Soal Pembahasan Zaman Prasejarah Indonesia

Simak UI 2014 Kode KS 2
1. Bukti adanya pengaruh kebudayaan Dongson di Indonesia adalah ditemukannya berbagai hasil kebudayaan batu halus (neolitikum), seperti manik-manik dan perhiasan kubur yang ditemukan di kepulauan Selayar Sulawesi dan Bali.
SEBAB 
Ciri khas alat kebudayaan Dongson adalah penyerpihan pada satu sisi atau dua sisi permukaan batu kali yang berukuran kecil dan biasanya berbentuk segitiga atau segi empat.
Jawaban: E (pernyataan salah, alasan salah)
Kebudayaan Dongson di Indonesia, melahirkan kebudayaan Perundagian/Logam. Ciri khas benda yang dihasilkan adalah berbentuk lingkaran.

2. SIMAK UI 2009 Kode 917
Masyarakat Indonesia pada masa perundagian telah mengenal aturan pembagian kerja, karena ....
A. mereka telah hidup menetap
B. merupakan masyarakat dengan kehidupan food producing
C. teknologi perundagian memerlukan tenaga yang memiliki keahlian khusus
D. budaya undagi dapat diproduksi oleh masyarakat yang telah maju
E. hidup dalam kelompok-kelompok suku
Pembahasan
Pada zaman Perundagian, tidak semua orang mampu mengerjakan tahap pengecoran. Untuk itulah diperlukan seorang Primus Inter Pares (kepala suku) yang mengatur pembagian tugas setiap anggotanya.
Jawaban: C


3. SIMAK UI 2010 Kode 809
Bangsa Proto-Melayu memasuki wilayah Indonesia melalui dua jalur, yaitu jalur barat dari Semenanjung Melayu ke Sumatera dan selanjutnya menyebar ke seluruh Indonesia dan
jalur timur melalui Filipina ke Sulawesi dan menyebar ke seluruh Indonesia.
SEBAB
Kebudayaan Bangsa Proto-Melayu adalah kebudayaan Batu Muda (Neolithikum); benda hasil kebudayaan mereka masih terbuat dari batu dan telah dikerjakan dengan halus.
Pembahasan
Bangsa Proto Melayu membawa kebudayaan awal masa Neolithikum. Bangsa ini masuk ke Indonesia melalui jalur barat dari Semenanjung Melayu ke Sumatera dan selanjutnya menyebar ke seluruh Indonesia dan jalur timur melalui Filipina ke Sulawesi. Jawaban: A (pernyaan benar, alasan benar, saling berhubungan).


4. SIMAK UI 2010 Kode 804
Yang termasuk daerah persebaran kapak pendek di Asia Tenggara adalah ....
A. Pegunungan Bacson dan Hoabinh
B. Dataran Rendah Dongson
C. Dataran Tinggi Sa-Huynh
D. Teluk Tonkin
E. Perairan Cina Selatan
Pembahasan
Bangsa Proto Melayu membawa kebudayaan awal masa Neolithikum. Bangsa ini masuk ke Indonesia melalui jalur barat dari Semenanjung Melayu ke Sumatera dan selanjutnya menyebar ke seluruh Indonesia dan jalur timur melalui Filipina ke Sulawesi. Kapak Pendek adalah benda yang dihasilkan pada masa Mesolithikum yang asal budayanya adalah dari daerah Bacson dan Hoabinh. Jawaban: A

5. SIMAK UI 2011 Kode 915
Pada zaman Mesolitikum yang berlangsung padakala Holosen, perkembangan kebudayaannya berlangsung lebih cepat daripada zaman Batu Tua atau Paleolitikum. Hal ini disebabkan antara lain oleh ...
A. Beragamnya alat yang dipergunakan oleh manusia purba untuk membantu
kehidupannya terbuat dari batu yang telah halus.
B. Berkembangnya teknologi perundagian dalam pembuatan peralatan dari batu.
C. Perkembangan kemampuan otak pendukung kebudayaan ini sehingga alat-alat yang dihasilkan sudah lebih beragam.
D. Pendukung kebudayaan ini lebih mengenal teknologi.
E. Manusia pendukungnya adalah Homo Sapiens, mahluk yang lebih cerdas dari pendahulunya.
Pembahasan
Manusia pendukung kebudayaan Mesolithikum adalah Homo Sapiens yang memiliki volume otak lebih dari 1300 CC. Dibanding manusia pendahulunya manusia jenis ini bisa dikategorikan sebagai manusia cerdas sehingga sangat logis jika perkembangan kebudayaan Mesolithikum berlangsung lebih cepat daripada zaman Batu Tua atau Paleolitikum.
Jawaban: E

6. SBMPTN 2013 kode 944
Penduduk di kawasan Nusantara pada zaman Batu Muda cenderung bertempat tinggal di dekat sungai, tepian danau dan wilayah pesisir. 

SEBAB
Penduduk di kawasan Nusantara pada zaman itu merupakan masyarakat bahari yang tidak dapat dipisahkan dari wilayah perairan.
Pembahasan
Masa Batu Muda/Neolithikum adalah masa yang sangat kental dengan Bercocok tanam. Oleh karena itu, corak masyarakat yang agraris sangat sulit jika mereka hidup di daerah pesisir pantai.  Jawaban: E (pernyaan salah, alasan salah)

Belum ada Komentar untuk "Soal Pembahasan Zaman Prasejarah Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel