Review Lengkap Jurusan Sastra Inggris

Deskripsi
Bahasa Inggris merupakan bahasa pergaulan dunia yang wajib kita kuasai kalau kita mau maju dan eksis di dunia internasional. Hampir semua informasi dan berita terbaru serta akurat tersaji dalam Bahasa Inggris. Teknologi terkini semuanya dijelaskan dalam Bahasa Inggris, bahkan Jepang dan Cina tetap harus menyertakan petunjuk berbahasa Inggris dalam produk mereka agar dapat digunakan. Buku-buku kedokteran, hukum, ekonomi, politik yang berkualitas dan berbobot banyak tertulis dalam Bahasa Inggris, bahkan jika ada buku-buku berkompeten dan best seller, ke dalam bahasa apakah buku-buku itu harus diterjemahkan terlebih dahulu? Tentu saja, Bahasa Inggris.
Apa yang Dipelajari ?
Jurusan Sastra Inggris memusatkan diri pada studi bahasa (linguistik) dan kesusasteraan, khususnya negara Inggris dan Amerika.
Jurusan Sastra Inggris diantaranya mempelajari:
• Tata Bahasa, meliputi tenses, grammar, structure, vocabulary, translation dan empat keahlian bahasa yaitu listening, speaking, reading dan writing.
• Kesusastraan, meliputi sejarah dan sosial budaya Inggris dan Amerika; menelaah puisi, novel dan drama kuno maupun modern; kritik sastra; sastra komparatif; dan aliran-aliran kesusastraan.
• Linguistik (ilmu kebahasaan), meliputi fonologi (pelafalan), morfologi (morfem dan kata), sintaksis (frase dan klausa), semantik dan pragmatik (makna). Bidang ilmu linguistik yang berkaitan dengan disiplin ilmu lain juga dipelajari di sini, diantaranya sosiolinguistik (kajian bahasa yang dikaitkan dengan kemasyarakatan) dan psikolinguistik (hubungan bahasa dengan otak).
• Pengetahuan / keterampilan lain, seperti pemerolehan bahasa, metode pengajaran bahasa, penyusunan silabus dan rencana pembelajaran, penggunaan Bahasa Inggris di bidang bisnis, dan analisis wacana.
Modal Utama
Ilmu-ilmu yang diajarkan di jurusan Sastra mayoritas menyangkut ketrampilan, analisa dan hafalan; oleh karena itu mereka yang ingin menekuni bidang ini harus memiliki minat baca yang tinggi, daya ingat yang kuat, ditambah memiliki daya pendengaran yang bagus serta tidak gagu/bisu.
Prospek Karir
• Bidang pendidikan, sebagai instruktur, guru, dosen atau perancang kurikulum dan silabus, di sekolah, universitas, akademi bahasa dan lembaga-lembaga kursus Bahasa Inggris. Bisa juga sebagai instruktur bahasa Inggris di perusahaan asing yang berada di Indonesia.
• Bidang kewirausahaan, mendirikan lembaga pelatihan dan kursus Bahasa Inggris.
• Bidang pelatihan dan SDM di berbagai industri, perusahaan, perbankan dan perdagangan ekspor impor.
• Bidang penerbitan dan media massa, sebagai:
• Translator, menerjemahkan teks (buku, komik, novel, film) bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.
• Penulis, penerbit, editor, wartawan, redaktur, kolumnis, penyiar TV atau radio, pembaca berita.
• Bidang humas dan kesekretariatan, sebagai sekretaris, humas/PR (Public Relation), copywriter, atau tenaga bagian administrasi, korespondensi, periklanan, pemasaran, penyelenggaraan acara, dan pelaporan dalam Bahasa Inggris.
• Bidang kesusastraan, sebagai penulis novel, penyair dan pengarang cerita.
• Bidang seni dan hiburan, sebagai pembawa acara, dan artis teater.
• Bidang lain-lain meliputi maskapai penerbangan, kantor imigrasi dan pariwisata, sebagai tour guide, pramugari, biro perjalanan, bagian manajemen perhotelan dan restoran.
• Bidang pemerintahan, sebagai ahli bahasa Inggris, interpreter (penerjemah pembicaraan secara langsung), Pejabat Dinas Luar Negeri (PDLN) di Departemen Luar Negeri; diplomat; staff British atau American Foundation, dan staff Kedutaan Besar Indonesia di negara-negara pengguna Bahasa Inggris (Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Irlandia, dan lain-lain).
By : Davi $uk$e$

Belum ada Komentar untuk "Review Lengkap Jurusan Sastra Inggris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel