Rabu, 07 Februari 2018

Ratu Elizabeth II Naik Tahta

Ratu Elizabeth II lahir pada tanggal 21 April 1926  dengan nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary.

Ratu Elizabeth II merupakan kepala negara yang paling lama memerintah hingga saat ini. Hari ini, 6 Februari Ratu Elizabeth II sudah menjabat sebagai Ratu Inggris selama 65 tahun.

Ratu Elizabeth II yang sekarang berusia 91 tahun, pertama kali naik tahta di tahun 1952 di usia 25 tahun setelah kematian ayahnya, Raja George VI.

Upacara pemahkotaan Elizabeth II digelar di Westminster Abbey, London, diwarnai pembacaan sumpah dia hadapan para undangan, tamu negara, dan para pemimpin negara-negara persemakmuran.

Upacara pelantikan Ratu Elizabeth II itu memang hanya berlangsung satu tahun tetapi persiapannya membutuhkan waktu 14 bulan.

Setelah melakukan sejumlah sidang, Komisi Pemahkotaan yang diketuai Duke of Edinburgh, suami Elizabeth, pada Juni 1952 mengumumkan, upacara pemahkotaan akan digelar dalam waktu setahun kemudian.

Di antara masa satu tahun itu, diwarnai meninggalnya nenek Elizbeth II, Ratu Mary pada 24 Maret 1953 karena sakit. Namun, peristiwa ini tak mengubah rencana semula.

Saat itu perancang busana Norman Hartnell diperintahkan untuk membuat pakaian untuk keluarga kerajaan terutama gaun yang akan dikenakan Elizabeth.

Akhirnya Elizabeth akan mengenakan gaun sutra berwarna putih dengan hiasan berbagai bunga yang menjadi lambang negara-negara Inggris Raya dan persemakmuran.

Upacara digelar di Westminster Abbey yang melibatkan keluarga kerajaan, para bangsawan, dan tokoh-tokoh agama. Namun, untuk penobatan Ratu Elizabeth II memang ada beberapa hal yang berbeda.

Penobatan Ratu Elizabeth II ini adalah yang pertama kali disiarkan langsung dan menjadi ajang internasional pertama yang disiarkan televisi.

Upacara ini juga direkam dalam film berwarna, terpisah dengan siaran langsung BBC yang masih hitam putih.

Jutaan warga Inggris menyaksikan upcara itu langsung dari berbagai penjuru negeri.
Sementara untuk memastikan warga Kanada bisa menyaksikan acara itu di hari yang sama, AU Inggris menerbangkan rekaman filmnya menyeberangi Samudera Atlantik agar bisa disiarkan di Kanada.

Ratu Elizabeth II menjadi anggota kerajaan Inggris terlama yang menduduki tahta di bulan September 2015 lalu, melampaui rekor Ratu Victoria, nenek buyutnya.

Dia juga menjadi penguasa monarki terlama yang pernah naik tahta di dunia, melampaui Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej yang wafat pada Oktober 2016.

Empat momen penting di kehidupan Ratu Elizabeth II sebagai penguasa Kerajaan Inggris adalah saat silver jubilee di tahun 1977 kemudian golden jubilee ditahun 2002, diamond jubilee di tahun 2012 yang memperingati 60 tahun, dan Sapphire jubilee pada tahun 2017 untuk memperingati 65 tahun naik tahta.

Long life Oma. God Save the Queen !

sumber: OA Historypedia Line 

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon