Selasa, 05 Juni 2018

Peradaban Kuno Dunia

Loading...

A. PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS (INDIA)
Pusat peradaban lembah sungai Indus berada di daerah Mohenjo Daro-Harappa. Pendukung kebudayaan Mohenjodaro-Harappa adalah bangsa Dravida yang memiliki ciri berkulit hitam, postur tubuh pendek, rambutnya keriting, dan berhidung pesek. Berdasarkan kajian para ahli, temuan yang terdapat pada lembah sungai ini merupakan kota kuno yang memiliki tata bangunan yang modem serta memperhatikan sanitasi yang baik. Sistem kepercayaan yang berkembang bersifat politheisme, yaitu mengakui banyak dewa yang menentukan nasib manusia.
Peradaban yang telah dibangun tersebut kemudian dihancurkan oleh bangsa Arya (bangsa Indo-Jerman yang datang dari wilayah Eropa). Ciri fisik bangsa Indo-Jerman, yaitu berkulit putih, postur tubuhnya tinggi, hidung mancung, dan rambut lurus. Mereka akhirnya mengalami pencampuran yang menurunkan bangsa India sekarang. Perpaduan kepercayaan yang mereka anut memunculkan kepercayaan Hindu dengan kitab suci, antara lain Reg Weda (pujian terhadap dewa), Sama Weda (nyanyian-nyanyian suci). Yajur Weda (doa untuk keselamatan), dan Atharwa Weda (memuat ajaran ilmu sihir). Selain agama Hindu, agama Budha juga berkembang yang dilahirkan oleh Sidharta Gautama (pangeran dari Kerajaan Kapilawastu). Dasar-dasar agama Budha adalah Tri Dharma yang memuat kebaktian terhadap Sang Budha, berbakti kepada ajarannya, serta berbakti pada pengikutnya. Kitab suci agama Buddha disebut Tripitaka yang terdiri  dari Vinaya Pitaka. Vinaya Pitaka yang berisikan tata-tertib bagi para bhikkhu/bhikkhuni, Sutta Pitaka yang berisikan khotbah-khotbah Sang Buddha dan Abidhamma Pitaka yang berisikan ajaran tentang metafisika dan ilmu kejiwaan.

B. PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING/HUANG HO (CINA)
Wilayah sungai ini memiliki warna lumpur kuning, kondisi ini yang menjadi alasan sungai ini disebut Sungai Kuning. Wilayah sekitar sungai ini terkenal karena kesuburan tanahnya. Oleh sebab itu, di daerah sekitar sungai ini, banyak orang-orang yang berdatangan. Beberapa di antaranya bahkan membangun dinasti-dinasti yang menguasai daerah sekitar sungai tersebut seperti:
a. Dinasti Syang (ditemukannya tulisan dalam bentuk pictograph kepercayaan terhadap Dewa Langit).
b. Chou (muncul ajaran Kong Hu Cu, yang mementingkan hubungan antara manusia dengan manusia dan Tao, yang mementingkan hubungan manusia dengan dewa).
c. Chin (pembangunan The Great Wall dan sistem standardisasi timbangan dan huruf).
d. Han (pertama kali temuan kertas).
e. Tang (masuknya pengaruh Islam ke Cina).
f. Sung (seni sastra dan budaya mengalami perkembangan pesat).
g. Manchu (Cina dikuasai Mongol).
h. Ming (seni keramik dan sastra mendapat perhatian khusus).

C. PERADABAN LEMBAH SUNGAI EUFRAT DAN TIGRIS (MESOPOTAMIA)
Perkembangan peradaban ini berada di daerah Irak. Terdapat temuan kota tua yang menjadi perhatian para ahli purbakala, yaitu daerah Teluk Farsi yang terdapat kota Ur, Larsam, dan Lagash. Peradaban yang berkembang di daerah ini, dengan ditemukannya perpustakaan tertua yang dibangun oleh Raja Ashnrbanipal serta taman bergantung yang dibangun oleh bangsa Khaldea pada masa kerajaan Babylonia. Sistem kalender juga dapat ditemukan pada peradaban ini serta UU yang terkenal dengan Codex Hammurabi.
Bangsa- bangsa yang pernah menguasai Mesopotamia, antara lain
a. Bangsa Sumeria yang memperkenalkan sistem mitologi dewa-dewa.
b. Bangsa Akkadia yang berada di bawah pimpinan Raja Sargon yang sebelumnya pernah mengalahkan bangsa Sumeria.
c. Bangsa Babylonia Lama yang diperintah oleh Raja Hammurabi yang memperkenalkan UU tertulis tertua.
d. BangsaAssyiriadiperintaholehRajaAssurbanipaldenganmembangunperpustakaan tertua di dunia.
e. Bangsa Babylonia baru yang diperintah oleh Raja Nebukadnezar.
f. Bangsa Persia yang diperintah Raja Cyaxares.

D. PERADABAN LEMBAH SUNGAI NIL (MESIR)
Temuan yang menarik pada peradaban ini, adanya bangunan piramida yang digunakan untuk menyimpan jenazah raja telah meninggal yang diawetkan. Menurut kepercayaan bangsa Mesir, jenazah raja yang meninggal tidak rusak maka mereka percaya arwah sang raja yang telah meninggal masih berada di lingkungan mereka. Bangsa Mesir telah mengenai tulisan yang disebut sebagai Hieroglyph. Hieroglyph pemah dibaca oleh ilmuwan Perancis, Champoleon. Sistem penanggalan juga sudah dikenal. Sistem pemerintah yang berlaku, antara lain:
a. Kerajaan Mesir tua yang diperintah oleh Fir’aun Menes yang berkuasa di Thinis.
b. Kerajaan Mesir pertengahan merupakan bagian dari penyatuan Mesir.
c. Kerajaan Mesir muda diperintah oleh Raja Ramses II yang merupakan musuh dari Musa.
Sistem kepercayaan yang dianut adalah politeisme dengan dewa-dewaOssiris (dewa tertinggi), Issis (mahadewi, istri Ossiris), Horus (bertubuh manusia tapi berkepala burung, anak Ossiris dengan Issis), Thot (dewa pengetahuan), Anubis (dewa kematian), Apis (wujud sapi), Amon (dewa bulan), dan Ra (dewa matahari).

E. PERADABAN YUNANI-ROMAWI
a. Peradaban Yunani
Secara umum, perkembangan Yunani dapat dibagi menjadi 4 periode:
1. Fase pembentukan negara-negara kota (polis) yang berlangsung antara 1000 - 800 SM.
2. Fase ekspansi negara-negara kota atau fase kolonisasi polis-polis Yunani. Ekspansi polis-polis Yunani ke arah barat sampai ke Italia Selatan, sedangkan ke arah Timur sampai ke Asia Kecil (Troya).
3. Masa kejayaan polis-polis Yunani (600-400SM).
4. Masa Keruntuhan Yunani (400-300 SM), tetapi kebudayaan Yunani berkembang di luar daerah Yunani itu sendiri.
Ada pun polis-polis yang hidup pada Zaman Yunani Kuno, antara lain:
1. Polis Athena
Athena merupakan polis yang menerapkan sistem Demokrasi. Sistem ini diperkenalkan oleh Solon (638 SM-559 SM). Polis ini memiliki ciri dimana kekuasaan berada di tangan dewan rakyat. Pelaksanaan pemerintahan dilakukan oleh 9 orang Archon yang setiap tahun diganti. Para Archon diawasi oleh Aeropagus (Mahkamah Agung) yang para anggotanya berasal dari mantan anggota Archon. Karena sangat kenal dengan sistem demokrasi dan kebebasan berfikirnya, Athena banyak menghasilkan para filosof yang pemikirannya sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Para Filosof itu, antara lain Socrates, Plato, dan Aristoteles. 
2. Polis Spartha
Pemerintahan Spartha didasari oleh pemerintahan yang bergaya militer. Pola ini diperkenalkan oleh Lycurgus tahun 625 SM. Pemerintahan dipegang oleh dua orang raja, sedangkan pelaksana tertinggi dipegang oleh suatu dewan yang dinamakan Ephor terdiri dari 5 orang.
b. Peradaban Romawi
Periodisasi sejarah Romawi dapat dijelaskan sebagai berikut.
1. Peradaban Romawi periode kerajaan (756-510 SM)
Pada masa kerajaan, Roma dipimpin seorang raja yang didampingi oleh senat (wakil- wakil dari para suku di sekitar Roma). Pada masa itu, struktur masyarakat Roma terdiri dari dua, yaitu Patricia (warga Roma asli) dan Plebeyer (para pendatang yang kebanyakan hidup miskin). Raja Roma harus berasal dari warga Roma asli.
2. Peradaban Romawi periode republik (519-31 SM)
Pada masa republik, Roma dipegang oleh 2 orang konsul yang dipilih oleh senat. Setiap konsul itu memiliki tugas masing-masing. Konsul pertama bertugas dalam masalah hukum dan ekonomi, sedangkan konsul kedua memegang urusan pertahanan. Pada masa darurat, jumlah konsul hanya satu orang yaitu seorang diktaktum.
Masyarakat Roma pada masa republik terdiri atas beberapa kelas:
1. Kaum pertama
Kaum Optimar (kaum yang sangat kaya karena mempunyai wewenang untuk menarik pajak dengan batas yang mereka tentukan).
2. Kaum kedua
Kaum Proletar yang merupakan kaum miskin. Meskipun demikian, dua golongan itu memiliki wakil di senat yaitu Sula (Optimar) dan Mar (Proletar). Kekacauan pertama terjadi di Roma ketika Marius dibunuh oleh Sula. Kekacauan itu berhasil diatasi dengan munculnya Triumvirat.
3. Triumvirat I
Triumvirat I terdiri dari Crassus (menguasai Eropa Timur), Pompeyus (Roma dan Yunani), dan Julius Caesar (Eropa Barat).
4. Triumvitas II
Konflikdiinternal Romawi, menimbulkankonflikantara Octavianusdengan Antonius. Dengan kemenangan Octavianus, bentuk pemerintaha Romawi mengalami perubahan ke bentuk Kekaisarain (31 SM – 395 M).
Beberapa peninggalan Romawi yang berpengaruh terhadap dunia:
1. Hukum 12 Lempeng, UU yang ditulis di 12 lempengan emas.
2. Istilah dalam astronomi dan astrologi, seperti nama-nama planet yang diambil dari nama-nama dewa. 
3. Budaya tukar cincin dan ulang tahun perkawinan (emas dan perak).
4. Kebiasaan mengangkat dan membenturkan gelas pada upacara dan pesta- pesta.
5. Menaburkan bunga ke makam, mengalungkan karangan bunga, serta menaburkan bunga ke laut jika ada yang meninggal di laut.
6. Perayaan tahun baru l Januari pada masa Romawi merupakan hari penyembahan pada Dewa Janus.
7. Pesta olahraga Olimpiade.
8. Menggunakan hari Minggu untuk hari libur. Pada Romawi Kuno, hari Minggu digunakan untuk memuja dewa matahari.
9. Sistem kenegaraan yang menggunakan sistem Demokrasi.

F. PERADABAN MAYA, INCA DAN AZTEX
a. Peradaban Maya
Beberapa peninggalam peradaban Maya:
1. Suku Maya telah mengenal dua sistem kalender:
· Sistem kalender berdasarkan peredaran matahari, 1 tahun = 365 hari.
· Sistem kalender berdasarkan kepercayaan, 1 tahun = 260 hari.
2. Mampu membangun kota terbesar di dunia, kota Theotihuakan yang dihuni 100.000 penduduk.
3. Tikal, situs tertua didunia yang berbentuk pyramid (piramida kastilo) bersisi terjal.
b. Peradaban Inca
Dalam bidang arsitektur, bangsa ini melahirkan bangunan berupa Machu Picchu. Machu Picchu merupakan bangunan yang berdiri di punggung pegunungan Andes pada celah sempit yang menjulang di ketinggian 600 meter di atas lembah sungai Urubamba. Peradaban Inca hancur ketika raja Atahualpa terbunuh akibat serangan dari Francisco Pizarro yang didukung oleh Kaisar Charles V dari Inggris.
c. Peradaban Aztex
Beberapa peninggalam Peradaban Aztec:
1. Kuil berbentuk piramida yang tengahnya berlubang untuk memasukan kurban (emas dan perak).
2. Ditemukan patung di kota Vera Cruz yang beratnya 30 Ton sebagai perwujudan dewa utama yang disucikan.
3. Sumbangan bangsa Aztec bagi peradaban adalah bidang militer. Bangsa Aztec memiliki daerah taklukan, tempat setiap daerah taklukan harus menyerahkan upeti berupa emas, perhiasan, budak, bahan makanan, dan benda lainnya. Hal ini berakibat kota Tenochtitlan menjadi kota megah.
Peradaban Aztex hancur setelah Raja Monte Zuma berhasil ditaklukkan oleh bangsa Spanyol pada tahun 1521.

Soal dan Pembahasan Peradaban Kuno Dunia klik disini
Materi sejarah lainya:
  1. Pengantar Sejarah disini disini
  2. Zaman Hindu-Budha di Indonesia disini 
  3. Sejarah Islam di Indonesia disini 
  4. Politik Kolonial Abad ke 19 disini 
  5. Perlawanan Kolonialisme barat disini 
  6. Pergerakan Nasional disini 
  7. Pendudukan Jepang disini
  8. Masa Revolusi mempertahankan kemerdekaan disini
  9. Masa demokrasi liberal disini
  10. Ancaman distegrasi bangsa disini
  11. Era Demokrasi Terpimpin Indonesia klik disini
  12. Masa Orde Baru klik disini
  13. Masa Reformasi klik disini 
  14. Sejarah Perkembangan Pemikiran Eropa disini 
  15. Latar Belakang Penjelahan Samudra Bangsa Eropa disini 
  16. Revolusi Industri disini 
  17. Revolusi Amerika disini 
  18. Revolusi Prancis disini 
  19. Nasionalisme Bangsa Asia-Afrika disini 
  20. Perang Dunia I dan II disini 
  21. Perang Dingin disini
  22. Kerjsa sama global dan regional disini
  23. Peristiwa Mutakhir disini

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon