Rabu, 18 Juli 2018

Sejarah Olimpiade, pesta olahraga terbesar di dunia

Olimpiade adalah pertandingan olahraga yang diikuti oleh berbagai negara didunia dan turut mempertandingkan berbagai macam olahraga. Olimpiade sudah ada sejak zaman Yunani kuno dan olimpiade pertama yang tercatat sejarah terjadi ditahun 776 sebelum masehi.

Di zaman Yunani kuno, Olimpiade diselenggarakan empat tahun sekali untuk dan pertandingan ini digelar sebagai penghormatan kepada dewa Zeus. Olimpiade saat itu diadakan di wilayah Olympia yang berada di bagian tenggara Yunani. Berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi lomba lari, lembar lembing, lompat jauh, lomba kereta kuda, pankration (olahraga yang menggabungkan gulat dan tinju).

Ketika Yunani dikuasai oleh Romawi olimpiade masih terus digelar namun dibatasi dan pada 393 masehi pesta olahraga tersebut dilarang oleh Kaisar Theodosius I karena olimpiade dianggap sebagai budaya paganisme akhirnya olimpiade tidak digelar lagi selama berabad-abad.

Di abad 19 timbul gagasan untuk mengadakan kembali olimpiade. Panagiotis Soutsos orang pertama yang menggagas untuk menghidupkan kembali acara olahraga yang telah mati tersebut pada 1833. Akhirnya olimpiade kembali diadakan di Yunani pada 1859 tepatnya di Athena. Kemudian pada tahun 1892 muncul ide dari Baron Pierre de Coubertin untuk mengadakan olimpiade yang diikuti oleh berbagai negara dan dua tahun kemudian dibentuk International Olympics Committe (IOC).

Pada 1896 olimpiade modern pertama digelar di Athena yang diikuti oleh 280 atlet dari 13 negara dan mempertandingkan 43 cabang olahraga meliputi cabang atletik, menembak, gulat, berenang, senam,  balap sepeda, sampai hanggar. Olimpiade mulai menjadi ajang olahraga internasional ditahun 1924 dan olimpiade musim dingin mulai diselenggarakan ditahun yang sama.

Sampai sekarang olimpiade masih digelar setiap empat tahun sekali. Olimpiade musim panas terakhir adalah yang ke 31 diadakan di Rio de Janeiro, Brazil pada tahun 2016 sedangkan olimpiade musim dingin terakhir adalah yang ke 28 diadakan di Pyeongchang, Korea Selatan dibulan Februari lalu dan sampai sekarang olimpiade menjadi ajang olahraga terbesar di dunia yang diikuti oleh ribuan atlet dari berbagai negara.

sumber: OA Historypedia Line
penulis: Wellesley/Wellington

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon