Senin, 23 Juli 2018

Review Jurusan Ilmu Administrasi Fiskal /Administrasi Pajak

Deskripsi
Ilmu Administrasi Fiskal adalah ilmu yang mempelajari tentang segala proses yang terjadi dalam sistem perpajakan untuk kepentingan negara. Administrasi Fiskal mencakup penggalian sumber kekayaan negara dalam bidang ekonomi, moneter, dan perpajakan. Khusus mengenai penerimaan sektor perpajakan adalah unsur yang sangat penting karena berhubungan dengan alokasi, distribusi, stabilisasi, dan pertumbuhan ekonomi. Program studi Administrasi Fiskal menekankan kurikulumnya pada aspek-aspek teoritis dam aspek-aspek praktis perpajakan serta bidang-bidang penunjangnya. Aspek-aspek tersebut dikaji dan diamati melalui pendekatan-pendekatan marketing, pengembamgan manusia dan keuangan.
Apa yang Dipelajari ?
Mahasiswa di jurusan ini dibekali pengetahuan dasar-dasar perpajakan, lalu dilanjutkan dengan kemampuan konseptual dan teknis di bidang Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Akuntansi Pajak, Akuntansi Pemerintahan, Audit Perpajakan, Pajak dan Retribusi Daerah, Pajak Properti, Peradilan Administrasi Pajak, Sistem dan Prosedur Perpajakan, Keuangan Negara serta Kebijakan Fiskal. Beberapa hal yang menjadi pokok kajian diantaranya adalah:
• Dasar-Dasar Perpajakan, mempelajari administrasi perpajakan dalam hubungannya dengan hukum pajak, teori dan asas pemungutan pajak, penggolongan pajak, peradilan pajak, penagihan pajak, fungsi pajak, pengecualian pajak, pembebasan pajak, dan sebagainya.
• Kebijakan Fiskal, mempelajari tindakan dan peraturan keuangan negara.
• Pajak Penghasilan, mempelajari tentang ketentuan subjek pajak penghasilan dan penduduk, luar negeri, objek pajak, tarif pajak, pengeculian pajak, pembebasan pajak, dan sebagainya.
• Keuangan Negara, mempelajari tentang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), pengawasan dalam penggunaan anggaran belanja, perubahan APBN dan APBD, pengawasan dalam pelaksanaan penggunaan Badan Usaha Milik Negara, Penghapusan Piutang Negara, dan sebagainya. Selain hal-hal yang tersebut diatas, juga dipelajari tentang tata cara pelaksanaan perpajakan, perpajakan internasional, hokum dan administrasi perpajakan, dan sebagainya.
Modal Utama
Memiliki keterampilan dasar matematika yang baik; kemampuan mengingat, menghafal dan menganalisa yang bagus; dan juga kemampuan dasar komputer. Juga dibutuhkan sifat tekun dan teliti, menyukai keteraturan, dan suka pekerjaan rutin.
Prospek Karir
Lulusan pajak sudah tersebar dimana-mana mulai dari konsultan pajak, perbankan, auditor, penasehat keuangan, professional pajak, di berbagai perusahaan baik BUMN, swasta, dan lembaga pemerintahan (Departemen Keuangan, Direktorat JenderalPajak), dan juga sebagai dosen.
By : Davi $uk$e$

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon