Review Lengkap Jurusan Ilmu Politik(Political Science)

Deskripsi
Ilmu Politik adalah program studi yang membahas mengenai hubungan antara negara dan masyarakat, hubungan antara wakil rakyat dan masyarakat serta hubungan antar lembaga pemerintahan. Program ini pun mengkaji mengenai kegiatan politik pada bidang umum dan khusus, seperti partai politik, lembaga swadaya masyarakat hingga partisipasi politik masyarakat. Oleh karena kekuasaan di zaman modern sangat erat kaitannya dengan negara, maka Ilmu Politik tak dapat melepaskan perhatiannya terhadap negara. Sejauh negara merupakan organsasi kekuasaan, maka sifat dan tujuan negara merupakan perhatian utama dari Ilmu Politik.
Apa yang Dipelajari ?
Ilmu Politik memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai kehidupan politik dan pemerintahan di negara mereka pada khususnya dan di dunia internasional pada umumnya. Singkatnya mahasiswa belajar banyak mengenai pemerintahan lokal, demokrasi, perbandingan politik, sistem politik, pemikiran politik, kajian birokrasi, dan sebagainya. Beberapa hal yang dikaji dalam Ilmu Politik antara lain sejarah pemikiran politik Indonesia, sistem politik Indonesia dan negara-negara ASEAN, studi kebijakan publik, partai politik dan pemilu, birokrasi di Indonesia, pemikiran-pemikiran politik, serta demokrasi dan HAM. Dalam mempelajari Ilmu Politik, biasanya dilakukan pembidangan, antara lain:
• Kebijaksanaan Umum, membicarakan analisa proses kebijakasanaan mulai dari identifikasi (menentukan identitas), perumusan, aplikasi (penerapan), monitoring (pemantauan), sampai evaluasi. Juga dibicarakan analisa dampak dari penerapan kebijaksanaan di dalam masyarakat, dan dicari nilai-nilai positifnya.
• Politik Nasional, membicarakan masalah-masalah politik dalam strata (tingkatan) nasional, meliputi partai politik, teori politik, sistem politik, kekuatan-kekuatan politik, pemilihan umum, dan sebagainya.
• Politik Lokal, membicarakan masalah-masalah politik dalam strategi (tingkatan) lokal, meliputi pemerintahan desa, pemerintahan daerah, serta hubungan antara pemerintah pusat dengan daerah.
Modal Utama
Kemampuan membaca, menganalisa, berdiskusi, dan berdebat diperlukan di sini. Juga dibutuhkan sikap kritis, suka menyelidiki fakta, dan berminat pada masalah pemerintahan dan kekuasaan. Selain itu, juga mesti rajin mengikuti dan mengamati informasi perkembangan politik terkini melalui media massa.
Prospek Karir
Lulusan Ilmu Politik berprofesi sebagai politisi, pejabat pemerintahan, birokrat, analis kebijakan, juru bicara politik, diplomat, staff kedutaan besar, pengamat politik, atau konsultan masalah politik di beragam badan dan lembaga pemerintahan seperti Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tingkat I/II, Instansi Pemerintahan, Departemen Koordinator Bidang Politik Hukum Keamanan dan HAM , dan Partai Politik. Juga bisa berprofesi di media massa sebagai wartawan, editor, kolumnis, dan penulis; aktivis politik di LSM dan organisasi kemasyarakatan lainnya; bidang akademik dan lembaga survey sebagai peneliti, guru dan dosen.
By : Davi $uk$e$

Belum ada Komentar untuk "Review Lengkap Jurusan Ilmu Politik(Political Science)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel