7 Persiapan SBMPTN 2018

Tidak terasa kurang lebih 2 bulan lagi siswa-siswa SMA kelas 12 akan menghadapi TES SBMPTN 2018. Tes ini merupakan tes yang amat krusial karena menentukan tempat kuliah yang akan ditempuh dimana? dan jurusan mana yang akan ditempuh? Tentunya seperti yang diketahui bahwasannya TES SBMPTN merupakan tes yang menjaring siapa siswa-siswi yang layak untuk kuliah di PTN. Tentunya tes ini tidak sama seperti UN yang dijamin 100% lulus. SBMPTN mempunyai tingkat keketatan yang tinggi dan setiap tahunnya peserta pendaftar juga semakin banyak.  Persentase kelulusan pada SBMPTN tahun 2017 hanya sebesar 14.36% .  Berarti sisanya yang kurang lebih 85% dinyatakan tidak lulus.
Berita selengkapnya: 148.066 Peserta Lulus SBMPTN 2017

Lantas bagaimana kiat sukses untuk menghadapi SBMPTN 2018? Berikut ini merupakan 7 Persiapan agar sukses SBMPTN 2018.
1. Belajar Secara Konsep

Belajar secara konsep merupakan hal terpenting untuk dilakukan dalam persiapan SBMPTN. Kenapa harus konsep? Karena tes dalam SBMPTN merupakan tes yang berdasarkan menguji kemampuan anda dalam memahami konsep suatu permasalahan. Jika anda terbiasa menghapal pelajaran atau rumus-rumus yang ada, maka sebaiknya anda meninggalkan cara belajar. Kebiasaan tersebut bisa dibilang kebiasaan yang tidak baik, karena andai kata soal yang keluar berbeda dengan rumus yang anda hapalkan, maka anda tentunya tidak akan bisa menjawab soal tersebut. Berbeda dengan jika anda benar-benar mengerti konsep, maka anda dengan mudah mampu menjawab dengan mudah, Sekalipun soal tersebut dibolak-balik.
2. Belajar Secara Terjadwal

Mulailah dengan membuat jadwal secara terstruktur untuk belajar mulai saat ini. Kenapa? Karena dengan cara belajar terstruktur maka anda dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Dengan penjadwalan yang jelas maka target-target anda pun juga jelas dan tidak berantakan. Hindarilah cara belajas Sistem Kebut Semalam (SKS), sistem ini tidak sehat. Anda sedang mempersiapkan diri untuk SBMPTN bukan tes sekolah yang cukup pesiapannnya semalam. SBMPTN tidak bisa dipersiapkan dalam seminggu atau sebulan. Waktu yang ideal yang dibutuhkan menurut saya sendiri dalam menghadapi SBMPTN adalah setengah tahun atau 6 bulan. Jika anda mengincar PTN TOP seperti UGM, ITB, UI, maka paling tidak anda membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Karena kita tau persaingan di PTN top tersebut jauh lebih ketat.
3. Melakukan Evaluasi

Ini sebenarnya masih ada kaitannya dengan belajar secara terjadwal.  Jika anda sudah mempunyai jadwal maka ada baiknya anda juga punya buku catatan evaluasi. Buatlah tabel evaluasi perpelajaran, materi apa saja yang anda sudah kuasai dan berapa persentase anda mampu menjawab soal yang berkaitan dengan materi tersebut.  Dengan mempunyai catatan evaluasi maka mudah bagi anda untuk mengetahui kemampuan anda dan kelemahan anda. Selain itu anda juga akan lebih terarah belajarnya dan mampu menghemat waktu juga.
4. Konsisten 

 Setelah anda melakukan tahapan-tahapan tersebut maka anda harus 'KONSISTEN'. Mustahil bagi anda mewujudkan mimpi anda untuk berkulaih di PTN tanpa adanya tindakan nyata.  Ingatlah sekali lagi bahwasannya tes SBMPTN merupakan tes masuk, bukan tes evaluasi seperti UN yang anda sudah dijamin lulus 100%. Sadarilah anda bersaing dengan ratusan ribu perserta bukan hanya teman satu sekolah anda saja.
5. Mengikuti Tryout

Mengapa harus mengikuti Tryout? Dengan mengikuti tryout maka anda bisa mengetahui seberapa kemampuan anda jika diadu dengan siswa-siswa lain. Selain itu anda mengetahui apakah nilai anda sudah mencukupi untuk memasuki universitas dan jurusan  yang anda akan tuju. Biasanya sering kali diadakan Tryout berskala nasional yang diikuti oleh ribuan orang. Disitu anda juga bisa merasakan atmosfer persaingan SBMPTN.  Dengan sering mengikuti tryout maka anda semakin percaya diri dalam menghadapi SBMPTN.
6. Rencana Lain
Apa maksudnya? Sebaiknya anda mempunyai rencana lain untuk memasuki universitas yang anda tuju. Maksudnya adalah  dalam seleksi universitas negeri jalannya tidak hanya satu jalur tes saja. Biasanya Universitas-universitas negeri  mengadakan jalur mandiri. Biasanya tes itu dilakukan pasca SBMPTN. Kesulitan tes pun sebenarnya beragam, sepengetahuan saya dan pengalaman saya, tes mandiri yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan soal SBMPTN. Selain itu anda juga harus menyediakan universitas altenatif jika anda ditolak di universitas negeri yang anda tuju. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang waktu tes mandiri universitas-universitas negeri.
7. Doa 

Bagi anda yang beragama berdoalah kepada Tuhan agar jalan anda dimudahkan olehNya. Tuhan akan menolong hambanya yang berusaha dan selalu memberikan kado yang indah bagi hambaNya yang senantiasa belajar dan menuntut ilmu. Semoga Tuhan memberkati anda semua. 

Itulah tips yang saya berikan kepada anda semua. Semoga Tuhan memberikan jalan kesuksesan bagi anda untuk memasuki universitas negeri yang anda tuju 


0 Response to "7 Persiapan SBMPTN 2018 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel