Soal dan Pembahasan Lingkup Kajian Geografi

1. Kajian geografi terhadap berbagai gejala atau kenampakan di atas muka bumi adalah atas dasar ....(SIMAK UI 2013)
a. Persebarannya
b. Jumlahnya
c. Frekuensinya
d. Intensitasnya
e. Luasnya

2. Konsep esensial geografi yang digunakan untuk menjelaskan fenomena urbanisasi adalah ....(SNMPTN 2010)
a. Segregasi
b. Integrasi
c. Interaksi
d. Distribusi
e. Polarasi

3. Hubungan antar fenomena geografi yang paling cocok dikaji dengan prinsip interelasi adalah ....(SNMPTN 2011)
a. Tekanan udara dengan kecepatn angin.
b. Curah hujan dengan kesuburan tanah.
c. Kecepatan angin dengan daya tahan tumbuhan.
d. Temperatur udara dengan vegetasi hutan.
e. Radiasi matahari dengan kehidupan manusia.

4. Gunung Merapi meletus mengakibatkan banyak desa tertutup pasir. Masyarakat yang tinggal di lereng dan kaki Gunung Merapi menyelamatkan diri dan mengungsi diberbagai lokasi tempat penampungan yang telah disiapkan oleh pemerintah setempat. Prinsip geografi yang diterapkan dalam pemaparan berita tersebut adalah ....(UTUL-UGM 2013)
a. Pendataan
b. Deskripsi
c. Korologi
d. Distribusi
e. Interelasi

5. Perkembangan pikiran geografi menyebabkan adanya perbedaan pemahaman. Dalam tulisan yang berjudul “Genre de vie” menyatakan bahwa manusia sebagai makhluk aktif, dalam batas tertentu manusia dapat menguasai alam. Sebagai contoh, manusia dapat mengendalikan arah aliran air menuju areal persawahan. Pandangan geografi tersebut merupakan paham ....(SOAL SM UNY 2013)
a. Determinisme
b. Modernisme
c. Posibilis
d. Voluntarisme
e. Positivisme

6. Fenomena alam dapat dikaji dan dijelaskan karena adanya suatu keterkaitan antar faktor yang lain, seperti terjadinya angin karena adanya perbedaan tekanan udara. Hal tersebut merupakan prinsip ....( SNMPTN 2012)
a. Persebaran
b. Interelasi
c. Deskriptif
d. Korologi
e. Interaksi

7. Urbanisasi adalah salah satu bentuk migrasi yang disebabkan oleh adanya daya tarik dan daya dorong. Unsur daya tarik yang menyebabkan terjadinya urbanisasi adalah ....(SNMPTN 2011)
a. Heterogenitas lapangan kerjaan di kota.
b. Heterogenitas lapangan kerjaan di desa.
c. Homogentitas lapangan kerjaan di kota.
d. Homogentitas lapangan kerjaan di desa.
e. Keterbatasan lapangan kerjaan di desa.

8. Aktivitas pertanian sangat bergantung pada berbagai faktor, yaitu faktor fisik, seperti iklim, tanah, dan ketinggian; faktor sosial, seperti latar belakang budaya dan perkembangan teknologi; faktor ekonomi, seperti kepemilikan modal; dan faktor politik, seperti kebijakan pemerintah suatu daerah. Dalam kajian geografi, penjelasan tersebut menggunakan prinsip ....(SNMPTN 2009)
a. Korologi
b. Distribusi
c. Interaksi
d. Kronologi
e. Deskripsi

9. Ketidakmertaan persebaran penduduk antarwilayah di Indonesia dapat dilakukan dengan menerapkan konsep lokasi relatif( SBMPTN 2018)
SEBAB
Hasil kajian kependudukan menunjukan secara pasti jumlah dan konsentasi penduduk di Indonesia

10. Kegiatan pertanian intensif yang dilakukan di dataran aluvial Sungai Citarum Jawa Barat dapat dikaji dengan menggunakan konsep…( SBMPTN 2017)
(1) Ketergantungan
(2) Nilai kegunaan
(3) Keterkaitan
(4) morfologi

PEMBAHASAN

1. Pembahasan :
Kajian geografi terhadap berbagai gejala atau kenampakan di atas muka bumi adalah atas dasar lokasi, persebaran, dan interaksinya seperti apa. Pada pilihan jawaban yang sesuai hanya pilihan A yaitu persebarannya yang tepat.
Jawaban : A

2. Pembahasan :
Konsep esensial geografi ada 10. Pada umumnya berkaitan dengan suatu fenomena sosial dan alam. Konsep yang dimaksud soal adalah interaksi / interpendesi.
Pada soal membahas tema urbanisasi. Konsep esensial yang sesuai menjelaskan urbanisasi adalah konsep interaksi. Interaksi merupakan hubungan yang ditimbulkan akibat aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup. Urbanisasi adalah proses pergerakan penduduk dari desa ke kota akibat adanya interaksi penduduk kota dan penduduk desa dimana penduduk kota memerlukan tenaga kerja dan penduduk desa memerlukan pekerjaan.
Jawaban : C

3. Pembahasan :
Ingat kata relasi yang berarti hubungan. Interelasi merupakan hubungan antara fenomena yang satu dengan fenomena yang lain dalam satu ruang ( wilayah beserta ekosistem bawah permukaan tanah dan diatas permukaan tanah ) . Fenomena yang terjadi tidak mungkin terjadi tanpa sebabdan berkaitan dengan fenomena yang lain. Berdasarkan pilihan jawaban dari soal nomor 3, maka jawaban yang tepat adalah tekanan udara dan kecepatan angin, karena kecepatan angin dipengaruhi oleh besarnya tekanan udara.
Jawaban : A

4. Pembahasan :
Ingat materi bab 1 ( Lingkup Kajian Geografi ), soal tersebut mencakup 3 prinsip yang ada yaitu deskripsi, distribusi, dan interelasi. Pemaparan berita tersebut menggunakan prinsip korologi.
Jawaban : C

5. Pembahasan :
Ingat kata kunci pada materi bab 1 ( Lingkup Kajian Geografi ) POSI_BETE. Posibilis -> manusia pada batas ter tentu dapat menguasai atau mengendalikan alam.
Jawaban : C

6. Pembahasan
Perhatikan kalimat disoal. Pada soal terdapat kalimat kunci yaitu suatu keterkaitan antara faktor yang satu dengan yang lain. Apabila ada kata terkaitan/interaksi/hubungan berarti prinsip interelasi.
Perlu diketahui istilah segrerasi biasa digunakan untuk istilah pengembangan wilayah, yaitu segrerasi kota atau sejenisnya. Maksudnya adalah pembagian suatu wilayah menjadi beberapa bagian dengan tujuan tertentu.
Jawaban : B

7. Pembahasan :
Faktor yang menyebabkan urbanisasi terdiri atas faktor menarik dan pendorong. Faktor penarik berasal dari kota antara lain : sarana prasaran lengkap, lapangan kerja beragam (heterogen), pendidikan mudah terjangkau, upah kerja yang lebih baik, fasilitas umum dan ekonomi memadai, dan kota menawarkan. Berdasarkan soal dan jawaban yang tersedia, maka jawaban yang tepat adalah heterogenitas lapangan pekerjaan di kota.
Jawaban : A

8. Pembahasan :
Dengan menganalisis kalimat pada soal secara menyeluruh, diketahui faktor yang mempengaruhi aktivitas pertanian mulai dari faktor fisik hingga faktor politik. Soal menjelaskan dengan lengkap dan menyeluruh maka prinsip yang digunakan adalah korologi.
Jawaban : A

9. Ketidakmerataan persebaran penduduk antarwilayah di Indonesia dapat diterapkan dengan konsep pola dan aglomerasi karenan persebaran tersebut dapat dilihat dari jumlah dan konsentasi pendududuk yang dipengaruhi oleh relief, aksesbilitas, dan fasilitas umu. Jawaban: E

10. Kegiatan pertanian yang intensif dilakukan di lahan aluvial menunjukan aktivitas masyarakat dalam memanfaatkan lahan sehingga sesuai dengan konsep nilai keguanaan. Sementara itu, dataran aluvial menunjukan karakteristik wilayah permukaan bumi yang biasanya terdapat di dataran rendah sehingga sesuai dengan konsep morfologi. Jawaban C

Materi pengantar geografi klik disini

0 Response to "Soal dan Pembahasan Lingkup Kajian Geografi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel