Jumat, 23 Februari 2018

Kolonisasi dan Kelahiran Negara Amerika Serikat

Loading...

❂ Eropa menaklukkan “dunia baru”

Kedatangan pertama penduduk koloni Amerika
Ketika orang-orang Eropa memulai penjelajahan laut, mereka juga sekaligus mengirim para penakluk yang diperintahkan untuk menjadikan wilayah-wilayah baru menjadi bagian dari kerajaan yang mengirim mereka. Daerah itu dinamai Koloni, wilayah taklukkan yang sejatinya akan dijadikan lahan pertanian. Spanyol merupakansalahsatukerajaanpertamayangmenerapkan kebijakan itu. Tak lama setelah Columbus menemukan benua Amerika, mereka mengirim Hernan Cortes dan Fransisco Pizarro. Cortes menaklukkan bangsa Aztec di Mexico tahun 1519, sementara Pizarro memperbudak dan membantai orang-orang Inca sembari menjarah harta benda mereka.

Kerajaan-kerajaan Eropa lainnya segera menyusul jejak Spanyol mendarat ke benua Amerika. Inggris salah satunya. Kerajaan itu tidak menuju belahan selatan benua Amerika seperti Spanyol atau Portugis. Kerajaan Inggris memilih untuk mendarat di bagian utara benua Amerika, seperti halnya kerajaan Prancis. Koloni pertama di Amerika utara berhasil didirikan oleh Inggris di wilayah yang dinamai Jamestown tanggal 24 Mei 1607. Para penduduk koloni sering berseteru dengan penduduk asli, mereka menamainya Indian. Salah kaprah menyebut penduduk asli benua Amerika sebagai Indian, berasal dari kesalahan Columbus yang mengira sudah sampai di India, padahal ia mendarat di benua yang sama sekali berbeda.
❂ Peziarah dari kapal Mayflower, para pendiri negara Amerika
Tahun 1619, peristiwa restorasi menyebabkan kalangan puritan terdesak. Raja Charles II balas memperlakukan mereka dengan kejam. Mereka pun tidak nyaman lagi menjalankan ibadah. Karena itu, ketika mendengar pembukaan koloni baru di benua Amerika, kaum Puritan Inggris segera mengambil kesempatan itu dan berangkat ke sana.

Kapal Mayflower
Gelombang pertama migrasi kaum Puritan Inggris ke Amerika dimulai tahun 1620. Jumlah mereka 102 orang. Mereka menumpang kapal yang bernama “Mayflower”. Rombongan itu menamakan diri “peziarah”. Sesampainya di Amerika, mereka mendirikan perkampungan di Cape Cod. Dibanding koloni lain yang kerap bertikai dengan suku asli, kaum Puritan ini malah bisa bersahabat dengan suku Wampanoag yang tinggal di daerah dekat Cape Cod. Perkampungan kaum puritan itu menjadi koloni pertama di Amerika Utara yang makmur dan bertahan dengan baik. Kebudayaan mereka berkembang secara khas. Kini dianggaplah kebudayaan para imigran puritan itu sebagai peletak dasar kebudayaan Amerika modern. Pada bulan November 1621, mereka menjamu suku Wampanoag untuk merayakan panen pertama selama mereka tinggal di Amerika. Peristiwa itu sekarang dinamai hari Thanksgiving. Perayaan Thanksgiving di Amerika suasananya seperti kita di Indonesia merayakan lebaran. Semua sanak saudara berkumpul di hari itu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon