Sabtu, 14 Juli 2018

Tips dan Trik Menjawab Cepat TPA Sinonim dan Antonim

Tags

Biasanya tes sinonim antonim merupakan salah satu tes wajib dalam ujian TPA. Soal tipe sinonim dan antonim biasanya hadiri dalam tes masuk perguruan tinggi negeri(test center&ujian mandiri atau kedinasan seperti STIS dan STAN, bahkan dalam tes melamar pekerjaan.  Tes ini sendiri bisa dibilang salah satu jenis tes yang tidak bisa dipersiapkan dalam waktu yang singkat. Ada ribuan kata yang mungkin keluar selama ujian TPA, Apakah kamu sanggung menghafalkannya dalam waktu tempo yang singkat? Maka penguasaan banyak kata tidak mungkin dipersiapkan dalam tempo yang beberapa hari saja. Kata-kata baru biasanya akan terkumpul secara alamiah dan masuk ke memori alam bawah sadar kalian secara bertahap. Hal yang paling mungkin dilakukan adalah sesering mungkin "berjumpa" dengan berbagai jenis kata dalam kehidupan sehari-hari. Oke langsung saja ini lah tips trik menjawab soal TPA sinonim dan antononim.

1. Kata-kata yang keluar biasanya dari bacaan/wacana dari media pemberitaan nasional
Sebaiknya dari sekarang  kamu harus membangun kebiasaan membaca harian media nasional. Di era internet ini kamu dapat dengan mudah mengakses semua berita dari media nasional tanpa susah harus membeli koran ataupun majalahnya. Dengan sering membaca maka kamu akan menemukan istilah-istilah asing ditelinga kamu. Dimana ketika kamu menemukan istilah tersebut maka ada baiknya kamu langsung membuka kamus dan mencari maknanya. Dengan kebiasaan membaca maka kamu mempunyai ribuan kata yang tersimpan dalam otak. Selain itu membaca membuat kamu nantinya terbiasa dalam mengerjakan tpa analitik
2. Hindari menghapal kamus
Ini merupakan pekerjaan yang sia-sia dimana kamu hanya menghabiskan waktu saja. Kebanyakan kosakata yang hanya dihapal begitu saja tanpa melekat pada konteks tertentu cendrung mudah lupa.. Misalkan kamu akan menghapal makna kata "dekadensi = kemerosotan". Kebanyakan orang akan mudah lupa dalam mengingat artinya. Namun jika kata tersebut melekat pada suatu kalimat, misalnya "perkembangan teknologi  menyebabkan dekadensi moral". Maka pikiran kamu akan jauh lebih mudah memahami "dekadensi moral" sehingga bisa mengingatnya di luar kepala.
3. Jika menemukan kata serapan kembalikan kata tersebut dalam bahasa aslinya
Bahasa Indonesia bisa dibilang banyak menyerap kata-kata asing baik dari bahasa belanda, inggris, arab, dll. Contohnya:
-Aliansi berasal dari kata alliance yang berarti persekutuan.
-Lanskap berasal dari kata landscape yang berarti pemandangan di tanah yang membentang.
4. Khusus soal antonim
Kadang pilihan gandanya disertakan sinonim dari soalnya. Ini berfungsi sebagai pengecoh. Berhati-hatilah dalam memahami perintah soal dan pilihlah jawaban yang tepat. Jika terlalu terburu-buru bisa-bisa kamu malah memilih sinonimnya.
5. Gunakan waktu sebaik mungkin
Ketika berhadap dengan tes verbal ini, pergunakanlah waktu sebaik mungkin. Disini kamu dituntut harus dituntut cepat, tepat, dan teliti.  Dalam menjawab soal ini kamu harus menyelsaikan dalam waktu 15-20 detik saja. Tes TPA sendiri bisa dibilang merupakan tes yang waktunya amat terbatas dimana kamu harus mempunyai strategi jitu untuk menjawab tipe-tipe soal yang beragama. Jangan terlalu terpana atau pun fokus untuk mencari jawaban dari satu soal karena bisa-bisa kamu banyak kehilangan waktu dan banyak melewatkan soal-soal lainnya. Segera pindah soal jika ada soal yang menurut kamu rumit. Ingatlah pergunakanlah waktu sebaik-baiknya karena waktu kamu sempit.

Oke begitu saja tips trik dari saya. Semoga dalam mengerjakan soal TPA diberi kemudahan dalam mengerjakannya. Salam hangat dan sukses. 

ARTIKEL TERKAIT

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon