menggunakan e-mail UB pribadi kamu untuk proses mendapatkan activation key untuk produk yang kamu gunakan.

5) Akses ke Jurnal-jurnal Ilmiah Taraf Internasional:
Kalau sudah masuk dunia perkuliahan, kamu pasti tahu bahwa sebagai akademisi yang bertanggung jawab maka setiap klaim kamu harus didasari dengan data yang diinterpretasikan dengan tepat (kok kedengarannya seperti ceramah sesepuh ya? haha). Terlepas dari tanggung jawab itu, kamu pasti dalam waktu dekat akan (atau sudah) mendapatkan tugas membuat paper/esai ilmiah. Pasti deh, setiap kamu menulis/membuat pernyataan, pernyataan tersebut harus kamu dukung dengan rujukan dari penelitian yang kredibel. Kalau kamu kesusahan mencari penelitian kredibel dan yang banyak (supaya salah satunya untuk meminimalisir tuduhan plagiasi teman yang punya tugas yang sama) maka jika kamu menggunakan Wifi-UB dan mengakses situs-situs jurnal scientif berkualitas internasional (selengkapnya cek di http://lib.ub.ac.id/en/ejournal-ebook/). "Tapi kalau mau mengakses dari luar Wifi-UB, bisa tidak?" Oh jelas ada caranya, silahkan nge-google ‘VPN UB’ yang anda sendiri bisa mempelajari secara mudah.


6) Pendanaan untuk Mewakili Kampus dalam Lomba:
Ingin berbagi ilmu/ide/inovasi pribadi/kelompok dalam ajang lomba? Tapi memiliki keterbatasan dana? Apalagi kalau tempat lombanya jauh. Jangan bersedih dulu, kawan! Selama anda memiliki tujuan untuk mengharumkan nama baik Universitas Brawijaya dalam lomba yang kredibel dan bermanfaat (bukan lomba 17an, apalagi lomba poker). Maka kalian diperbolehkan untuk mengajukan bantuan pendanaan logistik lomba anda. Tidak hanya menutup biaya perjalanan, tapi bisa juga biaya konsumsi dan biaya penginapan.

 Tapi sayangnya membahas prosedur tersebut secara lengkap, bukan karena takut diciduk, tapi karena pembaca pasti dari berbagai fakultas yang berbeda-beda. Maka saran saya adalah coba menghubungi Badan Eksekutif Mahasiswa fakultas kalian masing-masing dan bertanya bagaimana mengajukan proposal pendanaan lomba anda.

7) Penghargaan bagi Mahasiswa Berprestasi:
Hah? Lomba sudah didanai. Terus dapat penghargaan? Mantab! Pihak Universitas Brawijaya tidak membiarkan mahasiswa/mahasiswi yang berprestasi 'go unrewarded'. Jika kamu memenuhi syarat yang tertera di http://kemahasiswaan.ub.ac.id/wp-content/uploads/2017/10/Per-Rektor-No-44-Tahun-2017-tentang-Penghargaan-bagi-Mahasiswa-Berprestasi.pdf maka selamat anda berhak mendapatkan penghargaan! Jika anda memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan maka cukup ke situs berikut http://kemahasiswaan.ub.ac.id/reward-mahasiswa/ dan baca langkah-langkah yang tertera secara teliti untuk mendapatkan penghargaan bagi anda atau kelompok anda yang telah bekerja keras untuk mendapatkan prestasi. Maka untuk teman-teman yang ingin 'sekali dayung dua tiga pulau terlampaui', cukup berprestasi dan berkontribusi untuk mengharumkan nama baik Universitas Brawijaya. Siapa tau dengan terus berprestasi, kamu mungkin bisa jadi mahasiswa berprestasi UB berikutnya.

8) Diskon Khusus Mahasiswa UB di Gerai-gerai Tertentu
Bukan diskon asal-asalan yang saya maksud. Tapi kadang badan-badan eksekutif UB di tingkat univ maupun fakultas bekerjasama dengan bisnis makanan, cuci sepatu sampai kafé-kafé ngopi. Kamu cukup tunjukkan KTM UB dan perlihatkan ke kasir gerai bisnis yang menjalin kerjasama dengan pihak UB dan dapatkan benefit khusus untuk kalian mahasiswa UB. Kamu cukup bertanya-tanya ke BEM fakultas atau EM UB terkait gerai-gerai apa saja yang memiliki hubungan kerjasama dengan UB. (Thanks Hafiz Ardyan untuk sarannya)

9) KTM Bisa untuk Uang Elektronik:
Pernah tau kartu uang elektronik yang dipakai untuk mempercepat proses pembayaran di berbagai seperti membayar belanjaan di supermarket, untuk masuk TransJakarta/KRL(bagi yang bertempat tinggal di Jakarta), atau mungkin membayar biaya masuk tol? Nah, KTM kamu bisa dipakai untuk berbagai hal itu. Bagi angkatan 2015, KTM-nya memiliki lambang BRI bisa menggunakan fasilitas Brizzi. Kalau angkatan 2016 yang memiliki KTM berlambang mandiri bisa menggunakan fasilitas e-money. Untuk angkatan selain diatas, maaf saya kurang tahu, tapi seharusnya setiap bank sudah memiliki fasilitas uang elektronik yang bisa dipakai nasabah masing-masing.
(Suwun untuk sam Widhi Nirwikara)

10) Biaya Berobat Gratis:
Kurang enak apalagi kalau sakit dan berobat bisa dapat potong biaya bahkan bisa gratis! Bagi kamu mahasiswa UB jika sedang sakit ringan, contohnya flu, batuk, sakit tenggorokan dsb., bisa cek ke dokter dan mendapatkan resep obat GRATIS jika memeriksa ke Poliklinik UB yang terletak di gerbang UB depan jembatan soehat.
(Terima kasih kepada Feri Hermanto untuk masukannya)

11) Etika Berkomunikasi dengan Dosen:
Ini tidak tergolong benefit, tapi merupakan sebuah kebiasaan yang (fatalnya) jarang diterapkan dalam kehidupan mahasiswa. Cara kamu berkomunikasi dengan dosen akan membentuk kesan pertama dosen tersebut terhadap kamu. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk memiliki kesan yang positif dan disegani oleh dosen maupun staff fakultas lainnya! Dalam artikel berikut telah dijelaskan bagaiamana etika berkomunikasi yang ditulis oleh salah satu dosen Fakultas Ilmu Komputer UB: https://medium.com/@dataq/etika-berkomunikasi-dengan-dosen-c05cf71c3b4b

Tampaknya dari atas banyak sekali benefit yang didapatkan oleh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Brawijaya. Masih banyak sekali benefit-benefit yang tidak saya tulis yang dapat kamu temukan jika kamu rajin bertanya-tanya  kepada teman, senior maupun dosen (malu bertanya sesat dijalan bro/sis).

Daftar ini akan senantiasa diperbarui berdasarkan masukan-masukan dan koreksi dari saya maupun dari pembaca, jadi sering-sering cek aja ya. Sepertinya cukup sekian dari saya, have fun discovering new things!

-Greg, Mahasiswa Tua UB 2015

Belum ada Komentar untuk "Keunggulan Menjadi Mahasiswa Universitas Brawijaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel