REVIEW KIMIA / KIMIA MURNI (CHEMISTRY)

Deskripsi
Ilmu Kimia merupakan ilmu sejumlah aspek bahan kimia, seperti susunan bahan kimia dan ciri atau sifat bahan kimia yang ditentukan oleh komposisinya. Ilmu ini terkait erat dengan kehidupan manusia sehari-hari. Mulai dari urusan sandang dan pangan, bahan bakar, obat-obatan sampai bahan konstruksi bangunan, bahan industri elektronik dan bahan produk melibatkan ilmu kimia. Bahan- bahan tersebut sebagian besar tidak diperoleh langsung dari alam tetapi merupakan hasil pengolahan atau hasil sintesis dengan menggunakan ilmu kimia. Singkatnya, ilmu kimia mengkaji perilaku dan interaksi materi pada tingkat molekul. Pembelajaran di jurusan kimia bertujuan untuk mengembangkan ilmu kimia demi kemajuan masa depan.
Apa yang Dipelajari ?
Jurusan ini mempelajari kimia secara menyeluruh diantaranya kimia analitik, kimia organik, kimia anorganik, biokimia, kimia lingkungan, dan sebagainya. Bagian penting dari ilmu kimia adalah studi reaksi kimia. Bidang kajian ilmu kimia yaitu kimia organik, kimia anorganik, kimia analitik, dan kimia fisika. Hal-hal lain yang dipelajari adalah tentang molekul yaitu dari komposisi, struktur dan susunannya yang memberikan sifat tertentu. Juga dipelajari interaksi dengan molekul lain baik yang sejenis maupn molekul lain sehingga dapat diprediksi sifatnya dan pemanfaatannnya untuk umat manusia.
Modal Utama
Rasa ingin tahu yang tinggi di bidang kimia dan tidak buta warna. Karena banyaknya kegiatan laboratorium, modal utama tentulah harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, juga kesabaran yang tinggi dan daya analisis yang kuat, dan senang bekerja di laboratorium. Minat di bidang kimia merupakan suatu keharusan di jurusan ini. Jika memiliki kemampuan tinggi di bidang matematika, akan menjadi penunjang yang sangat baik di jurusan ini.
Prospek Karir
Sebagai peneliti di berbagai instansi baik pemerintah, lembaga asing, maupun industri swasta. Juga bisa masuk ke laboratorium industri makanan, obat-obatan, farmasi, tekstil, petrokimia, biokimia, kosmetik, pengembangan tanaman pangan, dan sebagainya. Banyak juga lulusan kimia yang terjun ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di sekolah atau dosen di universitas.
By : Davi $uk$e$

Belum ada Komentar untuk "REVIEW KIMIA / KIMIA MURNI (CHEMISTRY)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel