Jumat, 02 Maret 2018

Cara Belajar SBMPTN Soshum yang Efektif

Tags
Loading...

Kali ini saya hanya sekedar membagikan cara belajar efektif untuk menghadapi SBMPTN soshum. Tulisan ini sebenarnya didasarkan pada pengalaman saya sendiri, serta pengalaman saya selama ini mengajar SBMPTN selama kurang lebih 3 tahun. Saya sendiri selalu menggunakan cara yang efektif untuk belajar sesuatu termasuk dalam hal ini SBMPTN. Cara-cara yang saya jabarkan menurut saya juga cocok untuk anda yang sedang lintas jurusan, mengingat saya juga dulu merupakan siswa yang lintas jurusan. Berikut adalah cara-cara untuk belajar SBMPTN Soshum secara efektif
1. Sosiologi
Kenapa saya bilang "Sosiologi" itu dikarenakan sosiologi adalah mata uji pelajaran Soshum SBMTPN yang mempunyai tingkat kesulitan yang rendah. Jadi maksud saya, anda harus bisa menguasai pelajaran ini secara menyeluruh. Sosiologi dalah hal ini mempunyai peranan penting untuk lumbung nilai dalam empat mata pelajaran soshum yang diujikan. Jadi paling tidak anda bisa menjawab soal sosiologi minimal 10 soal dari 15 soal. kalo diakumulasikan anda sudah mendapat skor sebesar 10 * 4 = 40, asalkan anda menjawab soal semuanya betul. poin tersebut bisa dibilang relatif tinggi dan lumayan untuk tabungan nilai SBMPTN anda. Sosiologi pun mempunyai bab yang relatif sedikit dan cendrung mudah. Jadi tidak akan memakan waktu lama untuk anda mempelajarinya.
2. Sejarah
Kebanyakan anak yang saya temui biasanya mengidentikan pelajaran sejarah merupakan sesuatu yang membosankan, padahal sebenarnya tidak jika anda belajar dengan cara yang benar. Sejarah selama ini hanya mempunyai kecendrungan pelajaran yang dihapalkan saja, padahal harusnya tidak begitu. Jika anda mau mempelajari sejarah ada baiknya anda mempelajarinya secara urutan waktu yang benar, tidak belajar secara acak. Jika anda termasuk orang yang bosan dengan membaca sejarah, maka anda bisa lihat video pembelajaran yang tersebar banyak di youtube atau sumber lainnya.
loading...
Selama pengamatan saya tentang pelajaran sejarah, lebih dominan sejarah Indonesia yang diujikan, dibandingkan dengan sejarah dunia. Jadi jika anda ingin memangkas waktu secara cepat maka anda cukup mempelajari sejarah Indonesia saja. Pelajarilah sejarah dengan benar, maka anda bisa mendapatkan skor yang yang besar untuk SBMPTN
3. Menaklukan Ekonomi 
Selama saya mengajar, banyak murid yang takut akan pelajaran ini. Padahal hal ini tidak perlu ditakutkan jika anda sudah menguasai konsepnya. Hal yang paling penting dalam pelajaran ekonomi yang diujikan yang mesti anda tahu adalah "permintaan dan penawaran". Jika anda bisa ini maka anda tidak perlu risau dengan pelajaran ekonomi yang diujikan. Setelah itu soal ekonomi mempunyai  ciri khas yaitu mengujikan dua soal akuntansi setiap tahunnya(menurut hasil pengamatan saya dari soal 90an sampaai 2017). Jika anda bisa akuntansi ini merupakan keberuntungan karena anda paling tidak sudah mendapat dua soal benar atas jawaban anda
4. Menaklukan Geografi
Dalam pelajaran geografi ada dua hal tes yang diujikan yaitu tes geografi alam dan geografi sosial. Kalo ditanya mana yang mudah, saya akan menjawab geografi sosial. Biasanya komposisi soal tersebut 1/2 geografi alam 1/2 geografi sosial. Jika anda merasa kurang dalam bidang geografi alam maka anda jawab geografi sosial. paling tidak anda sudah mendapatkan skor setengah dari skor maksimal geografi. Jika anda unggul dalam keduanya, maka itu sebuah keuntungan karena anda bisa meraup poin secara maksimal.
5. Skor yang aman
Apa maksudnya skor yang aman? skor yang aman yang saya maksudkan adalah skor yang harus anda peroleh dari total keseluruhan mata uji soshum. Skor yang aman menurut saya adalah minimal anda memperoleh setengah/skor maksimum. Jika secara keseluruhan pelajaran soshum ada 4 mata pelajaran yang diujikan dan soal yang diujikan ada 60 buah, maka anda harus bisa menjawab benar sebanyak 30 soal. ingat satu soal benar dalam SBMPTN  soal benar anda mendapatkan skor 4. Jika anda benar 30, maka 30 * 4 = 120 itulah skor yang anda dapatkan. Anda bisa mengkombinasikan dengan berbagai cara, misalnya seperti ini:
sosiologi anda bisa menjawab 10 benar. maka 10 * 4 = 40
sejarah anda bisa menjawab 9 benar. maka 9 * 4 = 36
geografi anda bisa menjawab 7 benar. maka 7 * 4 = 28
ekonomi anda bisa menjawab 6 benar. maka 6 * 4 = 24

Dari ini saja anda sudah mendapatkan poin sebesar 128. sudah melebihi 8 poin yang saya anjurkan.
6. Pertajamlah kempuan anda dengan melakukan TO
Mengapa saya menyarankan ini? Hal ini penting dilakukan agar mengukuru sejauh mana kemampuan anda menjawab soal-soal yang diujikan. Selain itu anda akan terbiasa mengerjakan soal-soal sekelas SBMPTN. Sebenarnya kalau anda memperhatikan soal-soal yang diujikan dari tahun ketahun mempunyai pola yang sama, dan yang diujikan lingkupnya hanya itu-itu saja. Bikinlah jadwal teratur untuk melakukan TO. Paling tidak anda punya jadwal secara teratur  setiap 2 minggu sekali, bahkan seminggu sekali untuk melakukan TO. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan mudah dizaman ini, karena banyak penyelanggara TO online yang mengadakan event tersebut secara gratis atau pun berbayar. Jika anda terkendala koneksi internet maka anda bisa melakukan TO Mandiri dengan memprint soal itu sendiri. Sekarang sebenarnya tergantung pada niat anda masing-masing.
7. Buat catatan evaluasi
 Membuat catatan evaluasi adalah hal penting bagi anda, untuk mengetahui segala kelebihan anda ataupun segala kekurangan anda dalam belajar SBMPTN Soshum. Dengan catatan evaluasi maka anda akan mudah memetakan kemampuan anda. Dengan catatan evaluasi ini pun anda bisa belajar secara efisien dan tidak membuang waktu anda secara percuma.
8. Konsisten

Inilah bagian paling sulit dari semua tahapan belajar. Inkonsisten merupakan penyakit yang kerap menyerang murid saya selama ini. Jika anda berhasil melewati penyakit tersebut, selamat jalan anda akan dimudahkan untuk menuju PTN yang anda idamkan selama ini. Jika anda inkonsisten dalam hal ini malas-malasan, maka jangan harap anda mendapatkan PTN yang anda idamkan. Cobalah anda berpikir bahwasannya peserta TES SBMPTN jumlahnya mencapai ratusan ribu, dan berita buruknya itu seua pesaing anda. Jika UN anda sudah dijamin lulus 100%. Maka SBMPTN persentase anda lulus tidak lebih dari belasan persen. Yah memasuki PTN yang diidamkan membutuhkan pengorbanan yang berat dan waktu yang tidak sedikit untuk anda, tapi Tuhan akan membayar hasil jerih payah anda selama ini. Anda akan tetap kalah dengan orang konsisten belajar, meskipun anda les menghabiskan biaya puluhan juta sekalipun.

Hidup adalah pilihan. Jadi sebenarnya anda sudah tahu apa yang membuat anda gagal dalam SBMPTN. Salam dari saya, selamat berjuang. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon