Sabtu, 28 Juli 2018

Review Lengkap Jurusan Ilmu Tanah

Deskripsi
Tanah adalah bagian sumber daya alam penting bagi kehidupan dan menjadi tumpuan bagi tersedianya sumber daya alam lain seperti air dan hutan. Penggunaan atau pengelolaan tanah dan lahan yang tidak sesuai telah mengubah bahkan merusak fungsinya. Kepentingan jangka pendek tidak jarang menimbulkan bencana bagi manusia, seperti erosi, tanah longsor, banjir, kekeringan dan polusi. Ilmu Tanah (terkadang disebut Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan [Soil Science and Land Resource]) adalah cabang dari pertanian yang khusus mempelajari tanah sebagai media tumbuh bagi tanaman maupun sebagai media tumpuan bagi komponen lingkungan.
Apa yang Dipelajari ?Program studi Ilmu Tanah mempelajari semua hal-hal semua hal-hal yang berhubungan dengan tanah, antara lain klasifikasi tanah, pemanfaatan tanah, cara pengelolaan tanah agar tetap subur, bagaimana media tanah bisa memaksimalkan produksi pertanian, memahami geografi tanah, perencanaan wilayah, kartografi, foto udara, dan meteorologi pertanian. Ilmu Tanah memiliki beberapa spesialisasi studi yaitu:
• Mikrobiologi Tanah, mempelajari pengaruh mikroba terhadap tanah, baik yang menguntungkan maupun yang merugikan (tanah sebagai habitat mikroba, transformasi unsur hara, bioteknologi tanah, dan lain-lain).
• Ilmu Tanah, mempelajari keadaan tanah dan cara pemanfaatannya (faktor dan proses pembentukan tanah, sifat fisika dan kimia tanah, penggolongan tanah, erosi tanah, dan lain-lain).
• Meteorologi Pertanian, mempelajari pengaruh iklim dan cuaca terhadap tumbuhan (iklim, cuaca, radiasi matahari, suhu air dan tanah, kelembaban udara, curah hujan, dan evapotranspirasi), survey tanah dan evaluasi lahan, perencanaan penggunaan lahan, dan pengembangan wilayah.
Modal Utama
Harus memiliki kemampuan matematika, fisika dan kimia yang baik. Memerlukan ketahanan fisik dan mental yang baik karena sering melakukan penelitian di lapangan.
Prospek Karir
Lulusan Ilmu Tanah dapat bekerja pada semua sektor yang terkait dengan permasalahan dalam kesuburan tanah, konservasi tanah dan air, pengelolaan lahan dan lingkungan, tata ruang, tata guna tanah, dan foto udara (remote sensing). Beberapa sasaran yang bisa dimasuki jurusan Ilmu Tanah adalah Departemen Pertanian, Departemen Transmigrasi, Departemen Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Bakosurtanal, Balai Penelitian Ilmu Tanah, Badan Pertanahan Nasional, Dinas Pertanahan, industri pertanian, perkebunan, dan kehutanan, dan pabrik pupuk (Pupuk Kujang, Pupuk Kaltim, Pupuk Sriwijaya).
By : Davi $uk$e$

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon