Senin, 12 Februari 2018

Resensi

A. PENGERTIAN RESENSI

- Resensi adalah ulasan yang memberikan pertim- bangan atau penilaian terhadap buku.
- Resensi dibuat untuk menyampaikan keunggulan dan kelemahan buku, karya sastra atau karya seni kepada pembaca, sehingga pembaca dapat menentukan perlu tidaknya karya tersebut.

B. PRINSIP-PRINSIP RESENSI

Pembuatan resensi harus memperhatikan beberapa hal, yaitu objektif, singkat, menyeluruh, jelas, langsung pada sasaran, lugas, jujur, dan sesuai dengan keadaan dan kemampuan pembaca.

C. BAGIAN-BAGIAN RESENSI

1. Jenis Buku
Jenis buku berarti bahwa penulis resensi harus mengklasifikasikan golongan buku yang diresensi termasuk fiksi atau nonfiksi. Jika buku tersebut termasuk fiksi, penulis harus menyebutkan bentuknya berupa roman, novel, atau yang lain.

2. Latar Belakang Buku
Meliputi bentuk atau format buku, ilustrasi, gambar, cover, kertas yang dipakai, jenis huruf, dan sebagainya.
3. Isi dan Bahasa (Kelemahan dan Keunggulan)
Dari segi isi, penulis resensi mengulas unsur intrinsiknya, seperti tema, alur, cerita, perwatakan, sudut pandang, dan sebagainya. Dari segi bahasa, diulas struktur kalimat, gaya bahasa, ungkapan, dan sebagainya. Cara yang digunakan penulis buku dalam mengungkapkan penyelesaian masalah dan cara pengolahan materi juga perlu diperhatikan oleh penulis resensi.
4. Nilai-nilai Buku
Nilai buku dapat ditentukan dengan mem- bandingkan dengan karya lain dari pengarang yang sama atau dengan pengarang lain yang isinya kurang lebih sama. Nilai buku meliputi gambaran umum isi buku, kemurnian ide, dan sebagainya.
5. Kesimpulan
Penulis resensi menyimpulkan perlu tidaknya sebuah buku atau karya sastra dibaca.

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon