Sabtu, 30 Juni 2018

5 Kue Khas Negeri Rusia Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Negara Beruang Merah tuan rumah Piala Dunia ternyata banyak memiliki kue-kue lezat yang tak kalah dengan Prancis, Inggris & Italia looh. Seperti:
1. Leningradsky
source: rbth.com
Apa Lenin? KOMUNIS? PKI? Ateis? Makan kue ini HARAM dong? Oh ternyata bukan itu maksudnya. Kue ini dinamai sesuai nama daerah asalnya, Leningrad, nama Sankt Peterburg pada masa Soviet. Kue ini dibuat dari beberapa lapis kue kering dan krim, dan didekorasi dengan krim dan cokelat.
2. Napoleon
source: mealz.com
Kue ini cukup terkenal di banyak Toko Kue di Indonesia (termasuk kue artis). Bodohnya, admin menyangka bahwa kue ini berasal dari Prancis -_-.

Menurut legenda, kue Napoleon dibuat untuk merayakan seratus tahun kemenangan Rusia atas tentara Prancis pada 1812. Kue berlapis-lapis dengan krim pastry ini adalah pilihan utama untuk jamuan hari raya di Rusia. Terdapat kue yang mirip Napoleon di negara lain. Orang Prancis, misalnya, menyebutnya millefeuille (seribu lapis), sementara di Inggris, kue ini dikenal sebagai vanilla slice, dan di Belgia disebut tompouce.
3. Medovik (Kue Madu)
source: niftyrecipe.com 
Kata medovik berasal dari “med” yang berarti madu dalam bahasa Rusia. Sejarah kue ini bermula pada awal abad ke-19 di dapur istana Kaisar Aleksandr I. Istrinya, Permaisuri Elizaveta, benar-benar tak suka madu. Makanan apa pun yang terbuat dari madu membuatnya kesal.

Suatu hari, seorang koki muda baru di dapur kekaisaran tak tahu hal itu. Jadi, ia membuat sebuah kue dengan madu dan krim asam tebal. Secara mengejutkan, dan tentu tak sadar akan kandungan madunya, Permaisuri Elizaveta langsung jatuh cinta pada puding lezat tersebut.
 4. Murayevnik (Sarang Semut)
Kue ini diberi nama ‘sarang semut’ karena bentuknya. Muraveynik sederhana terdiri dari remah-remah kue kering dicampur dengan krim dan dibentuk seperti bukit. Sebagian besar keluarga Rusia punya resep masing-masing untuk kue ini.
5. Pancho
source: pinterest 
Ini bukan olahraga Panco yee. Kue ini merupakan kue kekinian khas Rusia yang dibuay oleh perusahaan manisan Fili Baker berdasarkan berbagai resep yang didapatkan dari ibu-ibu rumah tangga di Rusia.

Kue ini memiliki lapisan cokelat dan vanila, direndam krim vanila dan diisi kacang dan ceri. Sebagai sentuhan akhir, kue dihias saus cokelat.

source: Historypedia
penulis: Hürrem Sultan

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon