Sabtu, 21 Juli 2018

Review Lengkap Jurusan Kriminologi

Deskripsi
Kriminologi adalah ilmu pengetahuan tentang kejahatan. Kejahatan di sini dapat berupa perbuatan yang melanggar peraturan hukum pidana atau yang bertentangan dengan kesusilaan. Dalam hal pelanggaran terhadap hukum pidana, suatu kejahatan dapat dirumuskan dengan mudah, tetapi tidak demikian halnya dengan perbuatan yang bertentangan dengan kesusilaan. Pelanggaran terhadap kesusilaan ini sangat bergantung pada kondisi dan situasi masyarakatnya, karena interpretasi mengenai kesusilaan ini sangat beragam di dalam setiap masyarakat. Dengan demikian, pelanggaran terhadap kesusilaan ini dapat berubah-ubah menurut tempat dan waktu. Perbedaan Kriminologi dengan jurusan Hukum adalah dari sudut pandang dalam menyikapi suatu tindak kriminal yang terjadi. Hukum menyikapi dengan pasal apa tersangka ini harus dijatuhi hukuman, sedangkan Kriminologi berpikir mengapa hal tersebut bisa terjadi, bagaimana seharusnya agar pelaku jera, atau kejahatan serupa tidak terulang.
Apa yang Dipelajari ?
Objek studi Kriminologi terdiri dari kejahatan, temasuk kenakalan, penyimpangan dan pelanggaran HAM, pelaku kejahatan, reaksi masyarakat terhadap kejahatan dan pelaku kejahatan yang bisa berupa reaksi formal mealui penegakan hukum dan juga reaksi informal dari masyarakat. Beberapa hal yang dikaji di jurusan ini adalah Teori Kriminologi, Kenakalan Anak, Kejahatan Politik, Kejahatan Kekerasan, Wanita dan Keadilan, HAM, Strategi Pencegahan Kejahatan, Kebijakan Kriminal, Manajemen Industrial Security, Analisis Resiko Kejahatan, Trans-National Crime (kejahatan dengan potensi antar wilayah atau negara), White Collar Crime (kejahatan non-kekerasan untuk mendapatkan uang secara ilegal), dan lain-lain. Kriminologi juga merupakan kumpulan dari banyak ilmu pengetahuan yang terdiri dari:
• Antropologi Kriminal, mempelajari seperti tanda-tanda khas orang jahat dan hubungannya dengan suku bangsa.
• Sosiologi Kriminal, mempelajari kejahatan sebagai suatu gejala masyarakat sampai dengan tempat dan sebab timbulnya kejahatan dalam masyarakat.
• Psikologi Kriminal, mempelajari kejiwaan yang tampak dari kelompok manusia yang melakukan kejahatan psiko.
• Patologi Kriminal, mempelajari penjahat yang mengalami gangguan jiwa.
• Penologi, mempelajari mengenai hukuman serta arti dan manfaatnya.
• Viktimologi, mempelajari tentang korban kejahatan, hubungannya dengan pelaku kejahatan, serta interaksi antara korban dan sistem peradilan.
Program studi Kriminologi juga memiliki konsentrasi tersendiri, diantaranya adalah Kriminologi Teoritis, Kepenjaraan, Industrial Sekuriti, Penegakan Hukum, Cyber Crime, Kriminologi Jurnalistik, dan Kejahatan Transnasional.
Modal Utama
Harus memiliki keberanian dan nyali yang tinggi, dan kemampuan meneliti dan analisa yang bagus. Dan juga berminat mendalami motif kriminalitas.
Prospek Karir
Lulusan kriminologi bisa bekerja di Kepolisian, Kejaksaan, Kehakiman, bidang akademik sebagai dosen, dan pelayanan masyarakat dalam pemberian bimbingan dan penyuluhan.

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon